Pengembangan Media Pembelajaran Digital 3 Bangun Datar Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar

Reza Mahendra, Cucun Sunaengsih, Riana Irawati

Abstract


Pengembangan di bidang Pendidikan perlu dilakukan terlebih lagi di masa sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendatangkan perubahan di hampir semua lini kehidupan manusia, termasuk dengan pendidikan formal. Hal ini yang menjadi latar belakang dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan efektivitas dari media pembelajaran digital 3 Bangun Datar untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan desain ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital 3 Bangun Datar telah mendapatkan validasi dari ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Ketiga kelompok ahli menilai kelayakan media pembelajaran digital 3 Bangun Datar sangat valid. Ahli bahasa memberikan nilai kelayakan sebesar 100%, ahli materi menilai 93%, dan ahli media memberikan nilai kelayakan sebesar 93%. Untuk mengukur tingkat efektivitas dari media yang dikembangkan, peneliti menggunakan model one group pretest and posttest design dengan menginterpretasikan seberapa besar peningkatan pemahaman peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran digital 3 Bangun Datar. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pemahaman peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran digital 3 Bangun Datar termasuk kedalam kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital 3 Bangun Datar sangat layak dan berkategori sedang untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa dalam pembelajaran bangun datar pada jenjang kelas IV. Penelitian ini memberikan implikasi penelitian untuk siswa, dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi bangun datar. Adapun implikasi penelitian ini bagi guru adalah dapat dijadikan salah satu media yang dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar untuk membantu meningkatkan pemahaman matematis siswa.


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran Digital, Pemahaman Matematis

Full Text:

PDF

References


Afriani, Nila Rahma, Arifin Maksum, and Siti Rohmi Yuliati. “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797.

Agustian, Niar, and Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” Islamika 3, no. 1 (2021). https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Arif Rachman, Yochanan, Andi Ilham Samanlangi Purnomo. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Karawang: CV Saba Jaya Publisher, 2024.

Azamul Fadhly Noor Muhammad, Noer Intan Novitasar. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) 4, no. 1 (2020).

Budi, F., Yuyun, S. H., & Oom, K. “Pemahaman Perkalian Dengan Media Kantong Bergambar.” Jurnal Cakrawala Pendas 4, no. 2 (2018).

Dwi Intan Hastuti, Surahmat, and Sutarto. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 2019.

Ekaprasetya, Sahma Nada Afifah, Shalwa Rizkya Salsabila, Muh Husen Arifin, and Yona Wahyuningsih. “Peran Pembelajaran IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (April 2, 2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3487.

Fauzi, Anis, Imam Mashuri, Deni Arjun Priwanto, and Hasil Belajar Siswa. “Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits.” International Journal of Educational Resources (INCARE) 03, no. 03 (2022).

Hidayat, Nandang, and Husnul Khotimah. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988.

Lenggogeni, Lenny, Siti Roqoyyah, and Ikip Siliwangi. “Penggunaan Media Video Animasi Berbantuan Scratch Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Daur Hidup Hewan Kelas Iv.” Journal of Elementary Education 04, no. 02 (2021).

Marryono Jamun, Yohannes. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 10, no. 1 (2018).

Nurmalasari, Liyana, M. Taheri Akhbar, and Sylvia Lara Syaflin. “Pengembangan Media Kartu Hewan Dan Tumbuhan (TUHETU) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2022).

Okra, Riri, and Yulia Novera. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMPN 3 Kecamatan Pangkalan.” Journal Educative : Journal of Educational Studies 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340.

Ramadhani, Sulistyani Puteri, and Tanti Maudy Rahayu. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV Sekolah Dasar.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2022. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4861.

Santoso, Erik. “Penggunan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Sukarasa II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2014-2015).” Jurnal Cakrawala Pendas 3, no. 1 (2017).

Saputra, Putu Wisnu, and I Gede Dharman Gunawan. “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran.” Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 1, no. 4 (2021).

Sudjana, Nana, and Ahmad Rivai. Media Pengajaran (Penggunaan Dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.

Sugiono, Yusuf. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif, 2022.

Widi, Winarni Endang. “Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development (R&D.” Bumi Aksara, 2018.

Wulandari, Indah, Jesi Alexander Alim, and M. Jaya Adi Putra. “Pengembangan Video Animasi Materi Pengukuran Panjang Dan Berat Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2633.

Yallah R, Sri Oktra, and Yasdinul Huda. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel Dan Gambar Teknik Di SMKN 1 Sumatera Barat.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 Tahun 2022 (2022).

Yallah, Sri Oktra Rafdi, and Yasdinul Huda. “Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel Dan Gambar Teknik Di SMK N 1 Sumatera Barat.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (February 8, 2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3046.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.