Pengaruh Media Monopoli Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Salah satu tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran adalah menemukan cara untuk membuat siswa lebih tertarik dan terlibat secara aktif dalam memahami materi. Dalam hal ini, media pembelajaran interaktif memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu media yang menarik untuk diterapkan adalah media monopoli. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran monopoli terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SD pada materi rantai makanan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Dua kelas V sekolah dasar dipilih secara acak, dengan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran monopoli, dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang menggunakan Media pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep. Populasi penelitian mencakup dua sekolah yang dipilih sebagai sampel, yaitu SDN 1 Anjatan Baru dengan 33 peserta didik dan SDN 1 Anjatan Utara dengan 33 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua metode pembelajaran, yaitu menggunakan permainan monopoli dan media pembelajaran konvensional, sama-sama efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap rantai makanan. Namun, analisis effect size menunjukkan bahwa pengaruh permainan monopoli terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa tergolong rendah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, I, dan Y Upriyati. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan : Literatur. Ilmiah Mandala Education.” Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8, no. 3 (2022).
Aeni, Ani Nur. “Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam.” Mimbar Sekolah Dasar 1, no. 1 (2014).
———. “Persepsi Guru SD Dan Mahasiswa Calon Guru SD Tentang Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Dalam Koferensi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Dasar. Rekonstruksi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Dasar: Menjawab Tantangan dan Tren Masa Datang, 136–57. Purwakarta: UPI Sumedang Press Bekerja sama dengan UPI Kampus Purwakarta, 2019.
Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, Maulana Maulana, Rini Nursaadah, dan Salsabila Baliani Putri Sopian. “Pengembangan Video Pembelajaran Pendamping Games Edukatif Wordwall Untuk Materi Pai Sekolah Dasar.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i2.9375.
Aisyah, Siti, Maria Goreti Rini Kristiantari, dan I Wayan Wiarta. “Pengembangan Media Teka-Teki Silang Tematik Tema Indahnya Kebersamaan Dalam Keragaman Untuk Siswa Kelas IV.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1, no. 3 (2022). https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.174.
Dani, Ferdi Ahmad, Faizzatul Ummah, Nila Rayi Puspitasari, Ferdi Yusril Hikam Suharsono, Lailatul Nuraini, dan Bambang Supriadi. “Studi Komparasi Kemampuan Pemahaman Konseptual Siswa Man 1 Banyuwangi Dan Man 3 Banyuwangi Pada Materi Model Atom.” Jurnal Kumparan Fisika 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.33369/jkf.5.2.105-112.
Faizah, Haizatul, dan Rahmat Kamal. “Belajar dan Pembelajaran.” Jurnal Basicedu 8, no. 1 (2024). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735.
Husenti, Nadya, dan Wuli Oktiningrum. “Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Segiempat dengan Menggunakan Grid Paper.” Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.28989/cakrawala.v1i1.1269.
Irawan, Irsyad Wahyu, Riswanti Rini, Dan Sugiman. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar” 19, no. 5 (2016).
Khairunnisa, Khairunnisa, Fenty Fitrian Sari, Mega Anggelena, Deka Agustina, dan Euis Nursa’adah. “Penggunaan Effect Size Sebagai Mediasi dalam Koreksi Efek Suatu Penelitian.” Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education) 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4802.
Latif, A, W Rohmiyanti, I Syafira, S Wahiddatul, dan A.D. Haryanto. “Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Game Edukasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” SEMAI: Seminar …, 2021.
Mousa, Rania. “Addressing the AICPA core competencies through the usage of the monopolyTM board game.” , Accounting Research Journal 32, no. 2 (2019).
Nurmalia, Laily, Iswan, Anisa Ihza Emorad, Citra Ayu Lestari, dan Dzakiyah Nabilla Qonita. “Pengembangan Media Monopoli Pembelajaran IPA Materi ‘Sumber Energi’ Pada Siswa Kelas IV SDN Margahayu VI.” Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2022.
Puspitarini, Yanuari Dwi, dan Muhammad Hanif. “Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School.” Anatolian Journal of Education 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a.
Rahayu, Putri Nurjati, Ani Nur Aeni, dan Atep Sujana. “Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kolaborasi Siswa : Peran Model Problem Based Learning Terhadap Siswa Kelas V” 4, no. 3 (2024).
Rohmah, Annisa Nidaur. “Belajar Dan Pembelajaran” 09, no. 02 (2017).
Sari, Yela Purnama, Herman Lusa, dan Ansyori Gunawan. “Pengaruh Media Permainan Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Gugus 15 Kota Bengkulu.” JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 2, no. 3 (2020). https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.229-236.
Simangunsong, Alfauzan Ramadhanny, Fibri Rakhmawati, dan Muhammad Nuh. “Pengembangan Strategi Blended Learning Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl).” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika 11, no. 2 (2022). https://doi.org/10.30821/axiom.v11i2.12593.
Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D,” 2010.
Suhelayanti, Syamsiah Z, dan Ima Rahmawati. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). Penerbit Yayasan Kita Menulis, 2023.
Syalfirah, Vina, Ani Nur Aeni, Nurdinah Hanifah, dan Universitas Pendidikan Indonesia. “Penerapan Game Ular Ipas Kelas Iv Sekolah Dasar Else ( Elementary School Education.” ELSE (Elementary School Education Journal) This 8, no. 1 (2024).
Wulandari, Hayani, dan Dhena Agniya Zahra Nisrina. “Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar Di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 16 (2020).
Yuniarti, Anisyah, Titin Titin, Fannisa Safarini, Ita Rahmadia, dan Sinta Putri. “Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran.” JUTECH : Journal Education and Technology 4, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2920.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4357
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.