Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Desain Pengembangan Kurikulum PAI di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe literatur review. Pengumpulan informasi dilakukan dengan mencari beberapa sumber penting diantaranya meliputi sumber primer dari sumber literatur yang membahas tentang motivasi kerja dan beberapa sumber literatur lain yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis sehingga memperoleh hasil kajian yang menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum PAI di Indonesia menghadapi tantangan kompleks yang memerlukan kerja sama lintas sektor, termasuk pemerintah, pendidik, orang tua, dan masyarakat. Solusi utama mencakup peningkatan kompetensi guru, penyediaan sarana dan prasarana, penguatan kolaborasi, serta adaptasi teknologi. Desain kurikulum PAI harus relevan dengan kebutuhan peserta didik, guru, dan masyarakat, serta terus diperbarui agar sesuai dengan dinamika zaman. Untuk keberhasilan implementasi, diperlukan panduan praktis yang jelas bagi semua pihak terkait, guna memastikan pendidikan agama Islam berkontribusi maksimal dalam membentuk generasi muda yang berkarakter, cerdas, dan siap menghadapi tantangan global.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A. Rifqi. Pengembangan Pendidikan Agama Islam; Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner. Lkis Pelangi Aksara, 2015.
Arif, Muh, Mohammad Saro’i, Asfahani Asfahani, Mariana Mariana, dan Opan Arifudin. “Tantangan Dan Peluang Dalam Inovasi Pembelajaran Islam Di Era Digital.” Global Education Journal 2, no. 1 (2 Maret 2024). https://doi.org/10.59525/gej.v2i1.322.
Aripin, Azwar. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Dan Strategi Pengembangannya Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan.” Jurnal Al-Mufidz : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (13 September 2024).
Arsyad, Andi Asy’hary J., Lilik Sulistyo, Winanjar Rahayu, dan Endang Fatmawati. “Upaya Peningkatan Literasi Digital Masyarakat Melalui Program Pelatihan Komputer Di Desa Terpencil.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (23 Februari 2023). https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12430.
Aziz, Abdul, dan Supratman Zakir. “Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0.” Indonesian Research Journal on Education 2, no. 3 (2 Juni 2022). https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.123.
erna. “Pengembangan Literasi Al-Qur’an Berbasis Teknologi Dalam Pendidikan Agama Islam.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 1, no. 1 (11 Oktober 2024).
Fatmawati, Ira. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran.” Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 1, no. 1 (22 November 2021). https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.4.
habiba. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Moderat Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 1, no. 1 (11 Oktober 2024).
Hsb, Siti Julaiha. “Pemanfaatan Sumber Belajar Digital Dalam Pembelajaran PAI.” Analysis 2, no. 1 (29 Juni 2024).
Huda, Miftahul. Cooperative learning, metode, teknik, struktur dan model terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Irawan, Hendri. “Memahami Organisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Perspektif Dan Evaluasi Dalam Konteks Pendidikan Umum.” Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research 2, no. 2 (31 Agustus 2024). https://doi.org/10.59001/pjier.v2i2.72.
Judrah, Muh, Aso Arjum, Haeruddin Haeruddin, dan Mustabsyirah Mustabsyirah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 1 (29 Februari 2024). https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282.
Juhaeni, Juhaeni, Nur Adillah, Wafda Wafda, dan Nadia Ulfah Sir. “Konsep Pengembangan Evaluasi Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 1 (29 Februari 2024). https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.281.
Kamila, Aiena. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar.” Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 2, no. 5 (30 Agustus 2023).
Kusum, Jaka Wijaya, Supardi, Muh Rijalul Akbar, Hamidah, Ratnah, Muh Fitrah, dan Sepriano. Dimensi Media Pembelajaran (Teori Dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Lubis, Reza Noprial. “Analisis Prinsip, Tantangan, dan Implikasi Pengembangan Kurikulum PAI untuk Pendidikan.” TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (30 Juni 2022).
Mahrus, Mahrus. “Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (1 Maret 2021). https://doi.org/10.37286/ojs.v7i1.93.
Manan, Abdul. “Pendidikan Islam Dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni Dalam Era Digital.” Scholastica: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5, no. 1 (24 Mei 2023).
Marwan, Iis, Randy Fadilah Gustaman, dan Agus Gandi. “Dikotomi Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Indonesia.” Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat 2, no. 3 (30 September 2024). https://doi.org/10.1234/cjppm.v2i3.182.
Mayangsari, Puspitri, Khoirunnisa Khoirunnisa, Rayi Arista Mukti, Thera Dies Yunizha, Della Enjelina, Irfan Irfan, dan Risdalina Risdalina. “Analisis Permasalahan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4, no. 2 (6 Agustus 2024). https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.415.
M.Pd, Dr Dian Aswita, S. Pd, Dr Nurmawati M.Pd, Dr Salamia M.Si, Dr Siti Sarah M.Pd S. Pd Si, Syifa Saputra M.Pd S. Pd, Eko Setyadi Kurniawan M.Pd, Marisa Yoestara M.A (TESL) S. Pd, dkk. Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media, 2022.
