Implementasi Metode Tahdhir Itqon Robth dalam Pembelajaran Tafhizh Al-Qur’an pada Sekolah Dasar Islam di Karawang

Nur Ainah, Danang Dwi Basuki, Budianto Budianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang implementasi metode Tahdhir Itqon Robth dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam di Karawang serta mengeksplorasi kendala-kendala yang dihadapi. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Metode Tahdhir Itqon Robth terdiri dari tiga tahapan: Tahdhir (menghadirkan hafalan), Itqon (menguatkan hafalan), dan Robth (menghubungkan hafalan). Setiap tahap melibatkan pengulangan hafalan di hadapan guru dan secara mandiri, serta peran penting orang tua dalam mendukung hafalan siswa. Pembelajaran dilaksanakan secara intensif dalam empat sesi pertemuan harian, dengan setiap sesi dipimpin oleh seorang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berhasil mencapai target hafalan, meskipun terdapat tantangan seperti perbedaan kecerdasan dan motivasi anak, serta kurangnya keterlibatan orang tua. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Tahdhir Itqon Robth efektif dalam membantu siswa mencapai target hafalan Al-Qur’an, dan dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lain dalam mengembangkan program tahfizh yang berkualitas dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga dalam pengembangan pendekatan pembelajaran tahfizh yang lebih efektif di sekolah-sekolah Islam, khususnya di Karawang.


Keywords


Al-Qur’an, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Tahfidz

Full Text:

PDF

References


Alakrash, Hussien Mohamad, and Norizan Abdul Razak. “Technology-Based Language Learning: Investigation of Digital Technology and Digital Literacy.” Sustainability 13, no. 21 (November 8, 2021). https://doi.org/10.3390/su132112304.

Basa, Fahmi Ali. “Implementasi Metode Pembelajaran Tahsin Dan Tahfizh Di Sekolah Dasar Islam Di Banjarmasin” 10, no. 2 (2024).

Brono, Haryo. “Ingatan Si Kecil Jauh Lebih Baik dari Orang Dewasa.” Koran Jakarta, October 27, 2021. https://koran-jakarta.com/ingatan-si-kecil-jauh-lebih-baik-dari-orang-dewasa.

Fadhiilah, Alyaa, and Danang Dwi Basuki. “Implementasi Metode Talqin Pada Mata Pelajaran Tahfidzul Qur’an Di Sekolah Dasar Cibinong” 5, no. 2 (2023).

Fairuzillah, Muhammad Naufal, and Aan Listiana. “The Positive Impact of Memorizing the Qur’an on Cognitive Intelligence of Children:” Bandung, Indonesia, 2021. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.071.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Muin Abdul, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, and Suprapno. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Lestari, Mariana Nur Endah, and Danang Dwi Basuki. “Implementasi Metode Tahsin Dan Talqin Dalam Meningkatkan Hafalan Peserta Didik Kelas 2b Di Sekolah Dasar Karawang” 7, no. 3 (2023).

Malik, Muhammad Abdul. “Sejarah Madzhab Qira’at Ashim Riwayat Hafs Di Nusantara; Tinjauan Historis Kritis.” Jurnal AlifLam: Journal of Islamic Studies and Humanities 3, no. 1 (July 10, 2022). https://doi.org/10.51700/aliflam.v3i1.431.

Muhammad, Yahya. “Implementasi Metode Sabqi dan Manzil sebagai solusi dalam menjaga hafalan Alquran santri Baitul Qur’an Markaz Al-Ma’tuq.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 3 (December 31, 2022). https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8067.

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir: kamus Arab-Indonesia. Edisi kedua, Cetakan keempat. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Norlina. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Tahfidz Al-Qur’an Surah Pendek Pilihan Di Min 6 Balangan.” Tesis, Universitas Islam Kalimantan MAB, 2022. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/10746.

Nurdamayanti, Eka, Farhandika Putra, and Novia Susanti. “Hubungan Antara Menghafal AL-Qur’an Dengan Kecerdasan Kognitif Pada Santri Usia 11-18 Tahun Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Nurussalam Batulicin Tanah Bumbu.” Jurnal Mahasiswa Kesehatan 5, no. 1 (October 31, 2023). https://doi.org/10.30737/jumakes.v5i1.5140.

Nurfitriani, Rahmah, Muhammad Almi Hidayat, and Musradinur Musradinur. “Implementasi Metode Kitabah Dan Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Tahfidz Siswa Sekolah Dasar.” PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN 11, no. 2 (June 17, 2022). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642.

Rahayu, Kurnia. TPS-TEGA: Penerapannya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.

Rudiansyah, Muhammad. “Implementasi Metode Tahfidz Pakistani Di Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an Al Askar Cisarua Bogor.” Tesis, Institut PTIQ Jakarta, 2022. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/491/.

Sastradiharja, Ee Junaedi, and Firman Firman. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Minat Menghafal Al-Qur’an Santri.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 02 (October 25, 2022). https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2640.

Shodikin, Eko Ngabdul, and Muh. Wasith Achadi. “Optimalisasi Pembelajaran Tahfidz al-Qur’an dengan Metode Taḥfīẓ Sabaq, Sabqi, Manzil di Madrasah Ibtidaiyah Lit Taḥfīẓil Qur’ān Jamilurrohman.” ISLAMIKA 5, no. 4 (October 1, 2023). https://doi.org/10.36088/islamika.v5i4.3836.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.