Pengaruh Strategi SQ3R Berbantuan Mind Map Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh strategi SQ3R berbantuan Mind Map terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V. Desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Strategi SQ3R berbantuan Mind Map diterapkan pada kelompok eksperimen, sementara strategi SQ3R tanpa Mind Map diterapkan pada kelompok kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dari dua sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui tes membaca pemahaman yang diberikan setelah intervensi pada kedua kelompok. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik untuk membandingkan hasil posttest antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok kontrol yang menggunakan strategi SQ3R tanpa Mind Map memiliki hasil posttest yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok eksperimen yang menggunakan strategi SQ3R berbantuan Mind Map. Namun, perbedaan skor antara kedua kelompok tidak signifikan secara statistik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Mind Map sebagai tambahan dalam strategi SQ3R tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V. Penggunaan Mind Map dalam pembelajaran membaca diduga merupakan kasus distraksi yang menyebabkan pengaruh yang tidak signifikan. Temuan ini harus ditindaklanjuti dengan penelitian lebih lanjut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M.Makhrus, Tri Hariyati, Meli Yudestia Pratiwi, dan Siti Afifah. “Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian.” Education Journal 2, no. 2 (2022).
Alpian, Viny Sarah, dan Ika Yatri. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298.
Aviana, Rima, Rien Anitra, dan Dina Anika Marhayani. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Ditinjau Dari Minat Baca Siswa Kelas V SD.” Journal of Elementary School (JOES) 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4596.
Irma Sari, Elia, Cicih Wiarsih, dan Dhi Bramasta. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 1 (1 Maret 2021). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847.
Isnawan, Muhammad Galang. Kuasi-Eksperimen. Nusa Tenggara Barat: Nashir Al-Kutub Indonesia 2020.
Kustian, N, G. “ACADEMIA.” Jurnal Inovasi Riset Akademik 1, no. 1 (2021).
Muhiddin, Muhiddin, Ibrahim Ibrahim, Nurul Akmal, dan Said Hasan. “Penerapan Model Survey Question Read Recite Review Sq3R Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp.” Jurnal Biology Education 8, no. 1 (2020). https://doi.org/10.32672/jbe.v8i1.2016.
Nurlelah, Nurlelah, Siti Istiningsih, dan Heri Setiawan. “Hubungan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Cerita Fiksi Siswa Kelas V SDN Gugus 5 Cakranegara.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 1 (2022). https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2869.
Restuningsih, Made Anita, Dantes Nyoman, dan Nyoman Sudiana. “Kemampuan Membaca Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Membaca Pada Siswa Kelas V Sd Kristen Harapan Denpasar.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680.
Safitri, H. N. E, S. Y Slamet, dan T Budiharto. “Kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca dan penguasaan diksi peserta didik kelas IV sekolah dasar.” Didaktika Dwija Indria 9, no. 5 (2021).
Sakinah, Winda Putri, dan Nini Ibrahim. “Pengaruh Metode Sq3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) 7, no. 1 (2023).
Siregar, Eveline, dan Reto Widyaningrum. “Belajar Dan Pembelajaran.” Mkdk4004/Modul 01 09, no. 02 (2015).
Sobri, Sobri. “Strategi Belajar Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Bacaan Siswa.” Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.22236/jollar.v1i1.1242.
Somadayo, Samsu. “Pengaruh Model Pembelajaran Pqrst Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Ditinjau Dari Minat Baca.” Edukasi 13, no. 1 (2016). https://doi.org/10.33387/j.edu.v13i1.24.
Yasin, Muhammad, Azizzah Asma, dan Al Husna. “Karakteristik Hubungan Guru dan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 7, no. 1 (2024).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4289
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.