Muthrofin, Khoirul, dan Madekhan Madekhan. “Reformulasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Suatu Keharusan Di Era Digital.” Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan 14, no. 2 (30 September 2023). https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.434.
Muzaini, M. Choirul. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikulturalisme Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (28 September 2023). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10144.
Muzaini, M. Choirul, Muhammad Najib, Anis Mahmudah, dan Ani Khoirotun Nisa. “Implemantasi Metode Simulasi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.” Pionir: Jurnal Pendidikan 12, no. 1 (7 April 2023). https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17573.
Muzaini, M. Choirul, Andi Prastowo, dan Umi Salamah. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam Di Abad 21.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (1 Juli 2024). https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.214.
Muzaini, M. Choirul, dan Umi Salamah. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 9, no. 1 (18 Juni 2023). https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.574.
Nirwana, Rina, dan Qolbi Khoiri. “Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam Pada Satuan Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi.” Journal on Education 5, no. 2 (28 Januari 2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1266.
Nurdin, Arbain. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Information And Communication Technology.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (30 November 2016). https://doi.org/10.19105/tjpi.v11i1.971.
Nurhidayah, Ai Enung. “Pemberdayaan Guru Madrasah Melalui Pelatihan Metode Pembelajaran Kreatif Berbasis Digital Di SMA Muhammadiyah Bayuresmi Garut.” Jurnal Peradaban Masyarakat 3, no. 6 (9 November 2023). https://doi.org/10.55182/jpm.v3i6.523.
Nurlaeli, Acep. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Milenial.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 4, no. 01 (30 Juni 2020). https://journal.unsika.ac.id/pendidikan/article/view/4332.
Nuryana, Zalik. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Tamaddun : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan 19, no. 1 (29 Maret 2019). https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818.
Prihatini, Intan, dan A. Wathon. “Pembelajaran Online dan Pengetahuan Kognitif Anak” 4, no. 1 (15 Mei 2021).
Pustikayasa, I. Made, Imam Permana, Fitriani Kadir, Rony Sandra Yofa Zebua, Perdy Karuru, Liza Husnita, Ni Putu Sri Pinatih, dkk. Transformasi Pendidikan : Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Qolbi, Satria Kharimul, dan Tasman Hamami. “Impelementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 4 (22 Mei 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511.
Raharjo, Sukirno Hadi, Ketut Budiastra, dan Untung Suhardi. “Fenomena Generasi Muda Dalam Aktivitas Ritual Keagamaan Hindu Di Pura Parahyangan Jagat Guru Tangerang Selatan: (Studi Hiperealitas Jean Boudrilard).” Jurnal Penelitian Agama Hindu 7, no. 4 (4 Oktober 2023). https://doi.org/10.37329/jpah.v7i4.2680.
Ramadhan, Emira Hayatina, dan Hindun Hindun. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya 2, no. 2 (2 Desember 2023). https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98.
Rif’an, Ali. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah.” Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (31 Maret 2022). https://doi.org/10.32478/piwulang.v4i2.970.
Romlah, Sitti, dan Rusdi Rusdi. “Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika.” Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam 8, no. 1 (30 Juni 2023). https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249.
Saadah, Muftahatus, Yoga Catur Prasetiyo, dan Gismina Tri Rahmayati. “Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif.” Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika 1, no. 2 (24 Desember 2022). https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.
Sari, Ifit Novita, Lilla Puji Lestari, Dedy Wijaya Kusuma, Siti Mafulah, Diah Puji Nali Brata, Karwanto, Supriyono, dkk. Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press, 2022.
Sari, Milya, dan Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (10 Juni 2020). https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
Sholeh, Muh Ibnu, dan Nur Efendi. “Integrasi Teknologi Dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Digital.” Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5, no. 2 (20 September 2023).
Sundari, Elgy. “Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 4, no. 5 (25 Mei 2024). https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3325.
Suradi, Ahmad. “Pendidikan Berbasis Multikultural Dalam Pelestarian Kebudayaan Lokal Nusantara Di Era Globalisasi.” Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 5, no. 1 (4 Juli 2018). https://doi.org/10.21580/wa.v5i1.2566.
Susanna, Susanna, Jarjani Usman, dan Sri Suyanta. “Guru Di Persimpangan Kurikulum Baru: Dilema Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Keislaman.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4, no. 2 (30 Desember 2023). https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i2.478.
Tiwery, Badseba. Kekuatan Dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran Hots: Higher Order Thinking Skills. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2021.
Wilatikta, Ayu. “Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam Jenjang Pendidikan Dasar: Kontekstualisasi Strategi Pembelajaran Semasa Pandemi.” Al Yasini : Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan 5, no. 1 (30 Mei 2020).
Yasin, Harlin. “Memperkuat Nilai-Nilai Pendidikan Kristiani Di Tengah Perubahan Sosial Dan Revolusi Budaya Digital.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (27 Agustus 2024). https://doi.org/10.52220/sikip.v5i2.277.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4267
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rima Kasturi, Zu’ama Anggun Larasati, Eti Hadiati, Sovia Mas Ayu, Ahmad Fauzan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.