Implementasi Metode Membaca Terbimbing Menggunakan Literacy Cloud Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas V
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam membaca, dan membaca hanya melafalkan kata-kata saja tanpa memahami makna yang mereka baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Membaca Terbimbing (MMT, guided reading) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di sekolah dasar dengan menggunakan laman Literacy Cloud (LLC). Penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Sumedang dengan subjek penelitian kelas V. Indikator kemampuan membaca yang diukur di antaranya (1) menuliskan tiga tokoh, (2) menuliskan tiga karakter tokoh, (3) menuliskan latar waktu dan tempat, (4) menuliskan lima ide pokok, (5) menuliskan pesan (amanat), (6) menuliskan ide cerita (tema). Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 11 peserta didik atau sebesar 46%. Kemudian pada tindakan siklus II, peserta didik yang tuntas meningkat kembali menjadi 23 peserta didik dengan persentase 96%. Penggunaan MMT efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, and Suryani. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Asrianty, Mega. “Penerapan Metode Membaca Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 2 Suntenjaya Kabupaten Bandung Barat.” Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, 2013. https://doi.org/10/S_PGSD_0903901_appendix.pdf.
Basar, Afip Miftahul. “Meningkatkan Budaya Membaca Melalui Literacy Cloud.” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 5, no. 1 (April 13, 2022). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v5i1.10530.
Basuki, Imam Agus Basuki. “Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sd Berdasarkan Tes Internasional Dan Tes Lokal.” Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya 39, no. 2 (August 24, 2011). https://journal2.um.ac.id/index.php/jbs/article/view/164.
Farhana, Husna, and Awiria. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: HARAPAN CEDAS, 2019.
Hamzah, Rizqah Muktafah, Tatat Hartati, and Kurniasih Kurniasih. “Penerapan Metode Guided Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 3 (2019). https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22941.
Hidayah, Nurul. “Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 1, no. 2 (July 18, 2017). https://doi.org/10.24042/terampil.v1i2.1322.
Hopkins, David. A Teacher’s Guide to Classroom Research. New York: McGraw-Hill Education (UK), 2014.
Khotimah, Amalia Khusnul, Arif Widagdo, and Sutaryono. “Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar 6, no. 1 (2016). https://doi.org/10.15294/kreatif.v6i1.25213.
Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Meliyawati. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Puspitarani, Mayra. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Literacy Cloud Terhadap Literasi Digital Anak Usia Dini.” Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2023. http://repository.upi.edu.
Rahim, Farida. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sutopo. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press, 2002.
Tarigan, H. G. Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.
Wibawa, Basuki. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2003. https://scholar.google.com/scholar?cluster=4599250865743994570&hl=en&oi=scholarr.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4377
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.