Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Materi Bangun Ruang

Siti Annisa Nurhayati, Cucun Sunaengsih, Isrok’atun Isrok’atun

Abstract


Penelitian dilaksanakan demi mengetahui informasi terkait pengaruh media video animasi “Piknik bersama Matematika” terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang. Adanya pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi “Piknik bersama Matematika” terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang, dan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media video animasi “Piknik bersama Matematika” di Kelas V pada materi bangun ruang, serta untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media konvensional dan alat peraga di Kelas V pada materi bangun ruang. Metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian quasy eksperimen jenis non-equivalent control group design dipilih untuk menunjang keberhasilan penelitian ini. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas V SD Se-Gugus 1 Kecamatan Gunung Jati dan sampel penelitian adalah siswa Kelas V 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis dan observasi guru. Temuan penelitian yang didapatkan saat pelaksanaan penelitian ini adalah kelas eksperimen yang menggunakan media video animasi “Piknik bersama Matematika” mempunyai sig. 0,000 yang menandakan bahwa ada pengaruh baik pada pemahaman konsep matematis siswa Kelas V pada materi bangun ruang. Pada kelas kontrol yang menggunakan media konvensional dan alat peraga mempunyai sig. 0,000 yang menandakan bahwa ada pengaruh baik pada pemahaman konsep matematis siswa Kelas V pada materi bangun ruang. Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media video animasi “Piknik bersama Matematika” di Kelas V pada materi bangun ruang mempunyai interpretasi sangat baik dengan rata-rata 92,84%. Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media konvensional dan alat peraga di Kelas V pada materi bangun ruang mempunyai interpretasi sangat baik dengan rata-rata 95,07%. Dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan media konvensional dan alat peraga lebih baik dari pada media video animasi “Piknik bersama Matematika”.


Keywords


Media Video Animasi Piknik Bersama Matematika, Pemahaman Konsep Matematis, Siswa Kelas V, Bangun Ruang

Full Text:

PDF

References


Amin, Nur Fadilah, Sabaruddin Garancang, and Kamaluddin Abunawas. “Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian.” PILAR 14, no. 1 (June 12, 2023). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624.

Ananda, Rusyidi, and Abdillah. Pembelajaran Teradu Karakteristik, Landasan, Fungsi, Prinsip Dan Model. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia, 2018.

Apriadi, Hardi. “Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 5, no. 1 (March 31, 2021). https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621.

Candra Susanto, Primadi, Dewi Ulfah Arini, Lily Yuntina, Josua Panatap Soehaditama, and Nuraeni Nuraeni. “Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, Dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka).” Jurnal Ilmu Multidisplin 3, no. 1 (April 10, 2024). https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504.

Febriani, Peni, Wahyu Widada, and Dewi Herawaty. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 4, no. 2 (December 2, 2019). https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9761.

Khotimah, S.H, and Risan Risan. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 3, no. 1 (March 5, 2019). https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108.

Listiawan, Tomi, and Antoni Antoni. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Materi Transformasi Geometri.” JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika) 7, no. 1 (March 30, 2021). https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2099.

Magdalena, Ina, Nurul Hidayati, Ratri Hersita Dewi, Sabgi Wulan Septiara, and Zahra Maulida. “Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya.” MASALIQ 3, no. 5 (July 8, 2023). https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379.

Mashuri, Sufri, Hasan Djidu, and Retno Kusuma Ningrum. “Problem-Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Guru Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 14, no. 2 (December 3, 2019). https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034.

Novelza, Ice Dwi, and Rhomiy Handican. “Systematic Literature Review: Apakah Media Pembelajaran Mampu Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika?” Griya Journal of Mathematics Education and Application 3, no. 1 (March 31, 2023). https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.269.

Nurfadilah, Siti, and Dori Lukman Hakim. “Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika.” Prosiding Sesiomadika 2, no. 1e (2020). https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/2990.

Ponza, Putu Jerry Radita, I Nyoman Jampe, and I Komang Sudarma. “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar.” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha 6, no. 1 (2018).

Pradhana, Muhammad Rizqi, and Sukoco Sukoco. “Pembuatan Video Iklan Animasi 2D Anime Style Pada Kedai Kovida Kopi Surakarta.” Surakarta Informatic Journal 5, no. 1 (March 3, 2023). https://ejournal.unsa.ac.id/index.php/sij/article/view/1049.

Pranata, Ella. “Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 1, no. 1 (March 1, 2016). https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80.

Purnomosidi, Wijayanto, Safiroh, and Ida Gantiny. Buku Guru Senang Belajar Matematika SD/MI Kelas V. Jakarta: Buku Kurikulum 2013, 2018.

Rizki Ailulia, Putri Novi Saidah, and Wulan Sutriani. “Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V.” Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 2 (August 11, 2022). https://doi.org/10.56916/jp.v1i2.57.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.