Pengaruh Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dalam Peningkatan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran berbasis lingkungan menawarkan pendekatan kontekstual yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep IPA di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan pemahaman IPA siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dengan mengkaji berbagai literatur, artikel, dan penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis lingkungan memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan objek alam, seperti tumbuhan, air, dan tanah, sehingga memperkuat pemahaman mereka terhadap materi IPA. Pendekatan ini juga terbukti meningkatkan motivasi belajar siswa karena memberikan pengalaman yang lebih relevan dan menarik. Namun, implementasi pembelajaran berbasis lingkungan menghadapi tantangan, termasuk keterbatasan fasilitas sekolah, kurangnya keterampilan guru, dan minimnya dukungan kebijakan yang relevan. Penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar, serta pengembangan kebijakan yang mendukung pendekatan pembelajaran ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran berbasis lingkungan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, baik dari segi pemahaman konsep maupun motivasi belajar siswa. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar pihak sekolah dan pemerintah lebih mendukung penerapan pembelajaran berbasis lingkungan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual dan efektif di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. Strategi Pembelajaran IPA Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Dewi, S., and H. Widodo. “Efektivitas Pembelajaran Di Luar Kelas Dalam Peningkatan Pemahaman IPA.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 14, no. 3 (2022).
Dimyat, and Mudjiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Fauzi, Achmad, and Taopik Rahman. “Pengaruh Pendekatan Lingkungan Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 17, no. 2 (2020).
George, M. W. The Elements of Library Research: What Every Student Needs to Know. Princeton: Princeton University Press, 2018.
Hamid, M., and Kurniawan. “Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam 12, no. 1 (2020).
Hartini, S. “Kendala Dan Peluang Dalam Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 12, no. 2 (2018).
Hasanah, N., and I Puspitasari. “Model Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 10, no. 4 (2021).
Hidayah, N., and M. Ramadhan. “Pembelajaran IPA Berbasis Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 10, no. 1 (2021).
Huda, M. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Ismail, S. M., and D. Mulyadi. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 18, no. 4 (2020).
Jihad, A., and A. Haris. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Kreasi, 2014.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud, 2021.
Kurniawan, A, and H. Setiawan. “Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Sosial 17, no. 2 (2021).
Kurniawan, A, and D. Susilo. “Tantangan Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 19, no. 2 (2021).
Lestari, S. D., and R. Syamsuri. “Pengembangan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam 10, no. 4 (2021).
Muhaimin. “Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 10, no. 1 (2019).
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Putri, F., and T. Hidayat. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 14, no. 3 (2019).
Ramadhan, and M. Sofian. “Peran Kebijakan Pendidikan Dalam Mendorong Pembelajaran Berbasis Lingkungan.” Jurnal Kebijakan Pendidikan 18, no. 1 (2020).
Ramdani. “Manfaat Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Di SD.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 15, no. 1 (2020).
Ridwan, A., and R. Zahra. “Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran IPA: Studi Literatur.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 25, no. 3 (2021).
Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers., 2015.
Santoso, D. “Konsep Dan Implementasi Metode Kepustakaan Dalam Penelitian Pendidikan.” Jurnal Kajian Pendidikan 15, no. 3 (2020).
Sardiman, A. M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
Sari, N. E. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 23, no. 2 (2021).
Setiawati, R., and W. Raharjo. “Efek Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 15, no. 3 (2020).
Sudjana, D. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Suryana, T. “Analisis Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran IPA.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 11, no. 3 (2020).
Suryani, T., and S. Fadhli. “Evaluasi Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Evaluasi Pendidikan 22, no. 4 (2021).
Susanti, E., and B. Hardiyanto. “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9, no. 2 (2021).
Sutikno, M. “Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman IPA Siswa SD.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 8, no. 2 (2020).
Suyanto, D., and E. Marlina. “Pengaruh Pembelajaran Aktif Terhadap Pemahaman IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 18, no. 4 (2019).
Suyanto, and A. Jihad. Strategi Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.
Trianto. Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan. Surabaya: Graha Ilmu, 2020.
Uno, Hamzah B., and Nurdin Mohamad. Belajar Dengan Pendekatan Kontekstual: Strategi Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Siswa. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Utami, R., and D. Kurniasih. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Pemahaman IPA Di SD.” Jurnal Pendidikan Dasar 13, no. 2 (2019).
Wahyuni, R., and T. Setiawan. “Integrasi Potensi Lokal Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 8, no. 1 (2019).
Widod, A, and H. Setiawan. “Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 27, no. 1 (2022).
Widyaningsih, R., and E. Fitriani. “Kontribusi Media Lingkungan Terhadap Keterampilan Observasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 8, no. 4 (2020).
Yulianti, S. “Pemanfaatan Potensi Lokal Sebagai Sumber Belajar IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Ilmu Alam 15, no. 3 (2020).
Yusuf, S., and Nurhidayati. “Peran Guru Dalam Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 2 (2018).
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4362
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Asfiana, Fitriyani, Novi Selvia, Siti Fatonah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.