Pengembangan E-Book Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi siswa menimbulkan paradigma baru dimana guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber pengetahuan siswa dan berlanjut pada perkembangan pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student-centered learning). Namun masih terdapat guru yang belum memanfaatkan penggunaan media pembelajaran, khususnya media digital, sehingga muncul kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep materi yang diajarkan, terutama pada materi sistem tata surya dimana pembelajarannya bersifat abstrak dan sulit diamati secara langsung. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran digital dalam bentuk e-book untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji validitas media yang telah dikembangkan serta melihat bagaimana dampak penggunaannya terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi sistem tata surya. Penelitian menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Media ini melalui tahapan uji validasi bersama tiga ahli dan uji coba produk bersama 35 siswa kelas VI di salah satu SD Negeri di Kabupaten Bandung untuk menguji kelayakan dan kepraktisan penggunaannya dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa media e-book sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, media e-book juga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa mengenai sistem tata surya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aen, Rohaetul, and Uus Kuswendi. “Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA.” COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 3, no. 3 (May 21, 2020). https://doi.org/10.22460/collase.v3i3.4273.
Ariastika, Devi. “Penerapan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPA Dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan Di Era Society 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, May 19, 2022. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PSNIP/article/view/749.
Effendi, Darwin, and Achmad Wahidy. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21.” Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, July 12, 2019. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977.
Guntara, Yudi. “Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment.” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2021.
Hidayat, Fitria, and Muhamad Nizar. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning.” J. Inov. Pendidik. Agama Islam 1, no. 1 (2021).
Khotimah, Husnul, Eka Yuli Astuti, and Desi Apriani. “Pendidikan Berbasis Teknologi (Permasalahan Dan Tantangan).” In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2019.
Kurniawan, Rahadian, Febriana Kurniasari, and Restu Rakhmawati. “Pengembangan Animasi Virtual Karakter Anak dengan Autisme dengan Model ADDIE.” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi 10, no. 1 (February 25, 2021). https://doi.org/10.22146/jnteti.v10i1.894.
Lena, Lefsi Ani Nova, Yulia Tri Samiha, Ummi Hiras Habisukan, Indah Wigati, Yustina Hapida, and Diah Putri Anggun. “Studi Tentang Pengembangan Bahan Ajar E-Book.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 3, no. 1 (November 23, 2020).
Lestari, Rina. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama.” Other, Universitas Pendidikan Indonesia, 2023. http://repository.upi.edu.
Nurhamidah, Siti Deti. “Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa.” Other, Universitas Pendidikan Indonesia, 2023. http://repository.upi.edu.
Octamela, Kadek Surya, Gede Suweken, and I. Made Ardana. “Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3, no. 2 (September 30, 2019). https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1761.
Okpatrioka, Okpatrioka. “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan.” Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 1, no. 1 (2023).
Pramono, Agung. “Analisis Kesulitan Belajar IPA Dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2.” Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1, no. 1 (2020).
Putri, Indira Salshanabila, and Jajang Bayu Kelana. “Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar.” Jurnal Profesi Pendidikan 1, no. 2 (December 15, 2022). https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.13024.
Rajagukguk, Kiki Pratama. “Problematika Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.” Jurnal Binagogik 9, no. 1 (2022).
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. CV. Alfabeta, 2013.
Suryani, Ela, and Kartika Yuni Purwanti. “Profil Tingkat Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Sekolah Dasar.” In Seminar Nasional & Workshop Hardiknas FKIP UKSW, 2018.
Suyitno, Imam. Penelitian Deskripsi Kelas: Konsep Teoretis - Prosedur Analitis - Contoh Praktis. Depok: Rajawali Pers, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4250
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.