Strategi Guru Tahfidz Al-Qur’an dalam Penanganan Hafalan Menggunakan Metode Tahdhir, Itqan dan Rabth di MTQ Asy-Syifa Karawang

Fathiya Fitri Ramdhani, Danang Dwi Basuki, Budianto Budianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode tahdhir, itqan dan rabth dalam pembelajaran tahfidz di Madrasah Tahfidz Qur’an Asy- Syifaa Karawang. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini dapat bahwa sebelum memasuki fase menghafal maka setiap peserta didik akan dimasukkan pada program tahsin yaitu memperbaiki bacaan Al-Quran sebelum peserta didik diharuskan mampu memabaca dan menghafal Al-Qur’an secara mandiri. Pelaksanaan tahfidzul Qur'an di Madrasah Tahfidz Qur’an Asy- Syifaa Karawang menggunakan metode tahdhir, itqan dan rabth. Tahdhir adalah persiapan bacaan sebelum dilaksanakannya setoran hafalan baru setiap harinya dengan target yang telah ditentukan disetiap kelasnya dan disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Itqan adalah penguatan hafalan baru yaitu dengan cara mengulang hafalan yang baru disetorkan dihari sebelumnya. Rabth yaitu menggabungkan hafalan baru dengan 5 halaman sebelumnya. Pelaksanaan tahfidzul Qur'an dengan metode tahdhir, itqan dan rabth dan jadwal setoran dan murojaah lainnya yang telah dibuat serta kegiatan pendudukung lainnya sudah berjalan dengan efektif, sehingga harapannya seluruh peserta didik mampu menyelesaikan target hafalan yaitu 10 juz dengan baik dan benar serta kuat dan lancar dengan waktu yang telah ditargetkan yaitu selama 6 tahun (kelas1-6). Dan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dan dapat mengamalkan isi dan kandungannya dengan baik dalam aplikasi kehidupannya. Evaluasi pada metode tahdhir, itqan dan rabt dilakukan dalam 5 tahap yaitu evaluasi harian, evaluasi pekanan, evaluasi setengah juz, evaluasi 1 juz, evaluasi bulanan dan evaluasi tahunan.


Keywords


Strategi, Tahdhir, Itqan, Rabth

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Jumal. “Penerapan Metode Pakistani Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tahfidhul Quran di Pondok Pesantren Bina Qolbu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor.” STIT INSIDA, 2013.

As-sirjani, Raghib, and Abdurrahman Abdul Khaliq. Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an. Solo: Aqwam, 2007.

Baiti, Nanda Nurul, Syamsu Nahar, and Azizah Hanum Ok. “Penerapan Metode Sabak, Sabki Dan Manzil Dalam Pembelajaran Tahfidz Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 9, no. 2 (November 30, 2023). https://doi.org/10.29210/1202323414.

Hidayah, Nurul. “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (June 1, 2016). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.63-81.

Kartika, Tika. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 4, no. 2 (December 31, 2019). https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5988.

Mafluchah, Siti. “Efektivitas Metode Talaqqi & Musyafahah Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kualitatif Mahasiswa Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.” Tesis, Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, 2016.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Mufarrokah, Anissatul. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras, 2009.

Nurlaila, Nurlaila. “Anak-Anak Dan Hafalan Al-Qurán: Studi Metode Menghafal Al-Qurán Untuk Anak-Anak.” Hikmah: Journal of Islamic Studies 16, no. 1 (December 19, 2020). https://doi.org/10.47466/hikmah.v16i1.168.

Qomariah, Nurul, and M. Irsyad. Metode Cepat & Mudah Agar Anak Hafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Semesta Hikmah, 2016.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Alquran: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2013.

Sugiyarto. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2021.

Susanto, and Vivin Vidiawati. “Implementasi Prgram Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jakarta Selatan.” ElMoona Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1, no. 1 (2019).

Winaningsih, Elis Tuti. “Implementasi Metode Qiraati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Salman Al- Farisi Yogyakarta.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, n.d.

Zawawie, Mukhlisoh. Pedoman Membaca, Mendegar, Dan Menghafal Alquran. Solo: Tinta Medina, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.