Manajemen P5 Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Penggerak SD Negeri 001 Bontang Utara

Rosenea Pratidina, Usfandi Haryaka, Nurlaili Nurlaili

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, dan 4) evaluasi manajemen projek penguatan profil pelajar pancasila berbasis kearifan lokal di sekolah penggerak kota Bontang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penegasan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan 1) perencanaan P5 diawali membentuk tim fasilitator P5, mengidentifikasi kesiapan sekolah, mengalokasikan waktu, menentukan dimensi (beriman bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, kebhinekaan global, gotong royong dan kreatif) dan tema (bhinneka tunggal ika, gaya hidup berkelanjutan, dan kewirausahaan) yang berbasis kearifan lokal kota Bontang, perancangan modul projek  dan strategi pelaporan P5; 2) pengorganisasian P5 dilaksanakan bersama koordinator P5 bersama tim pelaksana P5 setiap jenjang kelas, membagi tugas dan tanggung jawab, penyusunan modul dan jadwal P5, pengelolaan kelas dan  keterlibatan pihak terkait; 3) pelaksanaan  P5 dilaksanakan sesuai alur pelaksanaan di modul projek, setiap tim pelaksana memastikan keterlibatan dan partisipasi aktif setiap peserta didik, tahap pelaksanaan P5 diakhir dengan pesta hasil karya peserta didik serta berkoordinasi dan kolaborasi bersama orang tua dan pihak terkait; 4) evaluasi P5 dilaksanakan oleh tim pelaksana dan fasilitator P5 yang menilai setiap proses pelaksanaanya. Hasil evaluasi dan pelaporan P5 ditekankan pada proses bukan pada hasil projek. Dapat disimpulkan manajemen P5  di SD Negeri 001 Bontang Utara  yang berbasis kearifan lokal kota Bontang terlaksana secara optimal dengan berkolaborasi dan koordinasi yang baik dari semua pihak dalam manajemen P5.


Keywords


Manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Anwar, Muhammad Rofiq. “Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Di MAN 3 Sleman (Upaya Meningkatkan Mutu Guru Mata Pelajaran PAI).” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (April 27, 2020). https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1188.

Armadi, Ali, and Rate Seftinindias Dwi Kumala. “The Implementation of Strengthening Pancasila Student Profile’s (P5) Project at SDN Parsanga I.” Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 10, no. 2 (January 22, 2023). https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i2.18572.

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 01 (December 21, 2022). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951.

Damayanti, Indani, and Muhammad Iqbal Al Ghozali. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 2 (June 23, 2023). https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5563.

Dewi, Rahmawati Kumala, Syailin Nichla Choirin Attalina, and Hamidaturrohmah. “Analisis Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Kearifan Lokal Kabupaten Jepara Di Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10, no. 1 (March 6, 2024). https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2695.

Hanifah, Wardatul, Slamet Subiyantoro, and Muzzazinah. “Analysis of Teacher Readiness to Implement the Pancasila Student Profile Strengthening Project.” In Proceedings of the 6th International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2022), edited by Moh Salimi, Gunarhadi, Ratna Hidayah, and Dewanta Arya Nugraha, Vol. 767. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Paris: Atlantis Press SARL, 2023. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-114-2_63.

Iswatiningsih, Daroe. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah.” Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial 3, no. 2 (November 18, 2019). https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244.

Novayanti, Novayanti, Warman Warman, and Yudo Dwiyono. “Implementasi Program Sekolah Penggerak Dalam Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan 3 (December 31, 2023). https://doi.org/10.30872/jimpian.v3iSE.2965.

Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Nugraheni Rachmawati. “Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (March 28, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.

Osland, Olivia, Hanif Alkadri, Sulastri Sulastri, and Lusi Susanti. “Persepsi Guru Terhadap Peran Kepala Sekolah Sebagai Inovator Di Sekolah Menengah Kejuruan Di Kota Padang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (June 2, 2023): 3609–13. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6700.

Rahayuningsih, Suesthi, and Achmad Rijanto. “Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran Pada Program Sekolah Penggerak Di Nganjuk.” JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS 2, no. 02 (February 19, 2022). https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625.

Safitri, Andriani, Dwi Wulandari, and Yusuf Tri Herlambang. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (June 3, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.

Sari, Tri Puspita, Eddy Haryanto, and Mohammad Muspawi. “Pengaruh Kepemimpnan Kepala Sekolah, Struktur Organisasi, Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 1 (January 4, 2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2040.

Suzetasari, Melisa Vania, Dian Hidayati, and Retno Himma Zakiyah. “Manajemen Pendidikan Program P5 Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Basicedu 7, no. 5 (October 22, 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6106.

Yulianda, Sri, and Dea Mustika. “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 193 Pekanbaru).” ALSYS 3, no. 6 (October 24, 2023). https://doi.org/10.58578/alsys.v3i6.1966.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.