Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia
Abstract
Kurangnya kemampuan siswa dalam hal penguasaan konsep suatu topik pembelajaran menjadi salah satu tantangan di dunia pendidikan, khususnya pada tingkatan sekolah dasar. Hadirnya konsep-konsep abstrak menyebabkan sulitnya siswa dalam hal pemahaman konsep, salah satunya adalah konsep yang terkandung pada materi sistem pernapasan manusia pada kelas V SD. Bernapas adalah hal yang bisa dirasakan oleh siswa, namun prosesnya tidak bisa diamati secara langsung. Keberagaman media pembelajaran kini hadir untuk menyelesaikan tantangan tersebut, salah satunya adalah penggunaan media video interaktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif dengan Desain Kuasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas V(Kelas Eksperimen) yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan media video interaktif dan 30 orang siswa kelas V (Kelas Kontrol) yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional pada dua sekolah berbeda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes. Data pemahaman konsep diperoleh berdasarkan pengujian instrumen berupa pretest yang diujikan sebelum proses pembelajaran serta posttest yang diujikan di akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil tes, diperoleh hasil bahwa pembelajaran menggunakan media video interaktif memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa yang menunjukkan bahwa hasil rata-rata kemampuan awal siswa yakni sebesar 35,30. Kemudian setelah diberikan perlakuan, nilai rata-rata siswa yang diukur pada kemampuan akhir menjadi 82,50. Pengaruh positif juga dapat dilihat dari N-gain yang menunjukkan pemahaman konsep mengalami kenaikan sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Implikasi dari penggunaan media video interaktif dalam pembelajaran pada penelitian ini adalah siswa menjadi paham tentang organ-organ apa saja yang berperan dalam proses pernapasan manusia, dan ragam penyakit yang dapat timbul serta cara mengatasinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik.” Jurnal Edukasi Elektro 5, no. 1 (2009).
Azzahrah Putri, Rahma, Ina Magdalena, Ana Fauziah, dan Fitri Nur Azizah. “Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia 1, no. 2 (2021): 157–63. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.26.
Berliana, Tifany, Kukuh Andri Aka, dan Wahyudi. “Media Pembelajaran Video Animasi Pada Materi Bersatu Dalam Keberagaman.” Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) 6 (5 Agustus 2023).
Budiaji, Weksi. “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale).” Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan 2, no. 2 (2013).
Deti Nurhamidah, Siti, Atep Sujana, dan Dety Amelia Karlina. “Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 4 (2022): 1318–29.
Kumalasani, Maharani Putri. “Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2, no. 1A (25 April 2018). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345.
Mutanaffisah, Rusyda, Resmi Ningrum, dan Ari Widodo. “Ketepatan pemilihan pendekatan, metode, dan media terhadap karakteristik materi IPA.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 7, no. 1 (24 Juli 2021). https://doi.org/10.21831/jipi.v7i1.32622.
Nila, Kesumawati. “Pemahaman Konsep Matematik Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2008.
Nurhaliza, Emi Tipuk Lestari, dan Fivi Irawan. “Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Ips Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu.” Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Dan Sosial 1, no. 2 (28 Desember 2021).
Prasetya, Teguh Arie, Regita Dwi Yanti, Zulfan Nurrahman, Ani Nur Aeni, Program Studi, Pendidikan Guru, dan Sekolah Dasar. “Pemanfaatan Video Animasi WOL (way of life) sebagai Media Pembelajaran SKI siswa di Kelas 4 SD/MI,” t.t.
Pratomo, Adi, dan Agus Irawan. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck.” Positif 1, no. 1 (2015): 18–28.
Putri, Arlinda Gautama, Ni Nyoman Ganing, dan Maria Goreti Rini Kristiantari. “Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Journal for Lesson and Learning Studies 5, no. 1 (2022): 106–16. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45842.
Rahman, Sunarti. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2021.
Rahmat, Fitriyane Laila Apriliani, S. Suwatno, dan R. Rasto. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament (Tgt): Meta Analisis.” Jurnal Manajerial 17, no. 2 (4 Juli 2018). https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11783.
Sujana, Atep, dan Dewi Rachmatin. “Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana.” Current Research in Education: Conference Series Journal 1, no. 1 (1 Januari 2019).
Sukarini, Komang, dan Ida Bagus Surya Manuaba. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar.” Jurnal Edutech Undiksha 9, no. 1 (21 April 2021). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.
Sunaengsih, Cucun. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A.” Mimbar Sekolah Dasar 3, no. 2 (1 Oktober 2016). https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v3i2.4259.
Wardani, Ratri Kurnia, dan Harlinda Syofyan. “Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2, no. 4 (2018). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4093
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.