Pengaruh Bahan Ajar Multimedia Berbasis Google Site Terhadap Hasil Asesmen Sumatif Pada Pembelajaran Gaya di Sekitar Kita
Abstract
Kurikulum merdeka mengindikasikan agar setiap peserta didik tidak hanya mendapatkan nilai tinggi pada setiap mata pelajaran yang diberikan oleh guru, tetapi memiliki keahlian yang berbeda-beda namun mampu menghadapi tantangan pendidikan di era 4.0 dengan menunjang keterampilan peserta didik dalam pemecahan masalah dan berpikir kritis. Namun fenomena yang terjadi adalah kurangnya bahan ajar yang menjadi pedoman guru dalam pembelajaran terutama pada daerah terpencil dikarenakan akses yang ditempuh cukup sulit sehingga belum meratanya pembagian bahan ajar oleh pemerintah. Sehingga, kebutuhan belajar peserta didik tidak terpenuhi sehingga akan berpengaruh pada hasil asesmen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketidaksamaan hasil asesmen sumatif peserta didik antara kelompok yang diberikan perlakuan dengan bahan ajar visual berupa buku serta kelompok yang menggunakan bahan ajar multimedia berbasis google site, dan untuk mengetahui peningkatan hasil asesmen sumatif peserta didik materi gaya di sekitar kita kelas IV SD setelah menggunakan bahan ajar multimedia berbasis google site. Metode yang digunakan sebagai pedoman dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Sodonghilir pada 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol serta kelompok eksperimen. Adapun subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV yang telah menggunakan kurikulum merdeka. Sampel penelitian diikuti oleh 31 peserta didik pada kelas kontrol dan 31 peserta didik pada kelas eksperimen. Hasil posttest pada kelompok eksperimen yang berjumlah 31 peserta didik (88.65) lebih tinggi dari kelompok kontrol rata-rata nilai posttest sebesar (68.34). Begitu pula dalam peningkatan hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen lebih tinggi mencapai 0.7687307 daripada kelompok kontrol yang mencapai 0.4592. Adapun besaran pengaruh bahan ajar multimedia berbasis google site pada hasil asesmen sumatif lebih tinggi mencapai 62.25% daripada besaran pengaruh bahan ajar visual berupa buku teks yang mencapai 17.14%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gustiana, Eriska, Dodik Mulyono, and Andri Valen. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Berbantu Qr Code Di SD Negeri 53 Lubuklinggau terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sekolah Dasar.” JURNAL EDUSCIENCE 9, no. 2 (August 11, 2022). https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2581.
K.A. Nalasari, N.K. Suarni, and I.M.C. Wibawa. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 11, no. 2 (October 18, 2021). https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658.
Kosasih, E. Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara, n.d.
Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, and Netty Heriwati Henrika Turnip. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar” 1 (2022).
Monitha, Novia, Encep Andriana, Trian Pamungkas Alamsyah, and Nana Hendracipta. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Sd Negeri Serang 20.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 2 (April 28, 2022). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8551.
Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik, Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. SURVEY PENGGUNAAN TIK 2017: Serta Implikasinya Terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. KOMINFO, 2017. http://www.kominfo.go.id.
Retno Palupi, Dyah Ayu, Kharisma Eka Putri, and Bagus Amirul Mukmin. “Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3, no. 1 (November 12, 2022). https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123.
Saputra, Ibnu Aji, and Endang M Kurnianti. “INNOVATIVE: Volume 2 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education,” n.d.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.,” n.d.
Selian, Suandi, and Dodi Irwansyah. “Pengembangan Kurikulum Pencak Silat Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 1, no. 1 (October 18, 2018). https://doi.org/10.34007/jehss.v1i1.5.
Syari, Elsy Melia, Ramadhan Sumarmin, and Yuni Ahda. “Pengembangan Bahan Ajar Dilengkapi Video Pembelajaran Dengan Pendekatan CTL Pada Materi Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Untuk Kelas V SD,” n.d.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i4.4109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.