Pengembangan LKPD Berbasis Permainan Sudoku Kata Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri Sawentar 04 Kanigoro Blitar

Kumala Vadilatu Laela, Mohamad Fatih, Khoirul Wafa

Abstract


LKPD yaitu lembaran dokumen yang berisi kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa. Kegiatan pada LKPD ini adalah Permainan Sudoku Kata. Permainan Sudoku Kata adalah permainan menyusun kata supaya dalam 1 baris dan 1 kolom tidak ada kata yang berulang. Permainan Sudoku Kata diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. LKPD berbasis Permainan Sudoku Kata merupakan produk yang diciptakan dari hasil penelitian ini yang digunakan sebagai bahan ajar di kelas III yang digunakan untuk memperoleh peningkatan kemandirian belajar siswa. Hal ini juga merupakan tujuan dari penelitian ini, menghasilkan suatu produk berupa LKPD. Jenis Penelitian ini adalah RnD dengan model ADDIE yang memiliki tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Angket digunakan sebagai instrument dalam penelitian ini. Ahli media, ahli materi dan ahli Bahasa menilai produk sebagai hasil dari uji validitas produk. Hasil validitas ahli media mendapatkan persentase 91%, ahli materi mendapatkan persentase 100%, dan ahli bahasa mendapatkan persentase 100%. Selanjutnya hasil kelayakan produk LKPD berbasis Permainan Sudoku Kata didasarkan atas penilaian guru kelas dengan hasil angket respon guru adalah 100% mendapatkan kategori sangat layak. Hasil peningkatan kemandirian belajar siswa terhadap LKPD berbasis Permainan Sudoku Kata adalah 0,97 dengan kriteria tinggi. Hasil peningkatan kemandirian belajar dihitung menggunakan rumus N-Gain. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Permainan Sudoku Kata dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.


Keywords


LKPD, Permainan Sudoku Kata, Kemandirian Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arif, Novida Nur Miftakhul. “Perancangan Puzzle Sudoku Warisan Hanacaraka Menggunakan Metode Design Thinking dan Game Design.” Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual 15, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i2.2582.

Astutik, Widi, Mohamad Fatih, dan Cindya Alfi. “Pengembangan 3D Book Berbasis PQ4R Materi Siklus Air untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Self Efficacy Siswa Kelas V SDN Sutojayan 3 Kabupaten Blitar” 07 (2022).

Budi, Tri, Rezky Ramadhona, dan Linda Rosmery Tambunan. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik.” Students Online Journal 2, no. 2 (2021).

Halimatusadiah, Sifa. “Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Kualitatif pada Kelas 6).” Buana Pendidikan 18, no. 2 (2022).

Hanastuti, Intan Fajar Dwi. “Pengembangan Media Puzzle Berbasis Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDIT Nur-Rohman Kabupaten Wonogiri.” Universitas Negeri Semarang, 2020.

Haryanti, Choirunisa Firda, Pradnyo Wijayanti, dan Atik Winarti. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Braille Berbasis Masalah dengan Bantuan Audio untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Tunanetra.” Pi: Mathematics Education Journal 6, no. 2 (2023).

Novriza, Dewi, S Sumarni, dan S Syafdaningsih. “Pengembangan Alat Permainan Sudoku Bergambar Subtema Binatang Buas Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak,” 2020.

Permendikbud. “Permendikbud No 22 Tahun 2016.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2016).

Sari, Susan Aprilia Dwi. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Sains dengan Tema Klasifikasi Makhuk Hidup dan Benda Tak Hidup untuk Kelas VII SMP,” 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitaif dan R&d. Bandung: PT.Alfabeta, 2019.

Yuliani, F, dan L Herian. “Pengembangan Buku Saku Materi Pemanasan Global untuk SMP.” Unnes Journal of Biology Education. 4 (1) (2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.