Peranan Kepemimpinan Instruksional dalam Manajemen Pendidikan Islam

Rusman Rusman

Abstract


Artikel ini membahas peranan penting kepemimpinan instruksional dalam manajemen pendidikan Islam, dengan menekankan bagaimana kepala sekolah dapat menerapkan strategi kepemimpinan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis peran kepemimpinan instruksional dalam meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam. Menggunakan metode kajian pustaka, penelitian ini mengumpulkan teori-teori dan data relevan dari berbagai sumber ilmiah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan instruksional yang kompetitif dan inovatif sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif yang mendorong keterlibatan dan pencapaian siswa. Selain itu, artikel ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, dan masyarakat, dalam mengelola lembaga pendidikan Islam untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Dengan fokus pada kepemimpinan instruksional, kepala sekolah dapat secara signifikan mempengaruhi tidak hanya manajemen sekolah tetapi juga pengembangan karakter, kompetensi, dan nilai-nilai siswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan praktik manajemen pendidikan Islam yang lebih baik di masa depan, sehingga pendidikan berkualitas dapat diakses oleh semua kalangan.


Keywords


Kepemimpinan Instruksional, Manajemen Pendidikan Islam, Kualitas Pendidikan, Kepala Sekolah, Kolaborasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah Munir. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2008.

Ahmad, Syarwan. “Problema Kurikulum 2013 Dan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan Volume 8 No 2 (2014).

Andang. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar ruzz Media, 2014.

Artana, I Wayan, and I Made Suastika. “Pengaruh Kompensasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Fast Food Indonesia Cabang Gatsu Timur Denpasar.” Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi 24, no. 1 (2018).

Azra, Azyumardi. Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos, 1999.

Dwiyono, Yudo. “Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4 No 3 (2022).

E. Mulyasa. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Fatonah, Totoh. “Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pakar Guru 2 No 1, 2022.

Kartini, Kartono. Pemimpin Dan Kepemimpinan. 2010th ed. Jakarta: Rajawali, 2010.

Kusmintardjo. “Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan Unviersitas Negeri Malang 24, no. 3 (2014).

Logho, Audra Febriandini. “Peranan Kepemimpinan Instruksional Dalam Pendidikan : Konsep Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penelitian 20, no. 1 (2016).

Muhammad, Yaumi, Nurdin Ibrahim, and Sidik Darlan. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana, 2014.

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. 2007th ed. Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2007.

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Pramudia. “Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran (Instructional Leadership) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 2 Indramayu.” Universitas Indonesia, 2012.

Rahatna. “Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru,” 2013.

Siti Asiyah, Siti Asiah T. Fido. Manajemen Pendidikan Islam. 2018th ed. Pustaka Cendikia, 2018.

Sulistyorini. Manajemen Pendidikan Islam. 2006th ed. Surabaya, 2006.

Supardi. Sekolah Efektif, Konsep Dasar Dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2013.

Usman, Husaini, and Nuryadin Eko Raharjo. “Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 5, no. 1 (February 25, 2013). https://doi.org/10.21831/cp.v5i1.1253.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rusman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto