Pengaruh Penggunaan Video Animasi Berbantuan E-Book Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Tri Fahmi Muzaki, Prana Dwija Iswara, Dadan Djuanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi berbantuan e-book terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group , yang melibatkan pengajuan pretest sebelum treatment dan postest setelah treatment pada kedua kelompok. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di kecamatan kesambi kota cirebon. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 29 siswa kelas V A SD Negeri Kesambi Dalam 3 dan 29 siswa kelas V B SD Negeri Kesambi Dalam 3 Kota Cirebon. Hasil yang didapatkan pada analisis data pertama menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi baik yang menggunakan video animasi berbantuan e-book maupun yang tidak. Hasil analisis lanjutan menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan video animasi berbantuan e-book pada materi teks eksplanasi lebih menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Lalu analisis selanjutnya melihat perbandingan hasil belajar antara kedua kelas dan didapatkan hasil yang signifikan pada perbedaan hasil belajar, hasil perhitungan Effect Size juga menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang besar maka dapat disimpulkan  bahwa penggunaan video animasi berbantuan e-book memilki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi dan hasil belajar kelas yang menggunakan video animasi berbantuan e-book relatif lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan.


Keywords


Video Animasi, E-book, Teks Eksplanasi, Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References


Abraham, Irfan, and Yetti Supriyati. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 3 (August 27, 2022). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800.

Aini, Kurratul, and Indah Wigati. Keterampilan Menulis Dan Penalaran. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang, 2021.

Akbar, Ahmad Ali, and Tarman Tarman. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 1, no. 1 (April 6, 2018). https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1238.

Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad, and Sakura H. Ridwan. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga, 1988.

Amin, Rochmad Adim Kholif Al. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Video Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 9, no. 1 (July 1, 2021). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53858.

Isnawan, Muhamad Galang. Kuasi Eksperimen. Lombok: Nashir Alkutub Indonesia, 2020.

Mailani, Okarisma, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, and Jundi Lazuardi. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia.” Kampret Journal 1, no. 2 (January 30, 2022). https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.

Moeliono, Anton M., Hans Lapoliwa, Hasan Alwi, Sry Sattya Tjatur, Wisnu Sasangka, and Sugiyono Sugiyono. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. https://repositori.kemdikbud.go.id/16351/.

Nasehudin, Toto Syatori. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pustaka Setia, 2015.

Noermanzah, Noermanzah. “Struktur Kalimat Tunggal Bahasa Sindang Di Kota Lubuklinggau Dan Pengaruhnya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1, no. 1 (June 30, 2017). https://doi.org/10.21009/AKSIS.010101.

Paramita, Ratna Wijayanti Daniar. Metode Penelitian Kuantitatif (Buku Ajar Perkuliahan Metode Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi). Lumajang: Program Studi Akuntansi STIE Widya Gama Lumajang, 2015.

Soulisa, Irwan, Frenny Sivia Pormes, and Novalina Asmuruf. “Peningkatan Kemampuan Menganalisis Informasi Dalam Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas XI Smk Negeri 2 Kota Sorong.” SOSCIED 6, no. 1 (2023).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Suprianto, Edy. “Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 02 (February 5, 2020). https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810.

Yulistiani, Delvia, and Dian Indihadi. “Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 3 (September 26, 2020). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25625.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.