Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Kelas V pada Pembelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Komik Digital Makanan Sehat
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan konsep siswa di Indonesia khususnya pada pembelajaran IPA, yang dapat disebabkan oleh kurangnya strategi pengajaran yang inovatif dan efektif dari guru. Penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti komik digital, dapat menjadi salah satu strategi pembelajaran yang efektif. Di era digital, semakin banyak media pembelajaran berbasis digital, salah satunya adalah media Komik Digital Makanan Sehat, yang membahas Sistem Pencernaan Manusia dan Makanan Sehat. Komik Digital Makanan Sehat menyajikan cerita, podcast, dan evaluasi melalui online games dan quizizz untuk memaksimalkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komik Digital Makanan Sehat terhadap penguasaan konsep siswa dan respons siswa terhadap media ini. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan pendekatan pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa tes guna mengukur penguasaan konsep siswa dan kuesioner yang mengukur respons siswa terhadap media ini. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang ada di seluruh sekolah dasar di, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas V SDN 2 Paniis Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komik Digital Makanan Sehat memiliki pengaruh positif pada penguasaan konsep siswa, dengan peningkatan nilai posttest sebesar 51,43% (kriteria sedang). Siswa juga memberikan respons positif terhadap media ini. Penelitian ini merekomendasikan agar guru menggunakan media pembelajaran digital seperti Komik Digital Makanan Sehat untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa secara lebih efektif dan menyenangkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anisa, Rizkya Fitri, Atep Sujana, dan J. Julia. “Pengaruh Komik Digital dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Daya Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 9, no. 1 (25 Oktober 2023). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.12643.
Arifin, Z. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya, 2017.
Budi, C, Y Romadiasri, dan S Maslikhah. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui E-comic Berbasis Scientifik Approach pada Mata Pelajaran Matematika Materi Limit Fungsi.” Jurnal Pendidikan Matematika FISIP Unissula 4, no. 1 (2016).
Elpira, Nira, dan Anik Ghufron. “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 2, no. 1 (30 April 2015). https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207.
Hwang, Gwo-Jen, Chiu-Lin Lai, dan Siang-Yi Wang. “Seamless Flipped Learning: A Mobile Technology-Enhanced Flipped Classroom with Effective Learning Strategies.” Journal of Computers in Education 2, no. 4 (Desember 2015). https://doi.org/10.1007/s40692-015-0043-0.
Juneli, Juni Artha, Atep Sujana, dan J Julia. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Penguasaan Konsep Peserta Didik SD Kelas V.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 4 (25 Agustus 2022). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9070.
Lestari, Annisa Fitriana, dan Irwansyah Irwansyah. “Line Webtoon Sebagai Industri Komik DigitaL.” SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi 6, no. 2 (31 Oktober 2020). https://doi.org/10.35308/source.v6i2.1609.
Maesaroh, U. “Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya kelas IV MIS Al-Huda Margalangu.” Universitas Islam Negeri Walisongo, 2021.
Nugroho, A, S. “Peningkatan Penguasaan Konsep dengan Model Pembelajaran Konsep dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 2 (2013).
Nuraisyah, Nisa. “Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Gaya.” Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, 2022.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.