Efektivitas Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Islam Daarul Fikri Malang

Rosbianti Rosbianti, Ahmad Barizi, Nurul Kawakib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dua hal. Pertama, mengidentifikasi apakah metode tilawati efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Islam Daarul Fikri Malang. Kedua menganalisis mengapa metode tilawati efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Islam Daarul Fikri Malang. Penelitian ini didesain dalam bentuk pendekatan mix metod yang mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Adapun penelitian kuantitatif dengan jenis tes berupa pre-tes dan post-tes, dilakukan dengan mengetes bacaan Al-Qur’an siswa secara langsung. Sedangkan pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan (1) observasi partisipatif, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi untuk memperkuat data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keefektifan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SD Islam Daarul Fikri Malang terlihat dari hasil analisis uji t dimana hasil analisis uji t nilai pre test dan post test, nilai thitung sebesar -3,5 dengan derajat kebebasan sebesar 58 maka ttabel = 2,000. Sehingga H1 diterima dan Ho ditolak, dengan kesimpulan ada peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SD Islam Daarul Fikri Malang dengan menggunakan metode tilawati. Pembelajaran yang didukung dengan metode tilawati yang dirancang dengan struktur yang sistematis, fokus pada perbaikan bacaan, penggunaan media dalam pembelajaran, pendekatan yang ramah anak dan evaluasi yang konsisten dilakukan menjadikan metode tilawati ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SD Islam Daarul Fikri Malang.


Keywords


Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, SD Islam Daarul Fikri Malang

Full Text:

PDF

References


Abror, Indal. Metode Pembelajaran A-Qur’an. Yogyakarta: Suka-Press, 2022.

Agama, Kementerian. Al-Qur’an Al-Karim SAMARA. Surabaya: Halim, 2016.

Anam, Moh. Khoirul. “Efektivitas Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Penggunaan Alat Peraga Metode Tilawati.” Institut PTIQ Jakarta, 2021.

Annuri, Achmad. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur‟an Dan Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2020.

Astuti, Widi, and Ratri Nugraheni. “Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran.” Jurnal Ihtimam 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.36668/jih.v4i2.307.

Azzahra, Tasya, Asep Dudi Suhardini, and Fitroh Hayati. “Efektivitas Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar IT Salman Al-Farisi Bandung.” Bandung Conference Series: Islamic Education 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.3346.

Hasan, Abdurrahim. Strategi Pembelajaran Al-Qur`an Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al-Qur`an Nurul Falah, 2010.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. bandung: Rosdakarya, 2011.

Iffatunnuha. Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‘an (BTQ) Mahasiswa Angkatan 2015 Prodi PAI. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

KBBI, Tim Redaksi. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT.Gramedia, 2010.

Mahdali, Fitriyah. “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis 2, no. 2 (2020). https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664.

Muaffa, Ali. Strategi Pembelajaran Alquran Metode Tilawati, Edisi Revisi. surabaya: Pesantren Alquran Nurul Falah PTT VB, 2017.

Nurhayah, Nurhayah, and Muhajir Muhajir. “Implementasi Metode Tilawati Dan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Di SD Islam Al-Azhar Dan SDIT Nur El-Qolam Kabupaten Serang ).” Qathrunâ 7, no. 2 (2020).

Pribadiyanto, Egi Eka. “Penerapan Metode Tilawati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Peserta Didik.” Gunung Djati Conference Series ISLAMIC RELIGION EDUCATION CONFERENCE I-RECON 10 (2022).

Riyanto, Astim. Proses Belajar Mengajar Efektif Di Perguruan Tinggi. Bandung: Yapemdo, 2003.

Rouf, Abdur. Strategi Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode Tilawati. Surabaya: Ponpes Al-Falah, 2010.

Saputri, Rafi. Psikolog Islam Tuntunan Jiwa Manusia Modern. Jakarta: PT.Raja Grafindo, 2009.

Silvia, Ade. “Mengembangkan Edukasi Baca Tulis Al-Qur’an Dan Pola Hidup Sehat Di Taman Pendidikan Al-Qur’an Qurratu’ain” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ,” 1, 2021.

Suyadi. Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Al-Fabeta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rosbianti, Ahmad Barizi, Nurul Kawakib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto