PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SE-KABUPATEN SAMBAS

Arnadi Arnadi, Purniadi Putra, Hamdah Hamdah

Abstract


Tujuan dalam penelitian; mendiskripsikan dan menganalisis dari hasil penelitian MIN Se-Kabupaten Sambas yang berjumlah 68 guru. Pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji validitas instrumen dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan koefisien alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi sebesar 0.029 dan besarnya pengaruh 0.070 (7%) (2) memiliki nilai signifikansi sebesar 0.459 (45.90%) dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan signifikansinya sebesar 0.00 dan 0.521 (52.10%) artinya pengaruh antara variable supervisi kepala madrasah dan kompetensi guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) artinya memiliki kekutan tinggi. Implikasi penelitian ini pentingnya peningkatan kinerja guru yaitu peningkatan supervisi kepala madrasah harus dilakukan dengan baik baik dari perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi serta tindak lanjut supervisi sehingga guru mendapatkan pembinaan, perhatian dan pengawasan yang baik, dan merasakan bahwa dengan adanya supervisi kepala madrasah, guru dapat meningkatkan kompetensi dan kinerjanya. Semakin baik supervisi kepala madrasah yang dilakukan maka akan semakin baik pula kompetensi dan kinerja guru.

Keywords


Supervisi Kepala Madrasah, Kompetensi Guru dan Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Abas, Erjati, Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru (Jakarta: PT Elex Media Kompotindo, 2017)

Da’i Wibowo, ‘Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru’ (Universitas Negeri Semarang, 2009)

E.Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2012)

Faozi, Imam Nur, ‘Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Madrasah Ibtidaiyah Istiqomah Sambas Purbalingga’ (Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016)

Hasanah, Miftahul Laili, and Muhammad Kristiawan, ‘Supervisi Akademik Dan Bagaimana Kinerja Guru’, Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3.2 (2019), 97

Hoque, Kazi Enamul, Husaina Banu Bt Kenayathulla, Malar Vili D/O Subramaniam, and Reazul Islam, ‘Relationships Between Supervision and Teachers’ Performance and Attitude in Secondary Schools in Malaysia’, SAGE Open, 10.2 (2020)

Imah, Cik, ‘Pengaruh Supervisi Kepal madrasah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Se- Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin’, Jurnal Administrasi Pendidikan UM Palembang, 1.2 (2018), 65–77

Kaspullah, Purniadi Putra, and Imelda Wulandari, ‘Pengaruh Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Guru Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten Sambas’, Jurnal Pendidikan Inspiratif, 9.2 (2018), 110–27

Kurniasih, Lilik, ‘Pengaruh Kompetensi Guru, Iklim Organisasi Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/ 2018’, 187 (p. Hlm.118).’, 1.1 (2018)

Mawarni, Riska, and Chiar Sukmawati, ‘Supervisi Akademik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas’, Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6.1 (2017), 1–17

Moh Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010)

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru, 2002)

Ningrum, omang Septia Cahya, ‘Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja’, 7.12 (2016)

Nomor. 14 Tahun 2005, Dosen, Tentang Guru dan, Undang-Undang R.I (Jakarta, 2005), p. 2

Putra, Purniadi, ‘Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi Dan Belum Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MIN Se-Kabupaten Sambas’, JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1.1 (2017), 14–26

Sanders, Mavis G., Dian Lukmansyah, Rahma Danniarti, and Dewi Susanti, Moh. Rois, Fartika Ifriqia, ‘Supervisi Pendidikan Volume 1, No. 1, Juli-Desember 2017’, American Journal of Education, 1.2 (2017), 233–55

Supardi, ‘Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Kinerja Guru’, Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11.1 (2017), 63–70

Susanto, Hary, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 2.2 (2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i2.414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.