Analisis Perkembangan Keterampilan 4C Siswa Melalui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa Teknologi di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan hadirnya projek penguatan profil pelajar pancasila. Projek penguatan profil pelajar pancasila bertujuan untuk menumbuhkan karakter bangsa yang di wujudkan pada enam elemen profil pelajar Pancasila yaitu beriman bertakwa dan berakhlak mulia, berkbhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Enam elemen ini juga memperkuat keterampilan 4C yang mulai diterapkan secara bertahap di kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana perkembangan keterampilan 4C siswa melalui implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Partisipan penelitian adalah kepala sekolah, guru wali kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan kegiatan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila telah tersusun dan berjalan dengan baik, terdapat kaitan antara projek penguatan profil pelajar pancasila dan keterampilan 4C siswa, dimana dalam kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila keterampilan 4C siswa lebih berkembang dan meningkat. Hal tersebut terlihat dari antusias dan semangat peserta didik saat kegiatan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila. selain itu berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik semakin bertambah dalam mengungkapkan ide dan gagasannya. Semakin baik kerjasama antar peserta didik dalam kelompok. Berkembang kemampuan peserta didik dalam menemukan solusi berkaitan dengan masalah di lingkungan sekitar dan berkembang kreativitas peserta didik melalui pemanfaatan botol bekas sebagai media membuat filter air sederhana dan menghias botol sesuai dengan kreasinya masing-masing. Selain itu angket siswa menunjukkan hasil yang sangat baik ditandai dengan jawaban angket dengan rata-rata jawaban S (Selalu) untuk setiap pernyataan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, Ari, Taupik Sopyan, and Lia Yulisma. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Plus Al-Falah Tasikmalaya.” J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) 5, no. 1 (February 29, 2024). https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.11429.
Arsanti, Meilan, Ida Zulaeha, and Subiyantoro Subiyantoro. “Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2021.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Jurnal Edumaspul 6, no. 1 (2022).
Khoirunnisa, Salma Indah, and Elok Sudibyo. “Profil Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP dalam Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.” ScienceEdu 6, no. 1 (June 17, 2023). https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40152.
Mahendra, Yoga, Galuh Mulyawan, and Vina Karina Putri. “Transformasi Pembelajaran Sosiologi: Peran Keterampilan 4C di Abad 2.” Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwang 10, no. 2 (2023).
Mayasari, Tantri, Asep Kadarohman, Dadi Rusdiana, and Ida Kaniawati. “Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?” Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) 2, no. 1 (March 20, 2016): 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24.
Nurfadillah, Wanda. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad-21 Pada Sma Negeri 36 Jakarta,” n.d.
Riskayanti, Yunita. “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sma Negeri 1 Seteluk.” SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah 1, no. 2 (July 13, 2021). https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.117.
Rosnaeni, Rosnaeni. “Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (October 9, 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548.
Zuhro, Nurul Shofiatin, Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih, Anjar Fitrianingtyas, Novita Eka Nurjanah, Jumiatmoko Jumiatmoko, and Bambang Winarji. “Penerapan KSE Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Sekolah Penggerak Di Kota Surakarta.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 4 (September 3, 2023). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4991.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.