Pengaruh Card Sort Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV Materi Kerajaan di IndonesiaPengaruh Card Sort Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV Materi Kerajaan di Indonesia
Abstract
Pendidikan menjadikan manusia untuk dapat berkembang lebih baik. Kurangnya kualitas pemahaman siswa dalam materi kerajaan di Indonesia yang salah satunya disebabkan pembelajaran yang kurang variatif. Maka dalam permasalahan ini, digunakan media pembelajaran Card Sort berbantuan video animasi dengan tujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang di hasilkan dari penerapan media pembelajaran Card Sort berbantuan video animasi pada siswa kelas IV materi kerajaan di Indonesia. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain Non-equivalent Control Group Design. Jumlah partisipan yaitu 60 siswa dari dua sekolah yang berada di kecamatan Sumedang Utara. Data yang telah didapat diolah serta dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran di kelompok eksperimen. 2) Terdapat pengaruh signifikan pada pembelajaran di kelompok kontrol. 3) Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi sehingga dikatakan pembelajaran lebih baik ketika menggunakan media Card Sort berbantuan video animasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, Irfan, and Yetti Supriyati. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 3 (2022). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800.
Anderson, Lorin W, and David R Krathwohl. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran Dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Aprilika, Dea, Asep Sukenda Egok, and Harmoko. “Penerapan Strategi Card Sort Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Lubukngin.” Linggau Jurnal Of Elementary School Education 2, no. 2 (2022).
Damiati, Muhamad, Nurasikin Junaedi, and Masduki Asbari. “Prinsip Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3, no. 2 (2024).
Dani, Ferdi Ahmad, Faizzatul Ummah, Nila Rayi Puspitasari, Ferdi Yusril Hikam Suharsono, Lailatul Nuraini, and Bambang Supriadi. “Studi Komparasi Kemampuan Pemahaman Konseptual Siswa Man 1 Banyuwangi Dan Man 3 Banyuwangi Pada Materi Model Atom.” Jurnal Kumparan Fisika 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.33369/jkf.5.2.105-112.
Daniyati, Ani, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, and Usep Setiawan. “Konsep Dasar Media Pembelajaran.” Journal of Student Research 1, no. 1 (January 23, 2023). https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993.
Ekaprasetya, Sahma Nada Afifah, Shalwa Rizkya Salsabila, Muh Husen Arifin, and Yona Wahyuningsih. “Peran Pembelajaran IPS Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (April 2, 2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3487.
Faradila, Shafira Puspa, and Siti Aimah. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMA N 15 Semarang.” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus 1 (2018).
Fauzi, Anis, Imam Mashuri, Deni Arjun Priwanto, and Hasil Belajar Siswa. “Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits.” International Journal of Educational Resources (INCARE) 03, no. 03 (2022).
Friska, Sonia Yulia, Maulidya Tri Amanda, Ana Novitasari, and Gingga Prananda. “Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai.” PENDIPA Journal of Science Education 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.250-255.
Iklimatul Wardah, Tati Fauziah, Hasmiana Hasan, Israwati. “Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 14 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (2018).
Ismai. “Teknik Multimedia Dan Animasi,” 2021.
RimahDani, Dita Elha, Shaleh Shaleh, and Nurlaeli Nurlaeli. “Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1829.
Sakerebau, Junier. “Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 1 (2018). https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22.
Syahid, Ahmad. “Gembira Bersekolah: Memaknai Fun Learning Di Sekolah Dasar.” Education 1, no. 1 (2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4302
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.