Pengaruh Permainan Pathilan dalam Meningkatkan Keterampilan Hitung Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah pada Siswa Kelas 1

Kunti Muyasaroh, Isrok’atun Isrok’atun, Cucun Sunaengsih

Abstract


Penjumlahan adalah operasi dasar dalam matematika yang membentuk dasar dari operasi hitung lainnya seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pengenalan penjumlahan sejak dini sangat penting karena keterampilan ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun penting, banyak siswa masih menganggap matematika sulit dan membosankan, yang berdampak negatif pada keterampilan hitung mereka. Penelitian ini mengusulkan penggunaan permainan tradisional pathilan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan hitung operasi penjumlahan pada siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design, melibatkan 60 siswa dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan pathilan secara signifikan meningkatkan keterampilan hitung siswa, terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest dari 77 menjadi 91,67 pada posttest dan peningkatan skor waktu dari kategori sangat lambat menjadi cepat. Selain itu, permainan ini juga meningkatkan antusiasme dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini maka ada rekomendasi bahwa penggunaan media pembelajaran yang menarik dan relevan walaupun bentuknya dalam permainan tradisional namun hal ini dapat meningkatkan keterampilan hitung.


Keywords


Keterampilan Hitung, Media Ajar, Penjumlahan Bilangan Cacah, Permainan Pathilan

Full Text:

PDF

References


Astawavia, Nur. “Penerapan Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Pada Siswa Autis Kelas VIII SMPLB Di SLB-C YPPLB Makassar.” Skripsi, Universitas Negeri Makassar, 2022.

Buyung, Buyung, Rika Wahyuni, and Mariyam Mariyam. “Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A.” Journal of Educational Review and Research 5, no. 1 (July 31, 2022). https://doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3538.

Darmawati, Wahyu Tri. “Pengaruh Pembelajaran Biologi Sistem Respirasi Bermuatan Nilai Religi Terhadap Penguasaan Konsep Dan Sikap Siswa.” Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2022.

Darni. “Keterampilan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Media Manik-Manik Warna Siswa Kelas I SD Negeri 223 Kampung Baru Sinjai Borong.” Skripsi, Universitas Bosowa, 2021.

Fauziah, Rapida. “Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Bilangan Cacah Berbasis Permainan Tradisional Pathilan Untuk Siswa Kelas II SD.” Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2022.

Farida, Anisatul. “Improving 2nd Graders’ Calculation Skill through Pathilan Traditional Game.” JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education) 1, no. 2 (August 3, 2017). https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3386.

Jannah, Sri Rodiyatul, I. Isrok’atun, and Cucun Sunaengsih. “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Budaya Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.” Jurnal Pena Ilmiah 2, no. 1 (December 30, 2017). https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11216.

Komariyah, Utari. “Penerapan Teori Belajar Dienes Melalui Permainan Pathilan Untuk Memahami Konsep Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat.” Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2020.

Maulana. “Pembelajaran Matematika Sebagai Aktivitas Yang Banyak Permainan Dan Penuh Kesenangan.” Jurnal Pendidikan Dasar 14 (2010).

Maulida, Tiara, Arfatin Nurrahmah, and Dellia Mila Vernia. “Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Tradisional Terhadap Kecerdasan Logika Matematika.” Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika 3, no. 2 (December 1, 2023).

Muhsinatun, 16204080050. “Permainan Tradisional Pathilan Dalam Pembelajaran Matematika: Studi Eksperimen Di Sd Muhammadiyah Purwosari Girimulyo, Kulonprogo.” Masters Thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.

Pristi, Fierda Widya. “Pengaruh Metode Jari Aljabar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Keterampilan Berhitung Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan.” Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2022.

Putri, Ari Rosita. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Pada Materi Bangun Datar.” Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2023.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2023.

Suwarto, Suwarto, and Wahyu Hidayat. “Pengaruh Kemampuan Operasi Hitung Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science 2, no. 2 (2016).

Widyastuti, Laras Retno, Lina Revilla Malik, and Abdul Razak. “Efektivitas Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika 9, no. 1 (June 10, 2020). https://doi.org/10.30872/primatika.v9i1.247.

Winarbin, Giyarti. “Penggunaan Media Benda Konkret Guna Meningkatkan Kemampuan Hitung Bangun Datar Dan Ruang.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK) 5, no. 3 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.