Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Jaring-jaring Bangun Ruang Kelas IV SDN Mojopurno 01 Madiun

Diah Ainur Rosidah, Farida Huriawati, Supadmiati Supadmiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik dalam pembelajaran jaring-jaring bangun ruang dengan mengimplementasi pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan kelas dilakukan secara nyata di kelas setiap Tindakan yang diberikan dapat memberikan Tindakan yang tepat untuk kemajuan pembelajaran peserta didik. Subjek penelitian dengan menggunakan 1 kelas IV SD sebanyak 7 peserta didik di SD Negeri 01 Mojopurno. Penelitian Tindakan Kelas dengan observasi di kelas dan memberi angket pemahaman belajar peserta didik dalam pembelajaran jaring-jaring bangun ruang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 69.10% peserta didik merasa senang pada saat proses pembelajaran jaring-jaring bangun ruang dengan Implementasi pendekatan TaRL karena dikelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuannya masing-masing dan peserta didik menyukai kerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan pemahaman belajar peserta didik.


Keywords


Pendidikan, Pendekatan TaRL, Pemahaman Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


’Adawiyyah, Robi’atul, Ferina Agustini, and Ratna Nina Sari. “Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa SD Kelas II.” AS-SABIQUN 6, no. 2 (March 1, 2024): 312–24. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i2.4558.

Ahyar, Ahyar, Nurhidayah Nurhidayah, and Adi Saputra. “Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 11 (November 22, 2022). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242.

Alakrash, Hussien Mohamad, and Norizan Abdul Razak. “Technology-Based Language Learning: Investigation of Digital Technology and Digital Literacy.” Sustainability 13, no. 21 (November 8, 2021). https://doi.org/10.3390/su132112304.

Ayu Sri Wahyuni. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12, no. 2 (June 7, 2022). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Fahmi, Dina Chamidah, Suryadin Hasyda, Muhammadong, Sari Saraswati, Julhidayat Muhsam, Laily Rochmawati Listiyani, et al. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Indramayu: CV. Adanu Abimata, 2021.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Muin Abdul, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, and Suprapno. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Made Ardani, Ana Agung. “Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pecahan Sederhana pada Mata Pelajaran Matematika di SD Inpres I Nambaru.” Jurnal Paedagogy 8, no. 2 (April 4, 2021). https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3483.

Ningrum, Melinda Cahya Ningrum, Budi Juwono, and Imam Sucahyo. “Implementation Implementation of the TaRL Approach to Increase Student Learning Motivation in Physics Learning: Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika.” PENDIPA Journal of Science Education 7, no. 1 (May 23, 2023). https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.94-99.

Rahayu, Kurnia. TPS-TEGA: Penerapannya Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.

Rahmat, Wildayanti. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 17 Pare-Pare.” Global Journal Teaching Professional 2, no. 4 (September 18, 2023). https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.1067.

Rasyid, Harun. “Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan.” Jurnal Pendidikan Anak IV, no. 1 (2015).

Savitri, Ni Made Tara, Baidowi, and M. Iwan Suntoko. “Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Mandalika Mathematics and Educations Journal 6, no. 2 (November 13, 2024). https://doi.org/10.29303/jm.v6i2.7813.

Suharyani, Suharyani, Ni Ketut Alit Suarti, and Farida Herna Astuti. “Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin.” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran 8, no. 2 (April 20, 2023). https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590.

Trisnadewi, Komang Ary, M. Ed Drs. I Wayan Darsana, and M. Kes Drs. I Komang Ngurah Wiyasa. “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD No. 3 Tibubeneng, Kuta Utara, Badung.” MIMBAR PGSD Undiksha 2, no. 1 (November 4, 2014). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4236.

Usman, Jarjani, Mawardi, Husna M Zein, and Rasyidah. Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Aceh Besar: AcehPo Publishing, 2019.

Wilujeng, Anisha Tyas, Ganes Gunansyah, and Mimyn Putri Muldash. “Analisis Implementasi Pendekatan Tarl Pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 Di SDN Lakarsantri II/473 Surabaya.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (June 1, 2024). https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13786.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.