Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Bima

Mas’ah Mas’ah, St. Hadijah, Syarifuddin Syarifuddin, Abdus Sahid, Abdul Haris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Bima. Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya penting dalam membentuk sikap, perilaku, dan nilai-nilai positif pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di MIN 3 Bima dilakukan melalui berbagai kegiatan keagamaan yang rutin, seperti sholat berjamaah, doa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca Al-Qur'an, dan kegiatan keagamaan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai rutinitas harian, tetapi juga sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai religius, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerjasama antar siswa. Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan waktu dan sumber daya untuk melaksanakan kegiatan keagamaan secara konsisten. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembiasaan kegiatan keagamaan merupakan salah satu strategi efektif dalam implementasi pendidikan karakter di MIN 3 Bima. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah terus memperkuat program-program keagamaan, meningkatkan keterlibatan semua pihak, serta menyediakan sumber daya yang memadai untuk mendukung keberhasilan pendidikan karakter.


Keywords


Pendidikan Karakter, Pembiasaan, Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Aprily, Nuraly Masum. “Implementation of Character Education Atmadrasah Ibtidaiyah (Mis) Az-Zahra Bandung City.” Dialog 43, no. 1 (2020).

Ashari, Arnadi, and Sri Sunantri. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Keistiqomahan Shalat Fardhu Siswa SMA Negeri 2 Galing.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i1.181.

Basri, Hasan, Andewi Suhartini, and Siti Nurhikmah. “Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 2 (2023). https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269.

Dinas Pendidikan. “Kegiatan Keagaman Di Sekolah Islam,” n.d. https://www.mediaeducations.com/2021/08/laporan-kegiatan-keagamaan-sekolah-islam.html.

DINI KUSNI MUZAHRO. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di MIN 4 Tulungagung.” Skripsi: Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, Pendidikan Guru MI, 2024.

Fashi Hatul Lisaniyah. “Manajemen Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja.” Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 13, no. 2 (2020). https://doi.org/10.51675/jt.v13i2.61.

Haris, Abdul, Program Studi Magister, Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. “RELIGIUS PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,” 2018.

Indah Suciati. “Character and Moral Education Based Learning in Students’ Character Development,” 3023. https://doi.org/https://www.doi.org/10.11591/ijere.v12i3.25122.

Machali, Imam Dr. S.Pd.I., M.Pd. Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitati, n.d.

Maria Dewi. “The Core Ethical Values of Character Education (Based on State Philosophy),” 2023. https://doi.org/https://www.doi.org/10.29062/edu.v7i2.663.

Maskuroh, Linatul. “Efektivitas Model Pembelajaran IPS Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Dinamika Sosial, Kebijakan, Dan Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan 11, no. 1 (2023). https://doi.org/10.24090/jk.v11i1.8357.

Masruroh, Nur Laelatul. “Implementasi Pendidikan Karakter Di SMA Bima Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.” Tesis Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam, 2019.

Najiyah, Siti Firqo, Senata Adi Prasetia, and Zayyin Nabiilah. “Religious Education Learning Practices Based on Local Wisdom in Islamic Schools.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11, no. 1 (2023). https://doi.org/10.36667/jppi.v11i1.1508.

Nomor, Volume, Januari Hal, Laili Novita Sari, and Ali As. “Memperkuat Pembentukan Sikap Religius Peserta Didik Melalui Pengenalan Asma ’ Ul Husna Di Sd Negeri 03 Balong” 2 (2024).

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, and Imam Taulabi. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan.” EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2, no. 1 (2020). https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995.

Pridayanti, Enok Anggi, Ani Nurani Andrasari, and Yeni Dwi Kurino. “Urgensi Penguatan Nilai-Nilau Religius Terhadap Karakter Anak SD.” Journal of Innovation in Primary Education 1, no. 1 (2022).

Rahma Sarita. “PENANAMAN NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS MELALUI PROGRAM IMTAQ BAGI SISWA MA DARUL MUHAJIRIN,” 2022.

Safiqo, Tatik. “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Strategi Pembelajaran PAI DI SMK IHYAUL DUKUH GRESIK,” no. 0 (2016).

Safitri, Latifah Nurul, and Hafidh ‘Aziz. “Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-08.

Setyawan, Bagus Wahyu, Chafit Ulya, Sa’adatun Nuril Hidayah, and Ku-Ares Tawandorloh. “Implementation of Islamic Approach-Based Curriculum in Madrasah Ibtidaiyah (MI) Boarding School to Strengthen Students’ Religious Character.” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 15, no. 1 (2023). https://doi.org/10.18326/mdr.v15i1.113-134.

Somad, Momod Abdul. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2 (2021). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882.

Sulistiyowati, Eni. “Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8, no. 2 (2013). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756.

Suryanto, Adi, Saliman Saliman, and Sudrajat Sudrajat. “Weakness of Character Education in Indonesian Teenager.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9, no. 5 (2023). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3721.

Uyun, Fina Ismatul. “Meningkatkan Religiusitas, Nasionalisme Serta Kedisiplinan Warga Sekolah Melalui Pembiasaan Positif.” Ghiroh 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.61966/ghiroh.v2i1.31.

Wahyuni, Sri, Bongguk Haloho, Ulung Napitu, and Corry Corry. “Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Terpadu.” Journal on Education 5, no. 4 (2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2794.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.