Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS di SDN Panyingkiran I

Zurhaida Zurhaida, Diah Gusrayani, Rana Gustian Nugraha

Abstract


Kurangnya keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang hanya berfokus pada kemampuan akademis saja, mengabaikan pentingnya kerja sama, komunikasi, dan pemecahan masalah, kurangnya interaksi sosial antara teman dan guru, ketidakmampuan mengelola konflik, dan kurangnya kesempatan berkomunikasi secara efektif. Oleh sebab itu, perlu dilakukan adanya perbaikan dalam penerapan pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS yang dipengaruhi oleh model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode pre experiment desain one grup pretest posttest dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD di SDN Panyingkiran I. Hasilnya menyatakan ada peningkatan terhadap nilai rerata keterampilan sosial siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan, semula nilai rerata keterampilan sosial siswa sebesar 53, dan mengalami peningkatan menjadi 64. Hasil tersebut diperkuat dengan uji t-test yang memperlihatkan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga H0 mengalami penolakan dan Ha mengalami penerimaan yang menyatakan ada perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif setelah diberikan perlakuan penggunaan model project based learning terhadap keterampilan sosial siswa. Hasil perbedaan nilai rata-ratanya juga terlihat dari hasil uji N-Gain yang nilai rata-ratanya sebesar 0,4242 yang berada pada kategori peningkatan sedang. Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa model project based learning bisa meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS.


Keywords


Keterampilan Sosial, Model Project Based Learning, Pembelajaran IPS, Siswa

Full Text:

PDF

References


Darmayoga, I Wayan, and I Ketut Suparya. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2021).

Ekaprasetya, Sahma Nada Afifah, Shalwa Rizkya Salsabila, Muh Husen Arifin, and Yona Wahyuningsih. “Peran Pembelajaran IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (April 2, 2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3487.

Hamid, Abdul. “Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa Sebagai Upaya Strategi Guru Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Labschool Palu.” Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 19, no. 1 (2022).

Herpratiwi, Herpratiwi, Taufiqurrahman Taufiqurrahman, Sugeng Widodo, and Refki Effendi. “Penerapan Project Based Learning Berbasis Keterampilan Sosial Mata Pelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (April 5, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.313.

Istianti, Tuti. “Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini.” Cakrawala Dini 5, no. 1 (2015).

Krisnamurti, Cyrenia Novella, and Septiana Regilta Rahayu. “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV.” Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 5, no. 2 (April 16, 2024). https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.237.

Mahaputra, M. Ridho. “Pembinaan Keterampilan Sosial Siswa Oleh Guru Dalam Pembelajaran PPKn Di SMP N 10 Padang.” Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik 3, no. 1 (November 20, 2022). https://doi.org/10.38035/jihhp.v3i1.1386.

Murniarti, Erni. “Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran.” Jurnal Universitas Negeri Malang 3 (2021).

Nikmatul, Nikmatul Fadilah, Fenny Roshayanti, and Fine Reffiane. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ips Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Peterongan Semarang.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (July 5, 2023). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1113.

Qitfirul, Moch, and Roisyatul Izza. “Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Project Based Learning Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 24 Surabaya: Moch Qitfirul Azis & Roisyatul Izza.” Pintar Harati : Jurnal Pendidikan dan Psikologi 19, no. 1 (June 20, 2023). https://doi.org/10.36873/jph.v19i1.9407.

Ramadhan, Wandri. “Pembelajaran Berbasis Pendekatan Steam Melalui Project-Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 8, no. 2 (2023).

Sa’diyah, Halimatus, Laksmi Evasufi Widi Fajari, Syarifah Aini, and Lili Fajrudin. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa di Sekolah Dasar.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 11, no. 1 (February 27, 2023). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i1.71789.

Suud, Fitriah M. “Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Analisis Psikologi Pendidikan Islam).” Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (2017).

Tamansiswa, Universitas Sarjanawiyata, Pjbl Di, Kelas V Sdn, Enggar Dwi Priyanto, and Handoyo Saputro. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Peningkatan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning” 2, no. 1 (2023).

Virmayanti, Ni Komang, I Wayan Suastra, and I Ketut Suma. “Inovasi Dan Kreatifitas Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 4 (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.