Pengembangan Video Animasi Multimedia Bertema KATSU Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik SD Kelas V pada Materi Tata Surya

Andi Rafli, Enjang Yusup Ali, Atep Sujana

Abstract


Materi IPA yang bersifat abstrak sering kali sulit dipahami oleh peserta didik, sehingga pemahaman mereka pada materi cenderung rendah jika pendidik tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat. Di lapangan, banyak pendidik hanya menggunakan media konvensional, sehingga pembelajaran biasanya kurang efektif. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memahami materi dengan konsep abstrak menjadi konkrit agar pembelajaran lebih efektif. Salah satu media tersebut adalah Video Animasi KATSU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas video animasi yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD pada tata surya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan instrumen berupa wawancara, angket, dan tes. Data yang diperoleh dari instrumen dianalisis untuk menarik kesimpulan sehingga dapat menjawab tujuan penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Video Animasi KATSU dinilai sangat layak oleh ahli bahasa, ahli materi, dan ahli media, dan 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Video Animasi KATSU dengan interpretasi peningkatan sedang.


Keywords


Video Animasi, Pemahaman Peserta Didik, Materi Tata Surya

Full Text:

PDF

References


Aeni, A.N. “Persepsi Guru SD Dan Mahasiswa Calon Guru SD Tentang Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Rekonstruksi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Dasar: Menjawab Tantangan Dan Tren Masa Mendatang, no. Desember (2018).

Afriani, Nila Rahma, Arifin Maksum, and Siti Rohmi Yuliati. “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797.

Andriyanto, Mochammad Ricky, Purwanto Purwanto, and Dwi Achadiani. “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya Pada Sd Negeri Sudimara 5 Ciledug.” Skanika 4, no. 1 (2021). https://doi.org/10.36080/skanika.v4i1.2128.

Anggraini, Divana Leli, Marsela Yulianti, Siti Nurfaizah, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. “Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1, no. 3 (2022).

Darojat, Muhammad Abid, Saida Ulfa, and Agus Wedi. “Pengembangan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Tata Surya.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5, no. 1 (2022). https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p091.

Degeng, I Nyoman Sudana. Media Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang, 1993.

Dick, W, and L Carey. The Systematic Design of Instruction (4th Ed.), 1996.

Haq, Innaka Arina, Enjang Yusup Ali, and Atep Sujana. “Pengembangan Video Animasi SIDARAH (Sistem Peredaran Darah Manusia) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik SD.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (2024). https://doi.org/10.58230/27454312.704.

Johari, Andriana, Syamsuri Hasan, and Maman Rakhman. “Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal of Mechanical Engineering Education 1, no. 1 (2016). https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731.

Lenggogeni, Lenny, Siti Roqoyyah, and Ikip Siliwangi. “Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Daur Hidup Hewan Kelas Iv.” Journal of Elementary Education 04, no. 02 (2021).

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran. Vol. 20, 2013.

Nana, Sudjana, and Rivai Ahmad. Media Pengajaran (Penggunaan Dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru, 1997.

Nursabrina, Dhita Fuspita. “Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran IPA Materi Alat Pernapasan Manusia Dan Hewan Serta Fungsinya Dan Cara Memelihara Kesehatan Alat Pernapasan Manusia Di Kelas V MI Nurul ,” 2022.

Putri, Arlinda Gautama, Ni Nyoman Ganing, and Maria Goreti Rini Kristiantari. “Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Journal for Lesson and Learning Studies 5, no. 1 (2022). https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45842.

Ramdani, Agus, A Wahab Jufri, Jamaluddin Jamaluddin, and Dadi Setiadi. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388.

Ramdani, Peri. “Media Pembelajaran Animasi " Study Tentang Analisis Dampak Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar,” 2021.

Rosarina, Gina, Ali Sudin, and Atep Sujana. “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda.” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016).

Satria, Tio Gusti, and Asep Sukenda Egok. “Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau.” Jurnal Basicedu 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.382.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Susilana, Rudi, and Cepi Riyana. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, Dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima, 2008.

Yallah R, Sri Oktra, and Yasdinul Huda. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel Dan Gambar Teknik Di SMKN 1 Sumatera Barat.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 Tahun 2022 (2022).

Yunita, Liza. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMP 1 Darussalam.” Skripsi, 2017.

Zuleni, Elva, and Riri Marfilinda. “Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.