Pengelolaan Kelas di sekolah Dasar: Hambatan-Hambatan yang Dihadapi Guru dan Solusinya dalam Manajemen Kelas di SD Sana Tengah 1
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi pendidik dalam mengelola kelas serta solusi yang diterapkan di SD Sana Tengah 1. Pengelolaan kelas menjadi elemen penting dalam membentuk lingkungan belajar yang tenang bagi siswa. Beberapa hambatan yang ditemukan meliputi faktor guru, siswa, fasilitas, dan kurikulum. Faktor guru mencakup kepemimpinan, metode pengajaran yang monoton, serta kurangnya pemahaman tentang perkembangan siswa. Faktor siswa terkait dengan perilaku siswa yang tidak tertib, kurangnya kesadaran akan hak dan kewajiban, serta dominasi atau favoritisme dari orang tua. Fasilitas sekolah yang kurang memadai, seperti ruang kelas yang kecil dan minimnya alat pendukung, juga menjadi penghalang dalam manajemen kelas. Di sisi lain, kurikulum yang kurang fleksibel menambah tantangan dalam menciptakan proses belajar yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi, wawancara, dan telaah dokumen untuk mengumpulkan data. Solusi yang diterapkan mencakup tindakan preventif, seperti memberikan pemahaman tentang disiplin kepada siswa dan menciptakan suasana belajar yang inklusif. Selain itu, tindakan korektif dilakukan untuk mengatasi perilaku menyimpang melalui bimbingan dan pemberian sanksi yang mendidik. Kolaborasi dengan pihak sekolah dan komite juga berperan penting dalam memperbaiki pengelolaan kelas. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat menyumbangkan pemikiran bagi peserta didik dalam meningkatkan manajemen kelas dan memberikan masukan kepada sekolah untuk menyediakan fasilitas yang lebih baik. Penelitian ini juga menekankan pentingnya kerja sama antara pendidik, peserta didik, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriza. Manajemen Kelas. Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2014.
Aluf, Wilda Al. “Strategi Pimpinan Madrasah dalam menumbuhkan Religious Culture di MIN 2 Pamekasan” 13, no. 3 (2024).
Astrini, Munira, dan Alfiati Syafrina. “Hambatan-Hambatan Yang Dihadapi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Sd Negeri 71 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2017.
Djamarah Syaiful Bahri, Azwan Zein. Strategi belajar mengajar. 4 ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Djamarah Syaiful Bahri, Zein Aswan. Strategi belajar mengajar. 5 ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Ervina, Puspitaningrum. “Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Sd Negeri Minomartani 2.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2017.
Euis Karwati , Donni Juni Priansa. Manajemen kelas (classroom management) : guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi. 1 ed. Bandung: Alfabeta, 2014.
Isnanto, Isnanto, Samsi Pomalingo, dan Meldiana N Harun. “Strategi Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Glasser 4, no. 1 (21 April 2020). https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.392.
J. Mursell, S. Nasution. Mengajar dengan sukses (successful teaching). 2 ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Khotimah, Annisaa Khusnul, dan Sukartono Sukartono. “Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (27 April 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2940.
Kompri. Motivasi pembelajaran : Perspektif guru dana siswa. 2 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
M Reihan Hardisyah P, Nur Maulidah Umi F, dan Abdullah Zaini. “Identifikasi Kesulitan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SMK Ihyaul Ulum Dukun Gresik.” Madaniyah 14, no. 1 (28 Februari 2024). https://doi.org/10.58410/madaniyah.v14i1.654.
Mubarrok, Hosni. Ketika Guru dan Siswa Saling Bercermin (Kajian Refleksi Diri, Membangun Motivasi Menuju Perbaikan Diri). Elex Media Komputindo, 2017.
Nata, H. Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.
Purnomo, Andri Cahyo. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman 2, no. 1 (30 April 2022). https://doi.org/10.55883/jipkis.v2i1.22.
Sardiman A. M. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.
Skinner, B F. “Science And Human Behavior,” Massachusetts: The B.F. Skinner Found-ation, 2005.
Sunhaji, Sunhaji. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 2, no. 2 (1 Januari 1970). https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.551.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru profesional: pedoman kinerja, kualifikasi & kompetensi guru. Cetakan I, 2013. Sleman, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Suwardi, Daryanto. Manajemen peserta didik. 1 ed. Yogyakarta: Gava Media, 2017.
Wahyuni Dai, Sri. “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolang.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (Online) 1 (2015).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wilda Al Aluf, Triyo Supriyatno, Bintoro Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.