Pengembangan Flipbook Berbantuan Canva Materi Bagian Tumbuhan Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Kelas IV SDN Sumberasri 02

Riska Dwi Bastian, Cindya Alfi, Mohamad Fatih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk Menganalisis efektivitas penggunaan flipbook dalam meningkatkan pemahaman materi tentang bagian-bagian tumbuhan pada siswa kelas IV. Proses pengembangan dan validitas media Flipbook berbantuan Canva akan dikaji dalam penelitian ini, serta apakah pengembangan media Flipbook berbantuan Canva mampu meningkatkan literasi digital siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikombinasikan dengan pendekatan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian ADDIE, yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sebanyak 24 siswa kelas IV di SDN Sumberasri 02 di Kecamatan Nglegok menjadi subjek penelitian ini. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan meliputi dokumentasi, survei, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, ahli bahasa mendapatkan 82,5% dengan kategori "Sangat Valid", ahli materi mendapatkan 94%, dan penilaian ahli media terhadap kevalidan media mendapatkan 92,5% dengan kategori yang sama. Skor peningkatan literasi digital siswa melalui media Flipbook adalah 0,68 dengan kategori “sedang” dan 95% dari respon guru dengan kategori “Tinggi”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media Flipbook berbantaun Canva mampu meningkatkan literasi digital siswa.


Keywords


Flipbook, Canva, Literasi Digital

Full Text:

PDF

References


Aholongan, Anggi, Suripah Suripah, Sindi Amelia, dan Fitriana Yolanda. “Minat Peserta Didik Terhadap Penggunaan Software Algebrator Sebagai Media dalam Proses Pembelajaran Daring pada Materi Bilangan.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.736.

Alfi, C., S. Sumarmi, dan A. Amirudin. “Pengaruh pembelajaran geografi berbasis masalah dengan blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1, no. 4 (2016).

Alfi, Cindya, Mohamad Fatih, dan Khilyatul Izah Islamiyah. “Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual 6, no. 2 (2022).

Arikunto, Suharsimi. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, dan Penilai.” Penelitian Tindakan Kelas., 2007.

Fatih, Mohamad. “Pengembangan Media Pembelajaran Saintifik berbasis Multimedia melalui Model Discovery Learning (Studi pada Tema Selamatkan Mahkluk Hidup Kelas 6 SDN Kepanjenkidul 2 Kota Blitar).” JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual 2, no. 2 (2018).

Fauziah, Ma’rifatul, dan Mohamad Fatih. “Pengembangan Media Interaktif Sparkol Videoscribe Sistem Pencernaan Manusia untuk Kelas V di SDN Damarwulan 1 Kabupaten Kediri.” Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 6, no. 3 (2021): 596. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i3.697.

Hayati, Sri, Agus Setyo Budi, dan Erfan Handoko. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 4 (2015).

Khofifah, Narizka Nurul, Cindya Alfi, dan Mohamad Fatih. “Pengembangan Scrapbook Berbasis PJBL Materi Kekayaan Budaya Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 02 (2023).

Rahmah, Rela, Herawati Susilo, dan Lia Yuliati. “Pengembangan Media Interaktif Tema ‘Sehat itu Penting’ untuk Meningkatkan Literasi Digital pada Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14388.

Resmini, Setya, Intan Satriani, dan M Rafi. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Abdimas Siliwangi 4, no. 2 (2021).

Sari, Widya Nindia, dan Mubarak Ahmad. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021).

Suciutari, Dharma. “Model Pembelajaran Accelerated Learning Berfasilitas Multimedia Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Iii Kecamatan Semarapura.” Universitas Pendidikan Ganesha, 2013.

Sugiyono. “metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan).” (2019).

Tanjung, Rahma Elvira, dan Delsina Faiza. “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) 7, no. 2 (2019). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riska Dwi Bastian, Cindya Alfi, Mohamad Fatih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://journal.napri.gov.ng/