Aplikasi Prinsip Pembelajaran Tematik Penggalian Tema, Pengelolaan Pembelajaran, Evaluasi, dan Reaksi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan prinsip-prinsip pembelajaran tematik yang meliputi penggalian tema, pengelolaan pembelajaran, evaluasi, dan reaksi siswa di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library research), peneliti mengumpulkan, menganalisis, mengorganisasi, sumber dari artikel, buku, penelitian terdahulu tentang aplikasi prinsip pembelajaran tematik. Kemudian peneliti menyimpulkan dan menyajikan data-data aplikasi prinsip pembelajaran tematik penggalian tema, pengelolaan pembelajaran, evaluasi, dan reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan bermakna. Prinsip pembelajaran tematik juga mendorong siswa untuk mengaitkan pengetahuan yang diperoleh dengan kehidupan sehari-hari, sehingga meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir kritis mereka. Namun, tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik seperti keterbatasan waktu, kesulitan dalam mengintegrasikan berbagai mata pelajaran secara efektif, serta kebutuhan akan pelatihan dan pengembangan kapasitas guru dalam merancang evaluasi yang relevan dan berorietasi pada kompetensi. Oleh karena itu, dukungan dan pelatihan berkelanjutan bagi guru sangat diperlukan. Secara keseluruhan, penerapan prinsip pembelajaran tematik yang dikelola dengan baik dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses dan hasil belajar siswa di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, Rizki, and Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi. “Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd.” Jurnal Basicedu 2, no. 2 (2018). https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42.
Anggara, Apri, and Rakimahwati Rakimahwati. “Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (August 12, 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265.
Atiaturrahmaniah, Atiaturrahmaniah, Ida Bagus Putu Aryana, and I Wayan Suastra. “Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar” 7, no. 2 (2022).
Baharuddin, Ilham. “Pembelajaran Bermakna Berbasis Daring Ditengah Pandemi Covid-19” Journal of Islamic Education Management 5, no 2 (2020).
Fitrah, Muh, and Ruslan Ruslan. “Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (November 24, 2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.639.
Hidayah, Nurul. “Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar” Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2, no 1 (2015).
Joni. “Pembelajaran Tematik Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal At-Ta’dib 4, no. 1 (2009).
Khairati Amris, Firda and Desyandri. “Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170.
Linawati, Zainuddin, and Suryani. “Penerapan Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3 (2023).
Mahanum. “Tinjauan Kepustakaan.” ALACRITY : Journal of Education 1, no. 2 (2021). https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20.
Muklis, Mohamad. “Pembelajaran Tematik.” Fenomena 4, no. 1 (2012).
Rahimah Ikhsani, Siti, Arrum Tangawunisma, Atika Sholeha, Putra Divanka, and Dede Indra Setiabudi. “Karakteristik Pembelajaran Tematik Yang Ideal Pada Sekolah Dasar.” Student Scientific Creativity Journal (SSCJ) 1, no. 1 (2023).
Ratnasari, Yuni. “Saintific Approach for Gifted Children and Underachievement to Curriculum 2013 Implementation,” 2015.
Ridwan, Muannif, Suhar AM, Bahrul Ulum, and Fauzi Muhammad. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah.” Jurnal Masohi 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427.
Rivki, Muhammad, Adam Mukharil Bachtiar. “Analisis Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri,” Garda Guru: Jurnal PPG Unpas 112 (2024).
Sulhan, Ahmad, and Ahmad Khalakul Khairi. Konsep Dasar Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar (SD/MI). Mataram: CV Sanabil, 2019.
Susilawati, Samsul. “Klasifikasi Sumber Belajar Dan Landasan Teori Penggunaan Sumber Belajar Di MI/SD.” CAHAYA: Journal of Research on Science Education, 2, no. 1 (2024).
Widyaningrum, Retno. “Model Pembelajaran Tematik Di MI/SD.” Cendikia 10, no. 1 (2012).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dewi Anita Silvina Wahab, Nurul Manzilatul Ulya, Samsul Susilawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.