Desain Random Card Berbantuan Wordwall Materi Tata Surya Melalui PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas VI SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar

Maya Dina Fikria, Mohamad Fatih, Cindya Alfi

Abstract


Di sekolah dasar (SD), mengajar pembelajaran IPA bisa jadi sulit karena teknik yang membosankan dan tidak inspiratif, serta kurangnya sumber daya yang membuat para guru enggan untuk mengembangkan materi baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan literasi sains pada siswa serta kevalidan media pembelajaran berbantuan wordwall.  Artikel ini menjelaskan bagaimana random card dibuat untuk membantu siswa kelas enam SD belajar IPA, khususnya tentang Tata Surya, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Random card dikembangkan dengan bantuan Wordwall. Penelitian ini menggunakan uji coba di SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar dan Studi ini merupakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi, bahwa Kartu Acak berbantuan Wordwall menunjukkan tingkat kelayakan dan kevalidan yang tinggi. Literasi sains siswa meningkat secara signifikan selama percobaan penggunaan. Dengan demikian, media pembelajaran random card dengan bantuan wordwall dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas dari pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.


Keywords


Random Cards, Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Literasi Sains Siswa

Full Text:

PDF

References


Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. I. (2022). Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 6(2).

Fajarianti, Anisa Candra, and Ulhaq Zuhdi. "Pengembangan media game edukatif berbasis wordwall mata pelajaran ipa materi spdm kelas V sekolah dasar."

Fatih, M, Pengembangan Media Interaktif Sparkrol Videoscribe Sistem Pencernaan Manusia untuk Kelas V di SDN Damarwulan Kabupaten Kediri, (BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, Vo. 6, No. 3, 2021).

Fatih, M. (2023). Pengembangan Komik Narasi untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis dan Membaca Siswa Kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 8(3).

Fatih, Mohamad, and Cindya Alfi. "Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar." Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual 5.1 (2021).

Fatih, Mohammad, and Cindya Alfi. "Pengembangan Buku Praktikum IPA Materi Gaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar." EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5.2 (2023).

Febrianto, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX di SMP Negeri 1 Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan. Skripsi. Makasar: Universitas Negeri Makassar

Najib, Muhammad, Ahmad Syawaluddin, and Siti Raihan. "Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif sistem tata surya berbasis literasi sains untuk siswa SD." Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi 1.1 (2023).

Putri, Nana Meisah; HAMIMAH, Hamimah. Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2023, 3.1.

Riza Mastita, A., Sihombing, L. N., & Sitio, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SD Negeri Simalungun. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(2). https://doi.org/10.53565/pssa.v8i2.572

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. CV.

Widianti, Adha Yusrika, and Prima Mutia Sari. "Pengembangan Lkpd Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif Menggunakan Maze Chase-Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd." Research and Development Journal of Education 8.2 (2022).

Yusnarti, M., & Sutyaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 2.

Zyra, S. N., Alamsyah, T. P., & Yuliana, R. (2022). Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.