PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR PADA MATA PELAJARAN IPS BERBASIS HOTS KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA KELAS 4 DI MI PSM PADANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

Nuril Nuzulia, Elok Khoirul Muna Mabni Zain

Abstract


Pengembangan media roda putar digunakan untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah. Kurangnya media pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang dapat melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi.Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) menjelaskan proses penyusunan media roda putar materi keragaman suku dan budaya berbasis HOTS siswa kelas IV di MI PSM Padangan Ngantru Kabupaten Tulungagung, (2) menjelaskan kemenarikan penggunaan media roda putar pada materi keragaman budaya di negeriku berbasis HOTS siswa kelas IV di MI PSM Padangan Ngantru Kabupaten Tulungagung, (3) menjelaskan efektifitas penggunaan media roda putar pada materi keragaman suku dan budaya berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MI PSM Padangan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas IV MI PSM Padangan Ngantru Tulungagung. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti daplam pengembangan media roda putar materi keragaman suku dan budaya pada kelas IV siswa MI PSM Padangan menyatakan bahwa (1) media roda putar ini mendapatkan prosentase kevalidan sebesar 86% dari ahli materi, 86% dari ahli desaim media, dan 94% dari ahli pembelajaran, (2) media roda putar ini memiliki tingkat kemenarikan sebesar 87,1%, (3) hasil nilai post test yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dibandingkan hasil nilai pre test , yakni dengan perbedaan rata-rata nilai sebesar 36. Hasil analisis dengan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, artinya Ha diterima Ho ditolak. Hal ini diperoleh thitung = 3,897 dan ttabel = 1,94. Sehingga terdapat perbedaan pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan media roda putar keragaman. Maka dapat disimpulkan bahwa media roda putar berbasis HOTS mampu meningkatkan hasil belajar.

Keywords


pengembangan, media roda putar, kemampuan berpikir tingkat tinggi, keragaman suku dan budaya, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. 2014. Penelitian Pendidikan metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Isnaini, Nurul. 2018. The development of learning media based on roda putar game on mathematic subjects of solid figure material for 5th grade of SDN Purwantoro 4 Malang. Malang: UIN Malang.

Istifarina, Noni. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt)) Berbantu Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Khairunnisa, Wardah. 2017. Pengembangan media Roda Putar Berbasis Website Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMA Angkasa Adisutjipto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Lindayanti. 2016. Pengaruh model problem based learning berbantukan media roda putar terhadap keterampilan berfikir kritid dan sikap ilmiah siswa kelas XI pada materi sistem gerak SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nugroho, Arifin. 2019. Higher Order Thinking Skill. Jakarta: PT Gramedia.

Nurillahi Al Arif, Rizki. 2018. Pengembangan media pembelajaran ular tangga materi keragaman suku dan budaya di Indonesia kelas IV MI Al-Hidayah Kasembon Bululawang Malang. Malang: Uin Malang.

Novianti, Ria. 2008. Pengembangan Permainan Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Angka Anak Usia 5-6 Tahun. Jakarta: Educhild Vol. 4 No. 1 Tahun 2015.

Rinawati. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Roda Putar Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Gondang Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Kediri: Universitas Nusantara PGRI, 2015.

Risnawati. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Suska Press. 2008.

Sadiman, Arif dkk. 2014. Media Pendidikan. Jakarta: PT rajagrafinda Persada.

Sanaky, Hujair. 2009. Media pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, metode dan prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supranto, Johannes. 2016. Statistik Teori & Aplikasi. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. 2003. Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.

Widana, I Wayan. 2017. Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat pembinaan SMA Ditjen Pendididikan Dasar dan Menengah




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i1.409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.