Peran Guru Pendamping Khusus Dalam Mengembangkan Emosional Anak Autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin

Muhammad Iqbal Ansari, Barsihanor Barsihanor, Nirmala Nirmala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendamping khusus dalam mengembangkan emosional anak autisme di Kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjaramasin, serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru pendamping Khusus dalam mengembangkan emosional anak autisme di kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatiif dengan jenis pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian kepala sekolah, Guru pendamping khusus dan wali kelas. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru pendamping khusus dalam mengembangkan emosional anak autis di kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin: 1) motivator, 2) Fasilitator, 3) Mediator 4) Pembimbing 5) Pendamping. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru pendamping khusus dalam mengembangkan emosional anak autisme di kelas 1 A SDIT Al-Firdaus Banjarmasin adalah: 1) Peran Lingkungan Keluarga, 2) Peran Lingkungan Sekolah.

Keywords


Peran Guru Pendamping Khusus; Emosional, Anak Autisme

Full Text:

PDF

References


Depertemen Agama Republik Indonesia (2017), Al- Qur’an Waqaf dan Ibtida Jakarta: Suara Agung. Dieni Laylatul Zakia. (2015). Meretas Sukses Publikasi Imliah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi”. Surakarta. Makalah Seminar Nasional Pendidikan UNS & ISPI Jawa Tengah. ISBN: 978-979-3456-52-2. Elizabeth Hurlock Elizabeth, (1998) Perkembangan Anak,Jakarta, Erlangga. Eni Purwaningsih, (2017) Skripsi. “Implementasi Pendampingan Khusus Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Autis Melalui Guru Pendampingan Khusus di SD Al-Firdaus Surakarta” Surakarta:Univrsitas Muhammadiyah Surakarta . Falatansya,(2018) Peran Guru Pendamping Khusus dalam mengatasi Perilaku Hiferaktif Siswa Kelas III MI Muhammadiyah PK Kartasura, skripsi Surakarta: PGSD Surakarta. Fathiyah (2019, September 20) anak berkebutuhan khusus.(Nirmala, Iinterviewer) Goleman Daniel, (2015) kecerdasan emosional mengapa EL lebih penting daripada IQ, Jakarta,:Gramedia Pustaka Utama. Goleman, (2000) “Working With Emotional Intelligence (Terjemahan)” Jakarta: Gramedia. Hamalik Umar,(2010) Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung:Rosda Karya. Hasan, (2010)”Pendidikan anak usia Dini, Yogyakarta :Diva Press. Hoerr Thomas R. (2007) buku kerja, multiple intelligences. Bandung: Mizan Pustaka. Kompasiana, Data anak autis Belum akurat,https://www. kompasana.com/yos08/data-anak-autisme-belum akurat dikutip pada tanggal 14 desember 2019. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, sekolah ingklusi dan Pembangunan SLB dukung pendidikan ingklusi,www.kemendikbud.go.id, dikutip tanggal 20 Desember 2019. Laylatul, “Meretas Sukses Publikasi Imliah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi”. Surakarta. Makalah Seminar Nasional Pendidikan UNS & ISPI Jawa Tengah 2015. ISBN: 978-979-3456-52-2. Loree Bridges, (1970)“Psikologi Belajar”( Ciputat: Logos Wacana Ilmu. Maulana, (2010) Anak Autis, Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Jogjakarta: Ar-Rruz Media Group. Noer Rohmah, (2012) Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras. Nur Amelia Amanah,(2017) skripsi : “Pengembangan Kecerdasan Emosional pada pembelajaran PAI Di kelas Igklusi SD Negeri Tanjung Kabupaten Banyumas.Purwokerto: PS PAI Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.