Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Keliling Bangun Datar Kelas III SDN Sadagori 1

Zakia Eka Putri, Isrok’atun Isrok’atun, Cucun Sunaengsih

Abstract


Salah satu faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari keliling bangun datar adalah kurangnya pemahaman siswa terkait konsep keliling bangun datar. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa disebabkan karena kurangnya perhatian guru pada pemahaman siswa terhadap konsep materi yang diajarkan dan guru masih menggunakan pembelajaran konvensional yakni guru menjadi pusat pembelajaran. Sehingga dibutuhkan suatu media yang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Salah satu alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah dengan menerapkan media video animasi pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap pemahaman konsep siswa pada materi keliling bangun datar, (2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh media konvensional terhadap pemahaman konsep siswa, (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh media video animasi dan media konvensional terhadap pemahaman konsep siswa pada materi keliling bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain control group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media video animasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan nilai rata-rata N-Gain nya 0,60 yang tergolong “cukup tinggi”, (2) media konvensional tidak  meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan nilai rata-rata N-Gain nya 0,39 yang tergolong “rendah”, (3) berdasarkan uji independent sample t-test diperoleh nilai 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan media video animasi lebih baik dari pembelajaran yang menggunakan media konvensional dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.


Keywords


Pemahaman Konsep, Video Animasi, Keliling Bangun Datar, Sekolah Dasar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Biassari, Icha, Kharisma Eka Putri, and Siti Kholifah. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (July 21, 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1139.

Candra, Andista Mutia, and Theresia Sri Rahayu. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Tematik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (August 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1212.

Dewi, Ni Made Ayu Sukma, I. Made Ardana, and Phill I. Gusti Putu Sudiarta. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (May 25, 2023). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.302.

Donna, Rama, Asep Sukenda Egok, and Riduan Febriandi. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (October 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382.

Efendy, Arieska. “Perbandingan Pembelajaran Matematika Secara Daring Dan Pembelajaran Matematika Secara Luring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS GUPPI Pagar Alam.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 2, no. 1 (July 6, 2021). https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1070.

Firmansyah, Feri Hidayatullah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, and Elsya Roziana Dewi. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Matematika Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence) 2, no. 2 (December 15, 2020). https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783.

Handayani, Risma, and Rora Rizky Wandini. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di SDS Yapsi Medan Johor.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (December 31, 2023). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12194.

Harefa, Darmawan, and Hestu Tansil La’ia. “Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7, no. 2 (May 7, 2021). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021.

Harsiwi, Udi Budi, and Liss Dyah Dewi Arini. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (October 2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.

Husada, Anugerah, Mei Fita Asri Untari, and Ahmad Nashir Tsalatsa. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa.” Journal of Education Action Research 3, no. 2 (April 10, 2019). https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17268.

Khotimah, Siti Kulsum Syifa Husnul. “Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi Di Masa Pandemi Covid-19.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (August 7, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857.

Komariah, Siti, Huri Suhendri, and Arif Rahman Hakim. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 4, no. 1 (December 30, 2018). https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805.

Kuswanto, Joko, and Ferri Radiansah. “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.” JURNAL MEDIA INFOTAMA 14, no. 1 (April 4, 2018). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467.

Mahatir, Achmad. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Minat Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di SD Anak Bangsa Kota Makassar.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah, 2021.

Megawanti, Priarti, Erna Megawati, and Siti Nurkhafifah. “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pjj Pada Masa Pandemi Covid 19.” Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan 7, no. 2 (July 20, 2020). https://doi.org/10.30998/fjik.v7i2.6411.

Nurlina, Laily, and Akhmad Fauzan. “Pelatihan Pembuatan Video Ajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring.” ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3, no. 1 (April 27, 2021). https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i1.1260.

Nuryanah, Nuryanah, Linda Zakiah, Fahrurrozi Fahrurrozi, and Uswatun Hasanah. “Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon Untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (October 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244.

Purnama, Syifa Jamilah, and Puri Pramudiani. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide Pada Materi Pecahan Sederhana Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (August 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247.

Putri, Diana Nur Septiyawati, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, and Arita Marini. “Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2, no. 2 (December 24, 2022). https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4290.

Samosir, Jontono, Regina Sipayung, Reflina Sinaga, and Darinda Sofia Tanjung. “Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema VIII Kelas III SD Rk Budi Luhur Medan.” SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED 11, no. 2 (July 7, 2021). https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i2.25992.

Tethool, Godaliva, Wensi Ronald Lesli Paat, and Djafar Wonggo. “Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK.” EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi 1, no. 3 (2021).

Wahidin, Unang, Muhammad Sarbini, Ali Maulida, and Miftah Wangsadanureja. “Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Multimedia Di Pondok Pesantren.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 01 (February 18, 2021). https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1203.

Wulandari, Sri, and Indah Fitria Rahma. “Efektivitas Media Video Kine Master Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Secara Daring.” Jurnal Analisa 7, no. 1 (June 24, 2021). https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11956.

Yudha, Jenny Ramadona Putri Ardi, and Sri Sundari. “Manfaat Media Pembelajaran YouTube Terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa.” Journal of Telenursing (JOTING) 3, no. 2 (October 4, 2021). https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561.

Zaini, Muhammad Syamsudin, and Jaka Nugraha. “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 2 (2021). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.