Implementasi Program Bimbingan Konseling di Salah Satu SDIT di Karawang

Zahra Al Atikah, Danangn Dwi Basuki

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi program Bimbingan Konseling (BK) di SDIT Harapan Ummah Karawang, yang baru berjalan kurang dari satu tahun. Program ini bertujuan untuk mendampingi siswa yang mengalami berbagai permasalahan di sekolah, baik internal maupun eksternal, dengan pendekatan yang intensif dan komprehensif. Desain penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi menunjukkan bahwa program BK telah menyediakan layanan konseling pribadi dan klasikal, serta mengadakan seminar bullying yang edukatif. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya tenaga konseling dan keterbatasan waktu, yang menghambat implementasi program secara menyeluruh. Meskipun demikian, kolaborasi antara guru konseling, guru kelas, psikolog, dan staf sekolah lainnya memperkuat efektivitas program ini. Pelatihan eksternal yang diikuti oleh guru konseling juga meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Kasus signifikan yang berhasil ditangani termasuk kasus pelecehan seksual terhadap salah satu siswa, yang diidentifikasi dan diselesaikan dengan pendekatan mendalam. Berdasarkan temuan penelitian, program BK di SDIT Harapan Ummah Karawang efektif dalam membantu siswa dan guru menghadapi permasalahan yang ada, meskipun perlu peningkatan sumber daya manusia untuk mencapai hasil yang lebih optimal.


Keywords


Bimbingan Konseling, Efektivitas, Layanan Konseling

Full Text:

PDF

References


Alwina, Sakura. “Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris 5, no.1 (April 2023). https://doi.org/10.55263/sintaksis.v5i1.423.

Angraini, Riska, Elfahmi Lubis, and Septina Lisdayanti. “Pendampingan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di Sd Negeri Tambah Asri.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia (JPKM-MC) 2, no. 1 (Desember 2023): 195–99.

Arsini, Yenti, Nuri Maulida, Syafika Ripani Siregar, and Azra Liwani Bazla S. Meliala. “Evaluasi Dan Supervisi Bimbingan Konseling.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5, no. 5 (October 31, 2023): 96–101. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.22782.

Bagaskara, Genta Aulia Putri, and Sayan Suryana. “Strategi Penanganan dan Pencegahan Bullying di SMA IT Mentari Ilmu Karawang.” indonesian reserch journal on education 4 no.1 (2024): 233–39. https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.470.

Bhakti, Caraka Putra. “Program Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Untuk Mengembangkan Standar Kompetensi Siswa.” JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa 1, no. 2 (September 16, 2017): 131. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.63.

Hidayat, Dayat, and Nono Heryana. “Program Pendampingan Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara Menulis Karya Tulis Ilmiah Di Bkpsdm Karawang.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 4 no 3 (September 2023). https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1626.

Itrah, Sulaiman Samad, and Abdul Saman. “Stress Inoculation Training Untuk Mengurangi Stres Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Pinrang.” PINISI JOURNAL OF ART, HUMANITY AND SOCIAL STUDIES 3, no. 2 (2023).

Kamilah, Izza Faridatul, and Yusnia Faizzatus Zakiyah. “Peran Teknik Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Permasalahan Siswa Di Sekolah : Systematic Literature Review.” JOIES: Journal of Islamic Education Studies 9, no. 2 (2024).

Maryono, Bagas Gilang Ramadhan, and Kasja Eki Waluyo. “Manajemen Bimbingan Konseling dalam Penanganan Bullying di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nurul Fajri.” indonesian Research Journal on Education 4 (June 13, 2024): 119–25. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.502.

Musyawir, Abal Wahid, Danu Dzulhakim, Firda Andini, Nabila Fatya Ashari, Hairunnisa Hairunnisa, Zikrullah Zikrullah, and Edy Herianto. “Peran Kurikulum Berbasis Karakter Dalam Mendorong Perkembangan Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama.” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 3 (August 9, 2024): 542–51. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3125.

Putri, Arum Ekasari. “Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 4, no. 2 (October 16, 2019): 39. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890.

Ramlah. “Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik.” JURNAL AL-MAU’IZHAH 1, no. 1 (2018).

Sagala, Kartika Putri, Lamhot Naibaho, and Djoys Anneke Rantung. “Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digital.” Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi 6, no. 1 (2024).

Sanusi. “Pentingnya Mengutamakan Kesejahteraan Mental Siswa Bagi Puncak Pencapaian Pedagogis.” EDUCHILD: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4, no. 1 (2023).

Saputra, Adzra Emalis, Titi Komala, Salma Gania, Salwa Halimatus Sa’diyah, and Nur Aini Farida. “Aktualisasi Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Karawang.” REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (December 15, 2023). https://doi.org/10.61220/ri.v1i2.0237.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.