Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Kelas V pada Materi Seni Rupa 2 Dimensi

Feby Indriani, Julia Julia, Diah Gusrayani

Abstract


Artikel ini membahas pengaruh Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas siswa pada materi seni rupa 2 dimensi melalui metode quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V dengan teknik sampling jenuh maka semua populasi dikatakan sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V (lima) dengan 28 siswa kelas eksperimen dan 29 siswa kelas kontrol di salah satu SD Negeri di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pengaruh PjBL terhadap kreativitas siswa yang menggunakan model PjBL dan yang tidak dalam membuat karya seni kolase. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji paired sample t-test, dan independent sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari PjBL terhadap kreativitas siswa, yang terlihat dari hasil post-test pada kelas eksperimen yang berada pada kategori sedang dalam pembagian tingkat efektivitas analisis n-gain.


Keywords


Project Based Learning, Kreativitas, Seni Rupa 2 Dimensi

Full Text:

PDF

References


Balaka, Muh. Yani. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.

Dwi Amalia, Fadhilah, Fajar Setiawan, and Kunti Dian Ayu Afiani. “Project Based Learning Sebagai Solusi Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Dalam Pembelajaran IPS.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (June 24, 2023): 4034–52. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7126.

Fakhriyani, Diana Vidya. “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.” Wacana Didaktika 4, no. 2 (December 28, 2016). https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200.

Hanifah, Farah, and Moh Fikri Zulfikar. “Project Based Learning Dalam Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA” 4, no. 1 (2024).

Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group, 2020. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1370526.

Hartatik, Tri, Retno Winarni, and Anesa Surya. “Studi Nilai Karakter pada Simbolisme Batik Ngawi Motif Srambang Park dalam Pembelajaran Seni Rupa.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7, no. 1 (March 3, 2021). https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3139.

Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran, 2019.

Iswantari, Indah. “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Paedagogy 8, no. 4 (October 5, 2021): 490. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4126.

Munasti, Kholida, Hibana Hibana, and Susilo Surahman. “Penggunaan Mind Mapping sebagai Media Pengembangan Kreativitas Anak di Masa Pandemi.” Aulad: Journal on Early Childhood 4, no. 3 (September 24, 2021). https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.104.

Musa’ad, Faida, Rizky Ekawaty Ahmad, Sundari Sundari, and Hidayani Hidayani. “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 2 (July 12, 2024). https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3361.

Nurhadiyati, Alghaniy, Rusdinal Rusdinal, and Yanti Fitria. “Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (December 30, 2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684.

Pudyaningrum, Sheshylia. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 Sdn Cungkup.” Thesis, Universitas Islam Sultan Agung, 2023. https://repository.unissula.ac.id/32154/.

Sari, Dina Keumala, Rina Amelia, Ridha Dharmajaya, Liza Meutia Sari, and Nadya Keumala Fitri. “Positive Correlation Between General Public Knowledge and Attitudes Regarding COVID-19 Outbreak 1 Month After First Cases Reported in Indonesia.” Journal of Community Health 46, no. 1 (February 2021). https://doi.org/10.1007/s10900-020-00866-0.

Wahyuni, Eka, and Fitriana Fitriana. “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Smp Negeri 7 Kota Tangerang.” Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 3, no. 1 (March 30, 2021). https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262.

Yani, Ahmad. Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahlimedia Book, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.