Pengembangan Modul Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Flipbook Tingkat SD/MI dengan Karakter Kearifan Lokal Wilayah Tapanuli Bagian Selatan

Herman Pelangi, Rizky Ariaji, Ihsan Siregar

Abstract


Pengembangan modul sejarah kebudayaan islam pada kurikulum merdeka berbasis flipbook tingkat SD/MI sederajat dengan karakter dalam kearifan lokal wilayah tapanuli bagian selatan Provinsi Sumatera Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana produk dan hasil uji kelayakan pada pengembangan modul sejarah kebudayaan islam pada kurikulum merdeka berbasis flipbook tingkat SD/MI sederajat dengan karakter dalam kearifan lokal wilayah tapanuli bagian selatan Provinsi Sumatera Utara sesuai dengan standar BSNP. Tujuan penelitian ini adalah Mengembangkan modul Sejarah Kebudayaan Islam berbasis flipbook yang sesuai dengan karakteristik siswa SD/MI. Metodologi R&D dalam penelitian pendidikan wajib menghasilkan produk atau layanan yang efisien terkait dengan praktik pedagogis atau pendidikan, Plomp mengusulkan desain model dengan lima langkah. Pengembangan yang diperoleh menjadi e-book, video pembelajaran, alat evaluasi digital Produk Bahan Ajar modul berupa Flipbook Tingkat SD/MI sederajat Dengan Karakter Dalam Kearifan Lokal. Dalam penelitian ini diperoleh kriteria validitas nilai rata-rata dari aspek uji kelayakan isi, bahasa, penyajian, kegrafikan sebesar 3,15 (Cukup valid dan perlu revisi). Hal tersebut bersamaan dengan saran perbaikan dari masing-masing validator yang terdiri dari 20 orang guru sekolah dasar yang tersebar dalam 5 kabupaten/kota yang dilakukan secara acak.


Keywords


Flipbook, Karakter, Kearifan, Lokal, Merdeka

Full Text:

PDF

References


A, Muhammad Abror, Nunuk Suryani, and Deny Tri Ardianto. “Digital Flipbook Empowerment as A Development Means for History Learning Media.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 8, no. 2 (March 13, 2020). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.24122.

Akker, Jan van den, Brenda Bannan, Anthony E. Kelly, Nienke Nieveen, and Tjeerd Plomp. “An Introduction to Educational Design Research.” In SLO • Netherlands Institute for Curriculum Development. Netherlands: Netzodruk, Enschede, 2007.

Amalia, Silvia Nisa, and Moh. Fathurrahman. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pelajaran IPS.” Joyful Learning Journal 12, no. 1 (March 28, 2023). https://doi.org/10.15294/jlj.v12i1.68004.

Andini, Gita Tri. “Manajemen Pengembangan Kurikulum.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 3, no. 2 (June 24, 2019). https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5008.

Ariaji, Rizky, and Abubakar Abubakar. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kimia Di SMA/MA Kelas X Terinternalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa.” Eksakta: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA 2, no. 2 (September 21, 2017). http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v2i2.101-108.

Ariaji, Rizky, and Andes Fuady Dharma Harahap. “Pengembangan Buku Penuntun Praktikum IPA Terpadu Kelas VII Semester Ganjil Dengan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Di Kabupaten Labuhan Batu Selatan.” Jurnal Pendidikan Biologi 7, no. 2 (October 17, 2018). https://doi.org/10.24114/jpb.v7i2.10597.

Ariaji, Rizky, Sahlan Tuah, Andes Fuady Dharma Harahap, and Benny Sofyan Samosir. Metode Research and Development (R&d) : Desain Penelitian Pendidikan Dan Alternatif. UM-Tapsel Press, 2022.

Astuti, Astuti, and Ahmad Syakir. “Tahap Preliminary Research Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Game pada Materi Persamaan Trigonometri di Kelas XI MIA.” Journal On Education 2, no. 3 (June 16, 2020). https://doi.org/10.31004/joe.v2i3.318.

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11, no. 1 (February 3, 2017). https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Cantika, Varary Mechwafanitiara. “Prosedur Pengembangan Kurikulum (Kajian Literatur Manajemen Inovasi Kurikulum).” Inovasi Kurikulum 19, no. 2 (August 26, 2022). https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44220.

Daniah, Daniah. “Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter.” PIONIR : Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (December 17, 2016). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3356.

Darling, Sophie. “How Are Book Covers and Their Components Represented in the Digital Market?” Interscript Journal 2 (June 24, 2019). https://doi.org/10.14324/111.444.2398-4732.004.

Deslauriers, Louis, Logan S. McCarty, Kelly Miller, Kristina Callaghan, and Greg Kestin. “Measuring Actual Learning versus Feeling of Learning in Response to Being Actively Engaged in the Classroom.” Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) 116, no. 39 (September 24, 2019). https://doi.org/10.1073/pnas.1821936116.

Febrina, Reza, Fitri Arsih, Heffi Alberida, and Muhyiatul Fadilah. “Analisis Kebutuhan Modul Interaktif Materi Virus Berbasis Website Google Sites Untuk Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 4 (October 30, 2023). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1676.

Hapsari, Happy Tias, Riyadi Riyadi, and Tri Budiharto. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Flipbook Melalui Canva Pada Materi Satuan Waktu Untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar.” Didaktika Dwija Indria 11, no. 4 (November 22, 2023). https://doi.org/10.20961/ddi.v11i4.76724.

Laili, Ismi, Ganefri Ganefri, and Usmeldi Usmeldi. “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 3 (November 13, 2019). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.

