Pengembangan Video Animasi Menggunakan Multimedia dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Materi Ekosistem
Abstract
Permasalahan yang sering muncul dalam dunia pendidikan masalah yang selalu muncul yaitu media pembelajaran. Selama proses pembelajaran dikelas menggunakan media yang bervariasi dan sering juga digunakan media konvensional. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar dikelas begitu penting digunakan dikarenakan siswa lebih cenderung merasa bosan dan jenuh dalam memahami materi pembelajaran. Dalam hal ini penelitian melakukan sebuah penemuan dan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang mampu memberikan peningkatan pemahaman siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Pengembangan media pembelajaran adalah sebuah langkah awal dalam menciptakan produk baru. Penelitian ini menggunakan metode desain pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain dari tahapan (R&D) menggunakan 4D dimana dalam tahapan ini ada 4 tahapan yaitu define, design, development dan dessminate. Proses desain 4D adalah proses awal peneliti melakukan analisis kebutuhan sampai menciptakan sebuah produk. Produk yang telah dikembangkan akan diuji kepada tiap para validator materi, bahasa dan media untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran produk yang diciptakan adalah video animasi. Serta hasil yang diperoleh dari uji kelayakan media maka media pembelajaran dapat diberikan pada peserta didik. Kemudian dilakukan hasil uji coba siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui seberapa penting media pembelajaran digunakan dibandingkan media konvensional dengan media video animasi. Dalam hasil penggunaan media pembelajaran video animasi mampu menghasilkan peningkatan pemahaman siswa kelas v dalam materi ekosistem.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atulhasanah, Mutik, Frans Aditia Wiguna, and Ilmawati Fahmi Imron. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Video Animasi Materi Makna Dan Karakteristik Wilayah NKRI Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Prosiding SEMDIKJAR 6 (2023).
Budi, Harsiwi Udi, and Arini Liss Dyah Dewi. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020).
Faizah, Nivia okta, I Gde Wawan Sudatha, and Alexander Hamonangan Simamora. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Journal of Education Technology 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091.
Fitri Mulyani, and Nur Haliza. “Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling ( JPDK ) 3 (2021).
Haq, Innaka Arina, Enjang Yusup Ali, and Atep Sujana. “Pengembangan Video Animasi SIDARAH (Sistem Peredaran Darah Manusia) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik SD.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (2024). https://doi.org/10.58230/27454312.704.
Hasanah, Uswatun, Islamiani Safitri, Rukiah Rukiah, and Marwah Nasution. “Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 1, no. 3 (2021). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.125.
Jerry Radita Ponza, Putu, I Nyoman Jampel, and I Komang Sudarma. “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar.” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha 6, no. 1 (2018).
Kafadar, Cemal. “Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran Yang Berkualitas.” Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 1 (2017).
Komara, Anisa Lusiana, Aan Subhan Pamungkas, and Ratna Sari Dewi. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 2 (2022). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8585.
Lovandri Dwanda Putra, and Suci Zhinta Ananda Pratama. “Pemanfatan Media Dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran.” Journal Transformation of Mandalika 4, no. 8 (2023).
Miftah, M. “Model Dan Format Analisis Kebutuhan Multimedia Pembelajaran Interaktif.” Jurnal Teknodik, 2018. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.443.
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. “Hubungan Teori Belajar Dengan Teknologi Pendidikan. Edukatif.” Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022).
Pranowo, Tri Endro, Parsaoran Siahaan, and Wawan Setiawan. “Penerapan Multimedia Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perpindahan Kalor Siswa Kelas Vii.” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2, no. 1 (2017). https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4848.
Ruswan, Acep, Primanita Sholihah Rosmana, Dinda Nurainun Fazrin, Dwi Maulidawanti, Ica Nurlaela, Paola Pebriyanti, Rika Febriyanti, and Shela Amelia. “Penerapan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Journal Of Social Science Research 4, no. 1 (2024).
Sapriyah. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Jurusan Pendidikan Sosiologi, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia 2, no. 1 (2019).
Sastro, Wiryo, Efrina Mora, Annisa Rahimah Lubis, and Harri Gusnirwanda. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Mis Aisyah Wil. Sumut.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 1, no. 1 (2023).
Sunarti, Sri. “Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba.” Jurnal Perspektif 15, no. 1 (2022). https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.71.
Suradji, Muchamad. “Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian Dan Keuangan Di Sma Muhammadiyah 1 Gresik.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018). https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.957.
Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Utami, Ririn Puji. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 2, no. 2 (2023). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.400.
Winasih, Ni Wayan, I Wayan Romi Sudhita, Luh Putu Putrini Mahadewi. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Model 4D Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015 Di SMP Negeri 3 Sawan.” E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 1 Tahun 2015 3, no. 1 (2015).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.