Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas 5C di Sekolah Dasar

Nuzulul Muluk Sulaiman, Andhin Dyas Fitriani, Ridwan Zailani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas hasil belajar Peserta didik pada kelas V mata pelajaran IPAS materi kestabilan suatu ekosistem. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penerapan model pembelajaran selama proses belajar mengajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan aktivitas hasil belajar Peserta didik kelas I pada kelas V mata pelajaran IPAS materi kestabilan suatu ekosistem. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Mc. Taggart, yang mengikuti sistem spiral empat langkah: merencanakan, bertindak, mengamati, dan merefleksikan. Penelitian ini dilaksanakan pada Peserta didik kelas V SDN 128 Haurpancuh Kota Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar Peserta didik meningkat di setiap siklus. Data awal aktivitas belajar Peserta didik tercatat sebesar 54,4%, meningkat menjadi 65% pada siklus I dan 86,4% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar Peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS materi kestabilan suatu ekosistem tahun ajaran 2024/2025.


Keywords


Aktivitas Belajar Peserta Didik, Problem Based Learning (PBL), IPAS

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Yenny Eka, Andista Candra Yusro, and Sumariyanto. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 2 Tegalombo.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan 8, no. 2 (September 1, 2023). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8435.

Ayunda, Sonia Nurul, Lufri Lufri, and Heffi Alberida. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Lkpd Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Journal on Education 5, no. 2 (January 27, 2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232.

Fadilla, N, L Nurlaela, T Rijanto, S R Ariyanto, L Rahmah, and S Huda. “Effect of Problem-Based Learning on Critical Thinking Skills.” Journal of Physics: Conference Series 1810, no. 1 (March 1, 2021). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012060.

Irawati, I. “Application of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model Improves Students’ Cooperation Attitude.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES) 3, no. 3 (November 26, 2020). https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57093.

Kasuma, Yeni. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).” Jurnal Basicedu 7, no. 5 (November 1, 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6123.

Kurniawati, Septiani Evi. “Application of Problem Based Learning (PBL) Learning Model Environment-Based as an Effort to Improve the Quality of Class V SD Negeri Patemon 02 Semarang.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES) 3, no. 4 (2020). https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53244.

Maulana, Mantiko Parbo, Febrian Solikhin, and Krisna Dewi. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia Sman 3 Kota Bengkulu.” Jurnal Zarah 9, no. 2 (October 29, 2021). https://doi.org/10.31629/zarah.v9i2.3110.

Muah, T. “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9b Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015smp Negeri 2 Tuntang -Semarang.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 1 (February 17, 2016). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53.

Prabowo, WHG, S Suneki, FP Artharina, Filia Prima Artharina, and Mujilah Mujilah. “Analisis Model PBL Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Sambirejo 02 Semarang.” Urnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (September 23, 2023). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9733.

Pratiwi, Dini Aulia, Nana Djumhana, and Ani Hendriani. “Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD.” JPGSD : Jurnal Pendidikan Guru Sekiolah Dasar 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i1.30045.

Suhirman, S, and I Ghazali. “Exploring Students’ Critical Thinking and Curiosity: A Study on Problem-Based Learning with Character Development and Naturalist Intelligence.” International Journal of Essential Competencies in Education 1, no. 2 (December 30, 2022). https://doi.org/10.36312/ijece.v1i2.1317.

Tiana and Tika Puspita Widya Rini. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PBL, TPS, Dan Make a Match Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 2, no. 4 (October 19, 2023). https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2261.

Widha, Taranggana Lelana, Dani Slamet Pratama, and Maftukin Hudah. “Efektivitas Model Pembelajaran PBL Dan Kolaboratif Melalui Media Googleclassroom Terhadap Hasil Kognitif Siswa Kelas XI SMA N 1 Wadaslintang.” Journal of Physical Activity and Sports (JPAS) 3, no. 1 (April 30, 2022). https://doi.org/10.53869/jpas.v3i1.169.

Y Moiyo, TJ Buhungo, and T Abdjul. “Analisis Keefektifan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Materi Fluida Statis.” Jurnal Jendela Pendidikan 4, no. 2 (May 25, 2024). https://doi.org/10.57008/jjp.v4i02.714.

Yulianto, Henricus Totok, Atik Tusmiyati, and Heni Widiastuti. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl).” Teaching and Learning Journal of Mandalika (Teacher) 4, no. 1 (April 28, 2023). https://doi.org/10.36312/teacher.v4i1.128.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nuzulul Muluk Sulaiman, Andhin Dyas Fitriani, Ridwan Zailani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto