Pemaknaan Siswa, Ustadz, dan Ustadzah: Studi Fenomenologi Perubahan Bentuk Sistem Pendidikan Islam di MI Nurul Iman

Ach. Puniman, Ratna Novita Punggeti

Abstract


Perubahan sistem pendidikan Islam di MI Nurul Iman berdampak pada struktur, kurikulum, dan memicu reaksi subjektif dari pelaku pendidikan. Ustadz dan ustadzah merasakan beban tambahan untuk menguasai keterampilan baru dan mengembangkan materi ajar sesuai kurikulum yang berubah, serta khawatir tentang efektivitas metode pembelajaran yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam pemaknaan subjektif siswa, ustadz, dan ustadzah terhadap perubahan signifikan yang terjadi dalam sistem pendidikan Islam di MI Nurul Iman. Metode penelitian yang digunakan dalam studi fenomenologi bertujuan untuk memahami makna yang dialami oleh individu atau kelompok tentang suatu fenomena. Dalam konteks penelitian ini, metode fenomenologi digunakan untuk mengeksplorasi pemaknaan siswa, ustadz, dan ustadzah terhadap perubahan bentuk sistem pendidikan Islam di MI Nurul Iman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan sistem pendidikan Islam di MI Nurul Iman berdampak positif bagi siswa, meningkatkan motivasi belajar melalui teknologi, metode interaktif, dan materi yang relevan. Penting untuk memberikan dukungan bagi siswa yang kesulitan beradaptasi dengan perubahan.


Keywords


Kurikulum, Pemaknaan, MI Nurul Iman

Full Text:

PDF

References


Adrijanti, Fahimatul Anis, Ahmad Riyan Hidayat, Adrijanti, and Fahimatul Anis. “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di SDN 357 Sungairujing.” Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan 10, no. 2 (July 1, 2021). https://doi.org/10.55129/jp.v10i2.1320.

Aeni, Ani Nur, Rifa’ul Khulqi, Dea Alfia Latifa, and Alma Nurul Inayah. “Pemanfaatan Video Pembelajaran ‘Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin’ Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Siswa SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (July 6, 2022). https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1097.

Alimuddin, Johar. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 4, no. 02 (2023). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995.

Anis, Fahimatul, Ratna Novita Punggeti, and Prasetyo Adi Nugroho. “Dimensi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Dasar Learning Dimensions of Pancasila Education in the Independent Curriculum at Elementary School Level.” Jurnal PARAMAEDUTAMA 1, no. 4 (2024).

Aprilia, Lisnawati, M Defriansyah Angga Putra Nina Kardina, and Seprianto Seprianto. “Analisis Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Oleh Guru Kelas SD.” Journal of Elementary School (JOES) 6, no. 1 (2023).

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 02 (2023). https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Dharmayana, I Wayan Bayu. “Peran Pendidikan Pramuka Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Anak Usia 11-15 Tahun.” Jurnal Ilmu Pendidikan 01, no. 01 (2021).

Jannati, Putri, Faisal Arief Ramadhan, and Muhamad Agung Rohimawan. “Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.

Kahfi, Ashabul. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter.” DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 5 (2) (2022).

Kasanah, Siti Uswatun, Zainal Rosyadi, Ratna Novita Punggeti, Fajar Arifin, Moh. Yasin, Abdul Khakim, Mansyur, et al. “Pendidikan Anti Bullying.” In PENDIDIKAN ANTI BULLYING, edited by Alfan Arifuddin. Pasuruan: CV. Basya Media Utama, 2023.

M. Ma’ruf. “Konsep Kompetensi Guru Perspektif Al-Quran.” Jurnal Al-Makrifat 2, no. 1 (2017).

Ningsi, Ayu, Sukiman Sukiman, Anggita Agustina, Minati Rina Hardiyana, and Sholihah Ummi Nirmala. “Identifikasi Tantangan Dan Strategi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9, no. 2 (2024). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.877.

Nurjani, Nurjani. “Peran Kegiatan Pramuka Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Sd It an-Najah.” JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 6, no. 3 (2022).

Nuryanti, Lilis, Siti Zubaidah, and Markus Diantoro. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3, no. 2 (2018).

Prijambodo, Raden Firman Nurbudi, Noor Fazariah Handayani, Wajnah, Yeni Meylani, Nurul Hikmah, and Friska Ledina Sutingkir. “Teknologi Augmented Reality: Apakah Memiliki Pengaruh Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Menyajikan Materi Pembelajaran?” Journal on Education 6, no. 3 (April 29, 2024).

Punggeti, Ratna Novita. “Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep.” Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan 11, no. 2 (June 17, 2022). https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1649.

Punggeti, Ratna Novita, and Miftahol Arifin. “Penguatan Nilai Pancasila Melalui Komik Sejarah Pancasila Pada Kelas Tinggi Di SDN Babalan Sumenep.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 6, no. 1 (February 24, 2022). https://doi.org/10.30651/else.v6i1.12144.

Punggeti, Ratna Novita, Miptah Parid, Dasep Supriatna, Junaidi, Jakaria Umro, Jaenullah, Andi Muspida, Moh Yasin, and Mas Fierna Janvierna Lusie Putri. Pendidikan Karakter Antikorupsi. Edited by Basya Media Utama. PENGANTAR PENDIDIKAN KARAKTER ANTI KORUPSI. Pasuruan: CV. Basya Media Utama, 2024.

Puniman, Ach., and Ratna Novita Punggeti. “Pendampingan Model Democratic Parenting Style Di Mi Nurul Iman.” Jurnal PEDAMAS (Pengabdian KepadaMasyarakat) 1, no. 4 (2023).

Sappaile, Baso Intang, Zuhad Ahmad, I Putu, Agus Dharma Hita, Geofakta Razali, Rd D Lokita, Pramesti Dewi, and Ratna Novita Punggeti. “Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik?” Journal on Education 6, no. 1 (2023).

Sari, Tita Tanjung, and Ratna Novita Punggeti. “Inovasi Kurikulum Berbasis Budaya Lokal Di SDIT Al – Wathoniyah Pajagalan Sumenep.” Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 3, no. 2 (June 29, 2020). https://doi.org/10.36379/autentik.v3i2.40.

Setiari, Anggit. “Perwujudan Identitas Manusia Indonesia Melalui Penghayatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 02 (February 28, 2023). https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.219.

Sugiyono. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&B. Bandung: Alfabeta, 2019.

Tursinawati, Tursinawati. “Tinjauan Muatan Nature Of Science Dalam Rancangan Perencanaan Pembelajaran Guru Sekolah Dasar.” Educatio, 2023. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.17460.

Uno, H. Hamzah B, Lamatenggo, Nina, Satria, and koni. “Desain Pembelajaran.” DESAIN PEMBELAJARAN Pengertian, no. November (2020).

Wahyuni, Hesti Adi, and Husni Mubarok. “Peran Pendidikan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Menuju Pembangunan Nasional.” Linggau Jurnal of Elementary School Education 2, no. 1 (2022).

Wibowo, Hariyanto, Fijriani Fijriani, and Veno Dwi Krisnanda. “Fenomena Perilaku Bullying Di Sekolah.” Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa 1, no. 2 (December 7, 2021). https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5888.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.