Peranan Video Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa

Evyta Darma Judika Sianturi, Prana Dwija Iswara, Dadan Djuanda

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji dampak penerapan media video animasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimental dengan model one group pra test-pasca test untuk menguji pengaruh intervensi. Sampel penelitian terdiri dari 33 siswa kelas I SD di Kabupaten Sumedang sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran membaca permulaan menggunakan media video animasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pra tes dan pasca tes serta hasil tes dianalisis menggunakan statistik dengan tingkat signifikansi 0,05 untuk mengetahui pengaruh intervensi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Saat membaca, siswa cenderung menyebut huruf-huruf pada kata secara terpisah, dan pelafalan serta intonasi dalam membaca belum optimal. Kemampuan membaca permulaan siswa yang kurang maksimal salah satunya disebabkan oleh minimnya peralatan dan media pembelajaran yang tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan antar kemampuan membaca awal melalui pemanfaatan video animasi pada siswa kelas I SD. Kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata pra tes 56,91 dan pasca tes 72,64 yang menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Media digital (elektronik) seperti video animasi merupakan media yang menarik bagi siswa dalam pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar.


Keywords


Membaca Permulaan, Sekolah Dasar, Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Amrullah, Abdul Rochman, Suryanti Suryanti, and Nadi Suprapto. “The Development of Kinemaster Animation Video as a Media to Improve Science Literacy in Elementary Schools.” PENDIPA Journal of Science Education 6, no. 1 (July 15, 2021). https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.151-161.

Aulina, Choirun Nisak. “Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (June 29, 2012). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36.

Dr. Moh. Irma Sukarelawan, Sukarelawan. “N-Gain vs Stacking Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik Dalam Desain One Group pra tes-pasca tes,” 2024.

Fadhillah, Dilla, and Ersa Novianti. “Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdit Baidhaul Ahkam.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10, no. 1 (March 1, 2021). https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4074.

Hasanah, Asratul, and Mai Sri Lena. “Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (August 24, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526.

Ilmi, Nur, and Reskiyanti Tajuddin. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar,” 2021.

Kusumawati, Nanik. “Analisis Motivasi Belajar Berbantukan Video Animasi Pada Siswa Kelas V SDN 01 Taman.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (January 18, 2022). https://doi.org/10.35931/am.v6i2.834.

Laksmi, Ni Komang Prasetyani, I Kadek Anggardana Yasa, and Kadek Ayu Mas Mirayani. “The Use Of Animation Video As Learning Media For Young Learner To Improve Efl Students’ Motivation In Learning English,” 2021.

Navisah, Herman Dwi Surjono, and Mukminan. “Teacher and Student Perspective of Animation-Based Instructional Videos to Increase Student Learning Motivation in English Writing Skill.” In Proceedings of the International Conference on Online and Blended Learning 2019 (ICOBL 2019). Yogyakarta, Indonesia: Atlantis Press, 2020. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200521.042.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: ALFABETA, 2019.

Sukarelawan, Irma, Toni Indratno, and Suci Ayu. N-Gain vs Stacking Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik Dalam Desain One Group Pretest-Posttest, 2024.

Iswara, P. D. (2020). Belajar Membaca Permulaan. UPI Press.

Iswara, P. D., Julia, J., Supriyadi, T., & Ali, E. Y. (2023). Developing Android-Based Learning Media to Enhance Early Reading Competence of Elementary School Students. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(4). https://doi.org/10.47750/pegegog.13.04.06

Iswara, P. D., Julia, J., Supriyadi, T., Rahman, A. A., Hartati, T., Rahman, Sopandi, W., & Damaianti, V. S. (2020). Initial Reading Lesson through “Dia Tampan” Association Method and Android Photo Editor Media. Universal Journal of Educational Research, 8(5). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080547

Sulistiani, R., Iswara, P. D., & Nugraha, D. (2023). Penggunaan Aplikasi “Baca Mandiri” Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pascapembelajaran Daring. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.59378




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.