Pengaruh Kartu Bergambar Berbantuan Video Terhadap Pemahaman Siswa pada Materi Mengenal Bilangan Kelas I
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar berbantuan video terhadap pemahaman siswa; untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konvesional terhadap pemahaman siswa; dan perbedaan pengaruh media kartu bergambar berbantuan video dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman siswa. Pemahaman merupakan faktor penting dalam kegiatan pembelajaran. Ketika siswa telah memahami konsep matematika, maka siswa akan dengan mudah menyelesaikan masalah dalam pelajaran matematika. Pada materi pengenalan bilangan, meskipun sangat mendasar dan mudah, namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal tersebut menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Metode kuasi eksperimen digunakan dalam penelitian dengan desain non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pretest-posttest yang telah diuji validitas dan reliabilitas sebelumnya. Instrumen nontes berupa observasi kinerja guru dan aktivitas siswa yang digunakan sebagai data pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan media kartu bergambar berbantuan video memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman siswa. Begitupun pembelajaran konvensional, memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman siswa. Namun demikian, perbedaan pengaruh media kartu bergambar berbantuan video dan pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa pengaruh media kartu bergambar berbantuan video lebih unggul dibandingkan pembelajaran konvensional. Begitupun hasil observasi kinerja guru dan aktivitas siswa menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media kartu bergambar berbantuan video lebih unggul dibandingkan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar berbantuan video memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmedy, Asmedy. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Model Pembelajaran Konvensional Pokok Bahasan Dimensi Tiga.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 2, no. 2 (9 April 2021). https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.42.
Audie, Nurul. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (31 Mei 2019). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.
Dewi, Anak Agung Ayu Laksmi. “Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Ruang Siswa Kelas I SD Negeri 4 Pemecutan Denpasar.” Skripsi, Universitas Pendidikan Ganesha, 2022. https://repo.undiksha.ac.id/10986/.
Febrian, Rifki. “Pengaruh Media Lego Blocks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perkalian Di Sekolah Dasar.” Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2023. http://repository.upi.edu.
Fitriani, Muhammad Irfan, dan Sunardi Sunardi. “Pengembangan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Siswa Kelas 1 SDN Nunu.” Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (20 Maret 2022). https://doi.org/10.70713/pjp.v2i1.28784.
Mutiarasari, Mamah Rohaeti Vitri. “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berstrategi React Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Pengumpulan Dan Penyajian Data.” Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2023. http://repository.upi.edu.
Najib, Donas Ahmad, dan Elhefni. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang.” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 2, no. 1 (2016).
Norma. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pembelajaran pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19.” SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 1, no. 2 (25 November 2021). https://doi.org/10.51878/social.v1i2.697.
Pertiwi, Intan Nurma, Sumarno Sumarno, dan Anggun Dwi. “Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Dan Menulis.” MIMBAR PGSD Undiksha 7, no. 3 (20 Agustus 2019). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.
Qulub, M Churriyatul, Citra Miranti Almadani, Safira Nur Laila, Tia Anilatus Sadiah, dan Andika Adinanda Siswoyo. “Penggunaan Media Lagu sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Satuan Panjang.” ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 2, no. 3 (27 Juli 2022). https://doi.org/10.51878/elementary.v2i3.1378.
Radiusman, Radiusman. “Studi literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 6, no. 1 (30 Juni 2020). https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.
Rahmadani, Wulan, dan Amrah. “Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga.” Pinisi Journal Of Education 4, no. 3 (2024).
Sahrun Nisa, Mai Sri Lena, Hafsah Anas, dan Tiara Utari. “Implementasi Capaian Pembelajaran Informatika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa 2, no. 3 (9 Juni 2023). https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.955.
Sapriyah, Sapriyah. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (31 Mei 2019).
Tania, Ulfa, Sutrisni Andayani, dan Handoko Santoso. “Kreativitas Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa TK Dharmawanita.” POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan 3, no. 2 (18 Agustus 2023). https://doi.org/10.24127/poace.v3i2.3559.
Wulandari, Indah, dan Agung Setyawan. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Pada Siswa Kelas I SD Negeri Keleyan I.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 2, no. 3 (10 Juni 2023). https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.962.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4320
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.