Pengaruh Video Animasi Syamil Dodo Terhadap Pemahaman Konsep Materi Hari Akhir Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Dikky Rahmanto, Ani Nur Aeni, J. Julia

Abstract


Materi tentang hari akhir dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) yang bersifat abstrak sering kali sulit dipahami oleh siswa. Akibatnya, pemahaman mereka terhadap materi tersebut cenderung rendah jika pendidik tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Di lapangan, banyak pendidik masih menggunakan media konvensional, sehingga pembelajaran kurang berpengaruh dalam pemahaman siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui pengaruh penggunaan video animasi Syamil Dodo terhadap pemahaman konsep materi hari akhir siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan pengujian pretest dan posttest setelah perlakuan (treatment) diberikan kepada kedua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Kecamatan Sumedang Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel sebanyak 35 siswa dari SDN Panyingkiran II dan 35 siswa dari SDN Panyingkiran III. Hasil analisis data awal menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep, baik pada kelompok yang menggunakan video animasi Syamil Dodo maupun yang tidak. Analisis lanjutan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan video animasi Syamil Dodo pada materi hari akhir menghasilkan hasil belajar yang lebih baik. Selanjutnya, analisis perbandingan hasil belajar antara kedua kelas menunjukkan perbedaan signifikan, dengan perhitungan N-Gain skor yang juga menunjukkan adanya pengaruh sebesar 0,52. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi Syamil Dodo memiliki pengaruh terhadap pemahaman konsep materi hari akhir dengan kategori sedang.


Keywords


Video Animasi, Pemahaman Konsep, Hari Akhir

Full Text:

PDF

References


Abraham, Irfan, dan Yetti Supriyati. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 3 (2022). https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800.

Adisel, Adisel, Icha Eka Saputri, Ahmad Ulfah, Anggi Herlen Sudomo, Samsani Alamsah, dan Ulandari Ulandari. “Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 5, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3409.

Aeni, Ani Nur, Dwina Aprilia, Nur Amalia Putri, dan Adelia Afriyanti. “Penggunaan Video Animasi DESI (Deskriptif, Edukatif, Smart dan Interaktif) Mengenai Sistem Pembayaran Shopee Pay Later dalam Pandangan Ekonomi Islam sebagai Sarana Edukatif bagi Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22, no. 2 (2022). https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2258.

Aeni, Ani Nur, Mita Dewi Handari, Sakti Wijayanti, dan Wira Sakti Sutiana. “Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran Di SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (12 Mei 2022). https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1077.

Aeni, Ani Nur, Alya Arifah Marhamah, Elza Alida Yasmin, dan Puti Ageng Ambunsuri. “Pemanfaatan Linktree Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Pemahaman Zakat Bagi Siswa Kelas 6 SD.” Journal on Education 5, no. 4 (10 April 2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2620.

Fitriani, Rahma Ayu, Ani Nur Aeni, Rafika Nur’Azizah, dan Ajeng Regita Ramadhanty. “Pengembangan E-Book BUDINKAH (Buku Digital Infaq dan Sedekah) sebagai Media Pembelajaran PAI untuk Siswa Kelas VI SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 2 (2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2091.

Friska, Sonia Yulia, Maulidya Tri Amanda, Ana Novitasari, dan Gingga Prananda. “Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai.” PENDIPA Journal of Science Education 6, no. 1 (27 Oktober 2021). https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.250-255.

Karimah, Anisa Fiola, Julia Julia, Prana Dwija Iswara, Ali Ismail, Diah Gusrayani, dan Isrokatun Isrokatun. “Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kesadaran Siswa Sekolah Dasar Terhadap Perundungan.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9, no. 1 (2024). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.841.

Kurniawan, Dicky, Dedi Kuswandi, dan Arafah Husna. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang.” JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran 4, no. 2 (2018). https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119.

Maulidiyah, Catri. “Pengembangan Video Animasi Berbasis Plotagon dan Kinemaster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II SD Islam Lukman Hakim Pakisaji-Malang.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.5910.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 1 (27 Juni 2018). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Rahayu, Putri Nurjati, Ani Nur Aeni, dan Atep Sujana. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kolaborasi Siswa: Peran Model Problem Based Learning Terhadap Siswa Kelas V.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia 4, no. 3 (31 Juli 2024). https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i3-16.

Rahman, Abdul, Khaeruddin Khaeruddin, dan Evi Ristiana. “Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201.

Rahmayanti, Laily, dan Farida Istianah. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 4 (22 Juni 2018). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23606.

Savira, Annisa’ Ni’ma, Rahma Fatmawati, Muchammad Rozin Z, dan Muhammad Eko S. “Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif.” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M) 1, no. 1 (2018). https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963.

Setiani, Early Azzahra. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Kelas III Di SD Al-Zahra Indonesia.” Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72472.

Shabira Khairunnisa Pratidina, Prana Dwija Iswara, dan Ani Nur Aeni. “Pengembangan Video Animasi Mengenal Pokok Pikiran Sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 7, no. 1 (2024). https://doi.org/10.31949/jee.v7i1.8522.

Silaturrahmi, Fauziah, Ali Akbarjono, dan Ahmad Syarifin. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Kisah Teladan Nabi Muhammad Dengan Menggunakan Video Animasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 15 Kepahiang.” JPT: Jurnal Pendidikan Tematik 3, no. 2 (2022).

Sugiarto, Alimron, Maryamah, dan Ermila Katra. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Film Animasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (PAI-BP) Di Kelas VI SD Negeri 32 Palembang.” Guruku 2, no. 1 (2023).

Sunami, Mayang Ayu, dan Aslam Aslam. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (1 Juli 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Twozia, Thya. “Pengaruh Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep Segitiga Siswa Kelas IV di SDN Gentramasekdas.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (2021). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1692.

Usmadi, Usmadi. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).” Inovasi Pendidikan 7, no. 1 (3 November 2020). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.