Peran Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Anak Usia SD dalam Menghafal Al-Qur’an
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi jenis lingkungan tempat tinggal siswa dan pengaruhnya dalam mendukung kemampuan menghafal Al-Qur'an, serta mengidentifikasi faktor-faktor lain yang berpotensi mendukung pengembangan kemampuan hafalan Al-Qur'an. Berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi di salah satu sekolah dasar tahfiz Al-Qur’an di Karawang, ditemukan bahwa lingkungan tempat tinggal memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan kemampuan hafalan siswa. Terdapat tiga jenis lingkungan utama: pesantren, perumahan dengan banyak penghafal Al-Qur’an, dan perumahan biasa. Data menunjukkan bahwa siswa dari lingkungan pesantren mengalami tantangan dengan 44% tidak mencapai target hafalan dan 44% tidak kuat hafalannya. Siswa dari perumahan dengan banyak penghafal Al-Qur’an menunjukkan hasil lebih baik dengan 41% tidak mencapai target dan 24% tidak kuat hafalannya. Sementara itu, siswa dari perumahan biasa mencatat hasil terendah dengan 53% tidak mencapai target dan 41% tidak kuat hafalannya. Penelitian ini juga menyoroti peran krusial orang tua dalam keberhasilan hafalan anak. Siswa yang memiliki orang tua yang komitmen dan bekerjasama dengan sekolah cenderung mencapai target hafalan yang baik. Penelitian selanjutnya akan mengeksplorasi hambatan yang dihadapi orang tua dalam mendukung hafalan anak, dengan tujuan merumuskan strategi efektif untuk meningkatkan peran orang tua dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur'an.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Muhammad. Nufhat min ’Ulum Al-Qur’an. 2nd ed. Kairo: Dar As-Salam, 2005.
Al-Asqalani, Ibnu Hajar. Fath Al-Bari. Vol. 6. 13 vols. Beirut: Dar Al-Ma’rifah, 1958.
Al-Baghdadi, Al-Khathib. Al-Jami’ Li Akhlaq Ar-Rawi Wa Adab As-Sami’. Vol. 1. 2 vols. Riyadh: Maktabah Al-Ma’arif, n.d.
Al-Bukhari, Muhammad. Shahih Al-Bukhari. 2nd ed. Riyadh: Dar As-Salam, 1999.
Al-Jauhari, Isma’il. Ash-Shahhah Taj Al-Lughah wa Shahhah Al-’Arabiyah. Vol. 1. 6 vols. Beirut: Dar Al-’Ilmi li Al-Malayin, 1987.
Al-Kinani, Ibnu Jama’ah. Tadzkirah As-Sami’ wa Al-Mutakallim. 3rd ed. Beirut: Dar Al-Basyair Al-Islamiyah, 2012.
Al-Qurthubi, Muhammad. Al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an. Vol. 2. 20 vols. Dar Al-Kutub Al-Mishriyah: Kairo, 1964.
Fadhilah, Mega Nur. “Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Peraturan Pesantren Terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur’an Santri Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Cipondoh Tangerang,” n.d.
Firmansyah, Asep. “Menag yakin populasi muslim digeser Pakistan tak berdampak apapun.” Kantor Berita Indonesia. Antara (blog), April 4, 2024. https://www.antaranews.com/berita/4045053/menag-yakin-populasi-muslim-digeser-pakistan-tak-berdampak-apapun.
Ibnu Abdilbarr, Yusuf. Jami’ Bayan Al-’Ilmi wa Fadhlihi. Vol. 2. 2 vols. Saudi Arabiyah: Dar Ibnu Al-Jauzi, 1994.
Ibnu Asyur, Muhammad. At-Tahrir wa At-tanwir. Vol. 4. 30 vols. Tunis: Ad-Dar At-Tunisiah, 1984.
Ibnu Katsir, Isma’il. Tafsir Al-Qur’an Al-’Azhim. Vol. 6. 9 vols. Beirut: Dar Al-Kutub Al-’Ilmiyah, 1999.
Khoeron, Moh. “Survei Kemenag, Indeks Literasi Al-Qur’an Kategori Tinggi.” Website Resmi. Kementrian Agama Republik Indonesia (blog), Oktober 2023. https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W.
Nursyirwan, Afut Syafril, Aloysius Puspandono, and Gunawan Wibisono. “Meningkatkan kualitas dan kuantitas para penghafal Alquran (2).” Kantor Berita Indonesia. Antara (blog), April 6, 2024. https://ramadhan.antaranews.com/video/4048308/meningkatkan-kualitas-dan-kuantitas-para-penghafal-alquran-2?utm_source=antaranews&utm_medium=desktop&utm_campaign=related_news.
Soniya, Cantika Mila. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Di Griya Al-Qur’an Al-Manar Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022.” Thesis (Undergraduate (S1)), IAIN Ponorogo, 2022. https://etheses.iainponorogo.ac.id/20748/.
Thaha, Utsman. Mushaf Al-Madinah An-Nabawiyah. Madinah: Mujamma’ Al-Malik Fahad, 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4261
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.