Menjadikan Pembelajaran Mufradat Menyenangkan: Strategi Inovatif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab di MI

Dewi Nazilatul Maghfirah, Taufik Taufik, Aliwafa Aliwafa

Abstract


Bahasa adalah alat komunikasi dan Menghubungkan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari antara individu dan antara individu dan masyarakat. tidak ada Bahasa Seseorang tidak akan mampu menyampaikan makna perasaan Atau apa yang dia pikirkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu dengan tinjau penelitian yang ada atau penelitian literatur. Tujuan mempelajari bahasa Arab adalah Seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui sarana tertulis dan lisan Baik dan benar. Sehingga diperlukan pelatihan serta pengajaran khusus supaya seseorang bisa menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar. Siswa seringkali menganggap pembelajaran mufrodat (kosakata) bahasa Arab membosankan, terutama pada jenjang MI (Madrasah Ibtidaiyah). Hal ini dapat menghambat proses pembelajaran bahasa Arab dan menurunkan motivasi siswa. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pembelajaran mufrodat menjadi tidak membosankan jadi diperlukan beberapa strategi supaya menyenangkan diantaranya Pendekatan Berbasis Permainan (Game-Based Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan permainan edukatif seperti flashcards, mind mapping, ular tangga berbahasa Arab, dan tebak kata. Pemanfaatan Teknologi Digital melibatkan aplikasi pembelajaran bahasa Arab seperti Duolingo, Memrise, dan Mondly. Pembelajaran Berpusat pada Siswa memberikan pilihan kepada siswa dalam materi, metode, dan proyek, dengan metode kooperatif dalam kelompok kecil. Suasana belajar yang menyenangkan dan supportive.


Keywords


Arab, Strategi, Madrasah

Full Text:

PDF

References


Ayu, Diana Kusumaning, Nuril Mufidah, and M Miftakhul Huda. “Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan,” n.d.

Baroroh, R Umi, and Aisyam Mardliyyah. “Development Of The Ladder Snake Game Media In Arabic Learning/ Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 2, no. 1 (April 6, 2019). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v2i1.5445.

Fahmiyah, Nuril, and Syarifuddin Syarifuddin. “Pengaruh Aplikasi Mondly Arabic Terhadap Peningkatan Mufradat Di Ma Miftahul Ulum Puntir.” LUGATUNA: Jurnal Prodi PBA 2, no. 2 (September 30, 2023). https://doi.org/10.31764/ljpb.v2i2.16746.

Faizah, Nur Inayatul, Fahrur Rosikh, and Muhamad Arif Mustofa. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Kemampuan Menerjemah Teks Bahasa Arab.” Edu Journal Innovation in Learning and Education 1, no. 1 (June 10, 2023). https://doi.org/10.55352/edu.v1i1.467.

Fu’adah, Shofwatul. “Penggunaan Strategi Mind Mapping Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab” 2, no. 1 (2021).

Handayani, Sri and Syafi’i. “Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’ Bahasa Arab.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 2 (July 30, 2022). https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6138.

Hendri, Muspika. “Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Pendekatan Komunkatif.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3, no. 2 (December 17, 2017): 196. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.3929.

Huda, Ahmad Nawirul. Nurul Fadzilah, Aatina Khairal ‘Athiyyah Zen, Syaiful Mustofa. “Implementasi Penggunaan Platform Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” KONASBARA, 2022

Khairani, Dewi, Muhammad Iqbal, Dede Rosyada, Zulkifli Zulkifli, and Fitri Mintarsih. “Penerimaan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Dengan E-Learning dan Gim di Masa Pandemi COVID-19.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 19, no. 3 (December 16, 2021). https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.958.

Mufidah, Aimmatul, and Izzatul Mar’ah Sayyidah. “Media Pembelajaran ‘Pop Up Book’sebagai Alternatif Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Yang Mudah Dan Menyenangkan Untuk Siswa Sekolah Dasar,” 2018.

Nazwah, Selly Siti, and Mia Siti Khumaeroh. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mufradat Bahasa Arab pada Masa PPKM di Pondok Pesantren Miftahuttaufiq,” no. 42 (2021).

Sa, Halimatus. “Bermain Peran (Role Playing),” n.d.

Sari, Hesty Puspita, and Wawan Herry Setiawan. “Peningkatan Teknologi Pendidik Pesantren Anak Sholeh melalui MEMRiSE: Coaching & Training.” Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 3 (September 21, 2021). https://doi.org/10.37478/abdika.v1i3.1123.

Syafei, Isop. “Implikasi Teori Belajar Humanisme terhadap Pembelajaran Bahasa Arab / Implications of Humanistic Learning Theory on Arabic Language Learning.” Loghat Arabi : Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (December 31, 2023). https://doi.org/10.36915/la.v4i2.166.

Taufik, Taufik, Diva Ikrima Azmi, Izni Nurul Ambami Zahire, Nafilatus Sa’adah, Novi Ernawati, and Putri Wulandari. “Pembelajaran Unsur-Unsur Bahasa Arab (Mufradat dan Qawaid) dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Flashcard di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI)” 15, no. 1 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.