Implementasi Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran PPKN di SDN Mojopurno 01 Kabupaten Madiun

Saiyyidatul Lailimuniffah, Farida Huriawati, Supadmiati Supadmiati

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Mojopurno 01 Kab. Madiun yang berjumlah 7 peserta didik. Penelitian ini dilakukan ketika melaksanakan PPL pada bulan Mei-Juni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I penggunaan model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn dengan materi Pola Hidup Gotong Royong dinyatakan berhasil dengan presentase 80%, dengan rata-rata nilai diatas KKM. Sedangkan pada siklus II model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn dengan materi Membangun Jati Diri dalam Kebinekaan dinyatakan berhasil dengan presentase 90% dengan nilai rata-rata mencapai maksimun diatas nilai KKM. Hal ini menjelaskan bahwa adanya peningkatan terhadap presentase ketercapaian sebesar 10% dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata peserta didik mendapat nilai diatas 90 yang termasuk pada kategori sanagt tinggi terhadap implementasi model Problem Based Learning (PBL) yang mampu menciptakan suasana belajar kelas yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar sesuai indikator yang diinginkan.


Keywords


Pesesrta didik, Problem Based Learning, PPKn

Full Text:

PDF

References


Anastasia, Widya. “Nilai Gotong-Royong Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah.” Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 1 (January 28, 2022). https://doi.org/10.56393/mindset.v2i1.1122.

Apsari, Linda Tri. “The Effort of of Civic Education Teachers To Realize The Class As A Laboratory of Democracy.” Jurnal Civicus 19, no. 1 (2019).

Aryanti, Dhita Yutdhi, Sari Ulandari, and Ardiyanti Silvia Nuro. “Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian 5 (August 6, 2023).

Asriningtyas, Anastasia Nandhita, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD.” JIPMat 3, no. 1 (June 6, 2018). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226.

Azmi, Shofiyatul. “Pendidikan Kewarganegaraan Merupakan Salah Satu Pengejawantahan Dimensi Manusia sebagai Makhluk Individu, Sosial, Susila, dan Makhluk Religi.” Likhitaprajna 18, no. 1 (2016). https://www.neliti.com/publications/235045/.

Fahmi, Dina Chamidah, Suryadin Hasyda, Muhammadong, Sari Saraswati, Julhidayat Muhsam, Laily Rochmawati Listiyani, et al. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2021.

Hasanah, Noor. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika Di Kelas IV SDIT Ukhuwah Banjarmasin.” Jurnal PTK & Pendidikan 2, no. 2 (2016).

Hidayatilah, Lia Nurul, and Moersetyo Rahadi. “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dengan Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Numbered Head Together: Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Di SMP Negeri 1 Sukawening - STKIP Garut Tahun 2012/2013).” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 3 (September 30, 2013). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.300.

Hotimah, Husnul. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7, no. 3 (November 30, 2020): 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599.

Huda, Fathul. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Kelas VI Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal PTK dan Pendidikan 3, no. 2 (2017).

Inayah, Zam, Buchori Achmad Buchori, and Siska Pramasdyahsari Agnita. “The Effectiveness of PBL and PjBL Assisted Kahoot Learning Models on Student Learning Outcomes.” Internation Journal of Research in Education 1, no. 2 (October 7, 2021). https://eprints.upgris.ac.id/1046/.

Karjono, Karjono. “Pancasila Sebagai Basis Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Pancasila: Jurnal Keindonesiaan 3, no. 2 (October 26, 2023). https://doi.org/10.52738/pjk.v3i2.194.

M, Irmawati, Irfan Yusuf, and Sri Wahyu Widyaningsih. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar.” Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (December 27, 2022): 110. https://doi.org/10.32332/elementary.v8i2.5201.

Usman, Jarjani, Mawardi, Husna M Zein, and Rasyidah. Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Aceh Besar: AcehPo Publishing, 2019.

Winataputra, Udin S. “Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) dan Muatan/mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Ppkn) dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 1, no. 1 (June 16, 2016). https://doi.org/10.21067/jmk.v1i1.1184.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.