Lestari, Sri. “Pengembangan Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (ISMUBA) Di SD Muhammadiyah Bendo Kulon Progo.” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 10, no. 1 (January 5, 2022). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6458.

Magdalena, Ina, Adelia Ramadhanty Wahidah, Gestika Rahmah, and Sevira Claudia Maharani. “Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 SD Negeri Pangadegan 2.” PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 3 (December 31, 2020).

Mantoviana, Tiffany, Linda Advinda, Moralita Chatri, and Dwi Hilda Putri. “Development of Interactive Multimedia Learning Science-Biology Using Macromedia Flash 8 for Class VIII Students of SMPN 34 Padang.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9, no. 12 (December 15, 2023). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5028.

Mondal, Nilay, and Arjun Chandra Das. “Overview Of Curriculum Change: A Brief Discussion.” EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR) 7, no. 3 (March 29, 2021).

Mulia, Nanta, Linda Advinda, Syamsurizal, and Yuni Ahda. “Pengembangan E-Modul Berbasis Android Berbentuk Flipbook Pada Materi Sistem Ekskresi Dan Sistem Koordinasi Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 10, no. 5 (May 25, 2024). https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7237.

Nurhasanah, Ana, Reksa Adya Pribadi, and M. Dapid Nur. “Analisis Kurikulum 2013.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 07, no. 02 (December 31, 2021). https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.239.

Nurhasnah, Nurhasnah, Windy Kasmita, Prima Aswirna, and Firsty Indah Abshary. “Developing Physics E-Module Using ‘Construct 2’ to Support Students’ Independent Learning Skills.” THABIEA : Journal of Natural Science Teaching 3, no. 2 (November 14, 2020). https://doi.org/10.21043/thabiea.v3i2.8048.

Prasetyo, Arif Rahman, and Tasman Hamami. “Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum.” PALAPA 8, no. 1 (May 17, 2020). https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692.

Purwadhi, Purwadhi. “Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan 4, no. 1 (May 1, 2019). https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968.

Puspita, Ervhy Indra, Tin Rustini, and Dinie Anggraeni Dewi. “Rancang Bangun Media E-book Flipbook Interaktif Pada Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Sekolah Dasar.” Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) 1, no. 2 (September 11, 2021). https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307.

Qolbi, Satria Kharimul, and Tasman Hamami. “Impelementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (May 22, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511.

Razak, Abdul, Prima Aswirna, Windy Kasmita, and Wetri Yesmoneca. “Development of Android-Based Interactive Teaching Materials Using the Ispring Application with Insight into Sustainable Development.” Proceeding of International Conference on Biology Education, Natural Science, and Technology 1, no. 1 (October 25, 2023).

Rindaryati, Nurwahyu. “E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5, no. 2 (April 30, 2021). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31240.

Rini, Denik Ristya, Ike Ratnawati, and Retno Tri Wulandari. “The Development of a Flip Book as an Online Learning Media.” KnE Social Sciences, June 2, 2021. https://doi.org/10.18502/kss.v5i6.9209.

Rochayati, Umi, and Kusuma Setyawati. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Teknik Elektronika Kelas X Teknik Elektronika Di SMKN 1 Giritontro.” Jurnal Ilmiah WUNY 6, no. 1 (March 29, 2024). https://doi.org/10.21831/jwuny.v6i1.67344.

Sanusi, Syamsu, and Misran Misran. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Al-Islam Kemuhammadiyahan.” Kelola: Journal of Islamic Education Management 4, no. 2 (October 29, 2019). https://doi.org/10.24256/kelola.v4i2.871.

Septianti, Nevi, and Rara Afiani. “Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2.” AS-SABIQUN 2, no. 1 (March 31, 2020). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Sriwahyuni, Indah, Eko Risdianto, and Henny Johan. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA.” Jurnal Kumparan Fisika 2, no. 3 (December 31, 2019). https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152.

Sunardi, Sunardi. “Implementasi Kearifan Lokal Jawa Dalam Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Masyarakat Salatiga).” Satya Widya 37, no. 1 (January 11, 2022). https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p72-78.

Syahrial, Asrial, Dwi Agus Kurniawan, and Suci Okta Piyana. “E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi.” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 21, no. 2 (August 31, 2019). https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11030.

Syaiful, Syaiful, Urai Salam, and Haratua Tiur Maria. “Pengembangan E-Modul Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Ekskresi Pada Manusia.” Academy of Education Journal 14, no. 2 (August 12, 2023). https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1936.

Syamsurizal, S., and Riska Ardianti. “Booklet Sistem Koordinasi Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA/MA.” Journal for Lesson and Learning Studies 4, no. 3 (December 5, 2021). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38685.

Umami, Jazilia, and Muhammad Suwignyo Prayogo. “Pengaruh Penggunaan E-Modul Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Tingkat Sekolah Dasar.” Awwaliyah: Jurnal PGMI 4, no. 2 (December 16, 2021). https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.1697.

Wagiran, Wagiran. “Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hamemayu Hayuning Bawana (Identifikasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya).” Jurnal Pendidikan Karakter 3, no. 3 (April 1, 2013). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1249.

Yahdiyani, Yahdiyani, Helendra Helendra, and Hayyu Yumna. “Kebutuhan E-Modul Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Peserta Didik Kelas XI.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 6, no. 1 (March 30, 2022). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.39166.

Yulaika, Nina Fitriya, Harti Harti, and Norida Canda Sakti. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan 4, no. 1 (June 12, 2020). https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76.

Zulhelmi, Zulhelmi. “Pemanfaatan Kvisoft Flipbook Maker Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5, no. 2 (May 8, 2021). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31209.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Herman Pelangi, Rizky Ariaji, Ihsan Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto