Pengaruh Penggunaan Metode PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di SDN Balongdowo 1 Candi
Abstract
Pembelajaran yang dapat mendorong kreativitas untuk memberikan kesempatan untuk menciptakan ide-ide dalam mengekspresikan sesuatu yang baru. Dengan melibatkan siswa untuk mencari pengalaman yang dalam menyelesaikan pembelajaran dengan praktis serta mencari solusi yang unik dan inovatif. Kebebasan kepada siswa dalam hal pendekatan yang sesuai dengan minat bakat yang dapat mendorong kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah uji pengaruh penggunaan metode PJBL terhadap kreativitas dan belajar siswa, maka penelitian ini ingin mengetahui kemampuan belajar siswa dalam PJBL dan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan metode PJBL. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Metode kuantitatif eksperimen melibatkan proses sistematis pada peneliti untuk memanipulasi sat atau lebih variabel independen untuk mengamati dampaknya terhadap variabel dependen pada syarat yang terkontrol. Tingkat keefektifan pengaruh PJBL terhadap hasil belajar siswa pada saat di lapangan menunjukkan ada kenaikan yang signifikan pada pengukuran hasil pretest rata-rata 65% dan hasil postest rat-rata 85%. Karena nilai sig. (2-tailed) atau p-value uji t sebesar 0,00 yang artinya <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut memiliki yang signifikan terhadap pengaruh PJBL terhadap kreativitas hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzahra, Utami, Fitri Arsih, and Heffi Alberida. “Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review.” BIOCHEPHY: Journal of Science Education 3, no. 1 (June 30, 2023). https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550.
Dewi, Mia Roosmalisa. “Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka.” Inovasi Kurikulum 19, no. 2 (August 26, 2022). https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226.
Haniah, Nisrina. “Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors.” Jurnal Statistika, 2013.
Huberman, and Miles. “Teknik Pengumpulan Dan Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 02, no. 1998 (1992).
Insyasiska, Dewi, Siti Zubaidah, and Herawati Susilo. “Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi.” Jurnal Pendidikan Biologi 7, no. 1 (April 5, 2017). https://doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21.
Isnawati, Nina, and Samian. “Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 1 (2010).
Maesaroh, Siti. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto 1, no. 1 (2013). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536.
Pratiwi, Ika Ari, Sekar Dwi Ardianti, and Moh Kanzunnudin. “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning ( Pjbl ) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8, no. 2 (June 26, 2018). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357.
Rikawati, Kezia, and Debora Sitinjak. “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif.” Journal of Educational Chemistry (JEC) 2, no. 2 (September 24, 2020): 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059.
Sari, Atmira Qurnia, Y. L. Sukestiyarno, and Arief Agoestanto. “Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear.” Unnes Journal of Mathematics 6, no. 2 (2017). https://doi.org/10.15294/ujm.v6i2.11887.
Sari, Rona Taula, and Siska Angreni. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal VARIDIKA 30, no. 1 (July 25, 2018): 79–83.
Shofiah, Ulfah Hamidatus. “Penerapan Metode Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di MI Miftahul Huda.” Skripsi, IAIN Metro, 2020.
Udin, Moch Bahak, and Arifin Aunillah. EBOOK-Buku Ajar Statistik Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2021. //elibrary.stibada.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D710.
Usmadi, Usmadi. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).” Inovasi Pendidikan 7, no. 1 (November 3, 2020). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281.
Wahyu, Rahma. “Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Ditinjau Dari Penerapan Kurikulum 2013.” JURNAL TECNOSCIENZA 1, no. 1 (2016). https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/18.
Wahyuni, Sri. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar FKIP UMSU.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 5, no. 1 (March 4, 2019). https://doi.org/10.30596/edutech.v5i1.2982.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4266
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.