Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Para Guru SD di Sumedang

Nadia Nur A'fiani, Atep Sujana, Enjang Yusup Ali

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pada hambatan yang terdapat pada kebijakan Kurikulum Merdeka yang masih tergolong baru, yaitu kesulitan dalam memperoleh akses berbagai jenis informasi terkait kurikulum merdeka. Kemendikbudristek meluncurkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk membantu guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar oleh para guru SD di Sumedang. Pendekatan Kualitatif dengan metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Studi kasus digunakan sebagai metode penelitian dalam penelitian ini karena ampuh untuk mengeksplorasi fenomena secara holistik dan mendalam, terutama dalam konteks penelitian kualitatif. Partisipan dari penelitian ini, yaitu guru kelas III, IV, V, dan VI yang mengajar mata pelajaran IPAS pada beberapa SD yang berbeda di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang. Wawancara dan studi dokumentasi digunakan sebagai metode untuk pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat antusias dengan PMM, namun kendala motivasi, akses internet, dan pemahaman kurikulum menghambat optimalisasi potensi platform ini dalam menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif.


Keywords


Platform Merdeka Mengajar, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Johar. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 4, no. 02 (March 16, 2023). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995.

Anggraeni, Dewi, and Rizaldi Rizaldi. “Sosialisasi Platform Kampus Merdeka Sebagai Wadah Berkarya Guru.” Journal Of Indonesian Social Society (JISS) 1, no. 2 (June 30, 2023). https://doi.org/10.59435/jiss.v1i2.119.

Anwar, Choerul, and Ririn Puji Utami. “Analisis Problematika Guru Dalam Membuat Aksi Nyata Pada Platform Merdeka Mengajar.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 2, no. 2 (February 5, 2023). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.385.

Assyakurrohim, Dimas, Dewa Ikhram, Rusdy A Sirodj, and Muhammad Win Afgani. “Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer 3, no. 01 (December 21, 2022). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951.

Aulia, Desi, Irda Murni, and Desyandri Desyandri. “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1b (April 28, 2023). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310.

Hakim, Muhammad Nur, and Achmad Anwar Abidin. “Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Vokasi Dan Pengembangan Guru.” Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (May 23, 2024). https://doi.org/10.59373/kharisma.v3i1.47.

Ketaren, Aswinta, Faisal Rahman, Heddy Petra Meliala, Nuraini Tarigan, and Rusnita Simanjuntak. “Monitoring Dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Pada Satuan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (December 10, 2022). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10030.

Marisana, Dela, Sofyan Iskandar, and Dede Trie Kurniawan. “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (January 2, 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363.

Nasution, Abdul Fattah. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Meyniar Albina. Bandung: CV. Harva Creative. Bandung: CV. Harva Creative, 2023.

Nurani, Dwi, Lanny Anggraini, Misiyanto, and Kharisma Rizqi Mulia. Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar, 2022.

Nurhasanah, Ana, Reksa Adya Pribadi, and M. Dapid Nur. “Analisis Kurikulum 2013.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 7, no. 02 (December 31, 2021). https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.239.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 22, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Ramdani, Muhammad, Sri Yani Yuliyanti, Imam Taroji Rahmatulloh, and Suratman Suratman. “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Guru Sekolah Dasar.” Journal of Instructional and Development Researches 2, no. 6 (December 31, 2022). https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201.

Sarosa, Samiaji. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Sleman: PT Kanisius, 2021.

Sasmita, Eli, and Darmansyah Darmansyah. “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso).” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (November 20, 2022). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154.

Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (July 2, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Uluwiyah, Tarbyatul, Nur Kholis, and Mochammad Iskarim. “Analisis Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PAI & BP Dalam Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Basicedu 8, no. 1 (February 13, 2024). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.