Analisis Tingkat Kreativitas Pembelajaran P5 Melalui Kegiatan Pemanfaatan Barang Bekas pada Peserta Didik di Sekolah Dasar
Abstract
Peningkatan kreativitas merupakan salah satu bentuk proses belajar yang dapat meningkatkan potensi siswa dengan melakukan kegiatan pemanfaatan barang bekas dalam pembelajaran P5. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kreativitas peserta didik sekolah dasar melalui pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan memanfaatkan barang bekas. Kreativitas merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif dan afektif anak. Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran tidak hanya mendorong kreativitas tetapi juga meningkatkan kesadaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunkaan desain evaluasi program. Subjek penelitian ini terdiri dari empat orang guru kelas I, II, IV, dan V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemanfaatan barang bekas dalam pembelajaran P5 meningkatkan kreativitas siswa, yang terlihat dari indikator kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), pengembangan dan perumusan kembali (elaboration). Siswa mampu menghasilkan ide-ide unik, mengeksplorasi berbagai penggunaan barang bekas, dan mengembangkan produk kreatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran P5 dengan pemanfaatan barang bekas efektif dalam meningkatkan kreativitas dan kepedulian lingkungan pada siswa sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, Ritma Rinipta, Hendra Harmi, and Amanah Rahma Ningtyas. “Proses Pemanfaatan Barang Bekas Terhadap Implementasi Projk Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikuum Merdeka Pada Siswa Kelas IV a.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Curup, 2023. https://e-theses.iaincurup.ac.id/4879/.
Astuti, Rini. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui PjBL.” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 8, no. 2 (August 1, 2015). https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3872.
Azizah, Nilam Pritami Nur, and Nur Amalia. “Kegiatan Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 8, no. 1 (May 6, 2023). https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422.
Fauziah, Nadia. “Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak.” JIV-Jurnal Ilmiah Visi 8, no. 1 (June 28, 2013). https://doi.org/10.21009/JIV.0801.4.
Hanifah, Aida Nuzul Umi, Chozainil Ardlil Haq, Suranto Suranto, Agus Susilo, Almuntaqo Zainuddin, and Indri Khoirunnisa. “Peningkatan Kreativitas Anak Dengan Memanfaatan Barang Bekas Hiasan Kain Flannel Bagi Anak TPA Nurul Yaqin Desa Sugihan.” Buletin KKN Pendidikan 3, no. 2 (December 4, 2021). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15714.
Hardini, Karen. “Kolong Jembatan Siluk Sebagai Ruang Pendidikan Seni Dan Lingkungan Bagi Anak-Anak.” Journal of Contemporary Indonesian Art 7, no. 1 (April 30, 2021). https://doi.org/10.24821/jocia.v7i1.5260.
Kohar, D. Abdul, Fathurahman, Aan Hasanah, and Bambang Samsul Arifin. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-Ppra) Sebagai Internalisasi Karakter Dan Kreativitas Siswa.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (June 11, 2024). https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14869.
Laila, Alfi, and Sutrisno Sahari. “Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran.” JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA 1, no. 2 (January 31, 2016). https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/213.
Maghfirah, Siti. “Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak.” Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education 2, no. 1 (July 10, 2019). https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938.
Marliani, Rina. “Peningkatan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di MTs YPP Babakan Jamanis Melalui Bantuan Renovasi.” Sosiosaintika 1, no. 1 (March 6, 2023). https://doi.org/10.59996/sosiosaintika.v1i1.30.
Oktasari, Movi. “Pemanfaatan Media Barang Bekas Dalam P5 Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas Iv Mis Guppi No 12 Lubuk Kembang.” Skripsi, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI( IAIN) CURUP, 2024.
Pasamba, Ester Melania. “Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Di SD Kristen Wangel.” ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (June 2023).
Pransiska, Selvi, Deri Wanto, and Aida Rahmi Nasution. “Pemanfaatan Aplikasi Mind Master Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Seroja : Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2022). https://doi.org/10.572349/seroja.v1i2.185.
Pransista, Nadia, Annisa Radhiatun Mardhia, Ernanti Wahyurini, and Nova Asvio. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Di SDIT Ummu Fathimah Kota Bengkulu.” JPT : Jurnal Pendidikan Tematik 5, no. 1 (April 26, 2024). https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/1133.
Rusandi and Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 2, no. 1 (June 17, 2021). https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4352
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.