Penerapan Media Math Playground dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Puput Agisni Salimah, I Isrok’atun, Riana Irawati

Abstract


Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran memengaruhi motivasi siswa untuk belajar. Penggunaan media pembelajaran yang variatif dan menyenangkan dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Media Math Playground, sebuah website interaktif hadir sebagai solusi untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan cara yang lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Math Playground dan mengukur peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sukamaju. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan untuk hasil observasi yaitu verifikasi data, pengelompokan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan sedangkan untuk melihat peningkatan motivasi siswa diperoleh dari hasil angket yang kategorinya diinterpretasi dengan menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga tahap dalam penerapan media Math Playground diantaranya: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Interpretasi dari N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa masih tergolong rendah, dengan nilai N-Gain 0,25. Hal ini menunjukkan perlunya pengembangan strategi pembelajaran yang lebih komprehensif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan.


Keywords


Media Math Playground, Motivasi Belajar Matematika, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anggraeny, Devie, Dina Aulia Nurlaili, dan Rachil Amalia Mufidah. “Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar.” FONDATIA 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467.

Apriani, Feny,“Dampak Kurangnya Praktik Dalam Pelajaran Matematika: Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep Matematika.” Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2024).

Daheri, Mirzon, Astuti Cendrawati Ramli, Muhammad Resky, Sulawesi Selatan, Stkip Rokania, Kec Rambah Samo, dan Kabupaten Rokan Hulu. “Motivasi Belajar Peserta Didik di Era New Normal.” Journal on Education 05, no. 03 (2023).

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” HUMANIKA 21, no. 1 (2021). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Hajro, Aini Yatul, dan Muhammad Rifa’i Subhi. “Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Game Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 02 (2023).

Husna, Khamila, dan Supriyadi Supriyadi. “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273.

Irawati, Riana, Retno Andriyani, Ejen Jenal Mutaqin, dan Nurdin Kamil. “Ethnomathematics Values In Sumedang Tofu And Bongsang ( Tofu Basket ) For Teaching Geometry In Primary School Indonesia is a culturally rich nation whose people have strong characters . Local cultures are the root of Indonesia ’ s national cultural divers” 7, no. 1 (2023).

Isrok’atun, I. Memahami Konsep Dasar Matematika untuk PGSD. Jakarta Timur: Bumi Aksara, 2021.

Karimah, Via Haiyun, dan Andi Prastowo. “Penerapan Math Playground sebagai Penunjang Karakteristik Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 8, no. 3 (30 September 2023). https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.637.

Latif, Suciani, Abdullah Pandang, dan Rusniyanti. “Analisis Motivasi Belajar Rendah Siswa Selama Masa Pandemi dan Penanganannya (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Makassar).” Pinisi Journal Of Education, no. 3 (2021).

Lutfia, Ainaya Hanum, Widya Kusumaningsih, dan Sri Suneki. “Analisis Pemanfaatan Media Math Playground Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 Materi Pengurangan.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (2023). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1220.

Magdalena, Ina, Shifa Fauziah, Putri Widiya Sari, dan Nesfi Berliana. “Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 2 (2020).

Nisa, Riska Hidayatun, dan Wiryanto Wiryanto. “Pengaruh Penggunaan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V Sd.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 3 (2019).

Pramesti, Azahra Arum, Fidyawati Ilmiah, dan Tisna Rizky Ramadhani. “Peran Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa.” Confrence of Elementary Studies (C.E.S) 1, no. 1 (2020).

Pratiwi, Nike, dan Ery Tri Djatmika. “Media Pembelajaran Interaktif ‘ KERKABA ’ Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah” 7, no. 4 (2023).

Rahmawati, Desi, dan Yulia Maftuhah Hidayati. “Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465.

Rahmawati, Siti, Yatha Yuni, dan Dade Nurfalah. “Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Prosiding seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 2021.

Rohima, Najwa. “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa.” Publikasi Pembelajaran 1, no. 1 (2023).

Siregar, Riska Rudini, Wilna Wulan Simatupang, dan Sofiah Ani. “Pengaruh Penggunaan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SDS Al-Ulum.” Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms) 9, no. 1 (2023). https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3781.

Ulimaz, Almira, Brian Sebastian Salim, Ika Yuniwati Marzuki, Syamsuddin, dan Abu Bakar Tumpu. “Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Dengan Penerapan Pembelajaran Berbasis Game.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 7 (2024).

Unaenah, Een, Eni Nuraeni, dan Shifa Nur Asmoro. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Jarak, Waktu, dan Kecepatan di Kelas 5 SD.” ANWARUL 3, no. 6 (2023). https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i6.1596.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.