Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Melalui Metode Luar Kelas: Studi Kasus pada Siswa SDIT di Karawang

Salma Salma, Nur Ainah, Fitri Yessi Jami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak metode luar kelas terhadap keterlibatan, pemahaman, motivasi, serta keterampilan sosial dan emosional siswa, serta mengidentifikasi kendala dalam penerapannya di SDIT Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan delapan siswa kelas III dan satu guru PAI sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data mencakup observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran luar kelas di SDIT Karawang berhasil meningkatkan keterlibatan siswa melalui aktivitas yang bervariasi seperti membaca kisah nabi di perpustakaan dan praktik wudhu serta sholat di masjid. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan pemahaman terhadap materi PAI, serta pengembangan keterampilan sosial dan emosional seperti empati dan tanggung jawab. Meskipun demikian, kendala dalam manajemen kelas dan penggunaan fasilitas menjadi tantangan utama yang perlu diatasi untuk optimalisasi pembelajaran luar kelas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran PAI yang lebih efektif dan menarik, serta menjadi acuan bagi sekolah-sekolah lain dalam menerapkan pembelajaran luar kelas untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dan membentuk karakter siswa secara holistik.


Keywords


Luar Kelas, Motivasi Belajar, Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Adinda, Yunita, Wulandari, and Yusuf Saefudin. “Dampak Psikologis Dan Sosial Pada Korban Kekerasan Seksual: Perspektif Viktimologi.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7, no. 1 (2023).

Ahmad, Fauzi. “Pengaruh Pembelajaran Outdoor Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII di SMP Nusantara Plus Tangerang Selatan.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2014. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24781.

Alakrash, Hussien Mohamad, and Norizan Abdul Razak. “Technology-Based Language Learning: Investigation of Digital Technology and Digital Literacy.” Sustainability 13, no. 21 (November 8, 2021). https://doi.org/10.3390/su132112304.

Astuti, Fani Ramadhanti Fuji, Ninda Nabila Aropah, and Sigit Vebrianto Susilo. “Pendidikan Moral Sebagai Landasan Nilai Karakter Berprilaku.” Journal of Innovation in Primary Education 1, no. 1 (2022).

Faidah, Salsabila. “Nilai Moral yang Menurun dan Dampaknya pada Pergaulan Siswa.” Kumparan, August 8, 2023. https://kumparan.com/salsabilafaidahparamita/nilai-moral-yang-menurun-dan-dampaknya-pada-pergaulan-siswa-20bWcl4zbK3/1.

Faizah, Nadjematul. “Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 01 (February 25, 2022). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2427.

Haidam, Nur. “Pentingnya pemahaman moral terkait perilaku perundungan (bullying) pada anak usia sekolah.” Berita Kedokteran Masyarakat 34, no. 11 (December 12, 2018). https://doi.org/10.22146/bkm.40572.

Hudiarini, Sri. “Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik Di Kalangan Dunia Pendidikan Tinggi.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 2, no. 1 (May 9, 2017). https://doi.org/10.21067/jmk.v2i1.1699.

Ikhsan Bayu Aji Saputra. “Siswi MAN 2 Makassar Jadi Korban Bully Ngaku Diancam DO Pihak Sekolah.” Detikcom, 2023. https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6713917/siswi-man-2-makassar-jadi-korban-bully-ngaku-diancam-do-pihak-sekolah.

Iswandi, Iswandi, Zulfani Sesmiarni, Junaidi Junaidi, and Muhiddinur Kamal. “Implementasi Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Pada Pembelajaran PAI Di SD Islam Berbasis Pondok Syafa’ah-Salafiyah Ula IV Angkek Biaro Kabupaten Agam.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (August 8, 2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5041.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Muin Abdul, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, and Suprapno. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Leni, Ratna. “Penerapan Metode Outdoor Study Dalam Pembelajaran PAI Siswa Kelas 2 SDIT Baiturrahim Parik Putuih Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam.” Jurnal Inspirasi Pendidikan 1, no. 1 (2023).

Nasrul, Muh Iqbal, Baharullah, and Siti Fitriani Saleh. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Metode Pembelajaran Indoor Dan Outdoor Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 6, no. 1 (December 22, 2022). https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.1995.

Nurishlah, Laesti, Anisa Nurlaila, and Mangun Rusnaya. “Strategi Pengembangan Motivasi Instrinsik Di Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” MURABBI 2, no. 2 (December 30, 2023). https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.20.

Putri, Adillah, Putri Novirianti, and Hafizhullisan. “Bullying Di Sekolah Dalam Tinjauan Sosiologi Pendidikan,” April 19, 2023. https://www.researchgate.net/publication/370105526.

Rusman. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed. 2, Cet. ke-7. Seri manajemen sekolah bermutu. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.

Utama, Gangsar Febri. “Kemampuan Guru Mengelola Kelas 4 Dan 5 Sd Negeri Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 16, no. 5 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.